Virus Corona Menghancurkan Kesombongan Manusia

0
119

Virus Corona – Saat ini bisa dikatakan peradaban manusia sudah sangat maju, terutama di bidang teknologi. Hampir semua pekerjaan dikerjakan oleh Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan.

Senjata-senjata perang juga di buat semakin canggih. Tak perlu berhadapan secara langsung untuk membunuh. Cukup dengan memencet remote kendali, seseorang bisa membunuh musuhnya. Ironis, di tengah peradaban teknologi yang semakin maju, moral dan akhlak manusia-manusia malah semakin mundur.

Tepat di penghujung tahun 2019, suatu virus misterius muncul di Kota Wuhan, China. Virus Corona Covid-19 secara ganas menyerang siapapun di Kota Wuhan. Sampai saat ini tercatat sudah 3.000-an orang di China tewas karena terjangkit virus Covid-19 yang menyerang organ paru-paru ini. Parahnya, hampir seluruh negara di dunia juga terserang wabah virus corona.

Serangan Virus Corona Covid-19 yang Tiba-tiba

Orang-orang tidak menyangka sebelumnya, kalau virus ini menjadi pandemic seluruh dunia. Ekonomi, teknologi, dan gaya hidup modern yang disembah-sembah manusia tak mampu menahan serangan virus ganas dari China tersebut. Ekonomi tiap negara mengalami pelemahan yang luar biasa. Kecanggihan teknologi pun belum mampu berbuat banyak menghilangkan Covid-19. Gaya hidup modern dan kemewahan tak ada gunanya.

Allah Memperlihatkan Sifat Asli Dunia

Dunia yang kita tempati saat bukanlah tempat yang akan kita tempati selamanya. Tapi kehidupan dan gemerlapnya dunia membuat manusia terlena dan tidak memikirkan kehidupan selanjutnya yang lebih kekal, akhirat. Dunia penuh dengan tipu daya. Harta, tahta, wanita dapat merusak keimanan manusia yang mengakibatkan murka Allah. Rasulullah bahkan sudah memperingatkan kepada kaumnya tentang dunia

“Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.” (HR. Bukhari no. 1465 dan Imam Muslim no. 1052)

Lewat wabah penyakit virus corona, Allah justru memperlihatkan dengan jelas kepada semua manusia, bahwa dunia tidaklah kekal. Tak ada pertolongan kecuali dari Allah. Sudah seharusnya bagi kita untuk lebih khusyuk beribadah dan selalu ingat kepada Allah. Harta dan segala keindahan dunia tak lain hanyalah ujian dari Allah untuk kita semua.

Kesombongan Manusia Diruntuhkan oleh Makhluk Kecil Allah

Siapa sangka? Allah mengirim makhluk kecilNya yang dinamai oleh manusia sendiri sebagai Corona Covid-19 mampu menghancurkan seketika kekuatan ekonomi dan ilmu pengetahuan modern. Manusia hanya berharap kapan wabah ini akan berakhir. Harta, kekuasaan, teknologi, dan ilmu pengetahuan yang manusia sombong-sombongkan ternyata tidak mampu berbuat apa-apa.

Mengambil Pelajaran dari Covid-19

Allah menurunkan bala tentara-Nya yang sangat kecil untuk memberi pelajaran pada manusia. Setiap musibah pasti ada hikmahnya. Kita sebagai umat muslim harus tahu, mengapa Allah memberi ujian berupa virus ini kepada kita semua.

Bagi muslim yang beriman dan berakal pastilah ini menjadi sebuah kesempatan untuk lebih dekat kepada allah, lebih banyak melakukan dzikrullah, dan memperbaiki akhlak. Sedangkan bagi kaum fasik, musibah ini malah menjadikan mereka lebih rakus dan tamak. Mereka tak peduli dengan kesehatan orang lain, egois terhadap sesama. Semoga Sobat Cahaya Islam tidak masuk ke dalam golongan-golongan orang fasik.

Sobat Cahaya Islam, jadikan masa isolasi atau karantina di rumah untuk lebih mendekatkan kepada Allah Ta’ala. Perbanyak dzikir dan sholawat, serta jadikan waktu untuk merenungi  dosa-dosa kita. Semoga wabah virus corona Covid-19 ini segera berakhir. Setelah pandemic ini berakhir, kita semua selalu mengutamakan akhirat, dan tidak mengejar dunia.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!