Vicky Batal Nikah? Simak Pentingnya Restu Orangtua untuk Menikah

0
104

Vicky Batal Nikah – Kalina Oktaranny dan Vicky batal nikah. Hal ini diungkapkan Karina melalui postingan di akun instagram pribadinya pada 19 Februari kemarin. Kalina telah memutuskan untuk mengarungi bahtera rumah tangga dengan presenter sekaligus pelawak Vicky Prasetyo.

Netizenpun bertanya-tanya saat Kalina mengunggah postingannya tersebut. Sebenarnya mengapa Kalina dan Vicky batal nikah? Mengutip Kompas.com setelah dikonfirmasi dari pihak-pihak yang terkait batalnya pernikahan Kalina dan Vicky adalah karena berkas persyaratan pernikahan dari pihak Kalina belum lengkap.

Sebelumnya, Kalina dan Vicky berencana menikah pada hari Minggu 21 Februari kemarin. Namun, ternyata berkas dari pihak Kalina belum lengkap dan diketahui bahwa berkas tersebut adalah kurangnya tanda tangan dari ayah Kalina. Sebelumnya, Vicky telah melamar Kalina pada Minggu 24 Januari 2021.

Ternyata salah satu berkas yang belum lengkap dari pihak Kalina adalah tandatangan dari sang ayah. Seperti yang Vicky jelaskan melalui siaran langsung Trans TV pada Senin (22/2) bahwa ia akan mengunjungi ayah Kalina untuk meminta restu agar niat baiknya menikah dengan Kalina segera direstui.

Meski pertemuan dengan sang ayah tidak bisa dilakukan secara langsung sebab ayah Kalina tengah menjalani isolasi mandiri karena terinfeksi Covid-19. Namun, Vicky tetap akan meminta restu dan jika berhasil ia akan menikah dengan Kalina pada 13 Maret 2021. Sebelumnya, Vicky batal nikah dengan Zaskia Gotik sebab kasus penipuan.

Vicky Batal Nikah dengan Kalina, Bagaimana Pentingnya Restu Orangtua dalam Sebuah Pernikahan?

Sebagaimana kabar batalnya pernikahan Vicky Prasetyo dengan Kalina Octaranny sebab belum mendapat restu dari ayah Kalina, tentu hal ini menjadi tantangan yang cukup sulit bagi pasangan yang ingin menikah. Sebab, saat seorang wanita yang menikah tanpa resti dari walinya maka pernikahan tersebut tidaklah sah secara agama.

Lalu, bagaimana pentingnya restu orangtua khususnya dari pihak perempuan untuk menuju pernikahan? Apakah kawin lari menjadi solusi? Bagaimana pandangan Islam tentang pernikahan tanpa restu orantua? Simak penjelasannya berikut ini:

1.      Memahami Hadist tentang Ridho Orangtua

Pernahkah Sobat Cahaya Islam mendengar hadist tentang keridhoan Allah ada pada ridhonya orangtua. Sehingga, dalam kasus Vicky dan Kalina yang batal nikah karena belum mendapat restu dari sang ayah tentu hal ini berkaitan dengan keridhoan orangtua Kalina untuk menikah. Penjelasan mengenai hadist tersebut dapat disimak sebagai berikut:

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua” (HR. At-Tirmidzi : 1899)

2.      Apakah Kawin Lari Jadi Solusi?

Dalam Islam utamanya madhzab syafi’i, syarat sah pernikahan ada lima, yaitu: ijab-qabul, mempelai pria, mempelai wanita, 2 orang saksi, dan wali (dari pihak perempuan). Sehingga, pernikahan tidak akan sah jika salah satu dari 5 syarat di atas tidak terpenuhi. Bagaimana dengan kawin lari jika mempelai wanita menyewa wali hakim untuk dijadikan wali nikah?

Meski secara syariat pernikahan dengan menggunakan wali hakim adalah sah. Namun, jika sang ayah atau saudara laki-laki atau paman dari pihak perempuan masih hidup, maka pernikahan tersebut tidaklah sah. Jika ada yang mengatakan sah, ingatlah bahwa ridho Allah ada pada ridhonya orangtua.

Sobat Cahaya Islam, dari berita Kalina dan Vicky batal nikah tersebut kita dapat mempelajari beberapa hal seputar pentingnya restu orantua dalam pernikahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY