Urgensitas Implementasikan Pengolahan Sampah Plastik

0
62
Pengolahan Sampah Plastik

Pengolahan Sampah Plastik – Walaupun teknologi sudah canggih, nampaknya bangsa masih perlu untuk memperkuat sumber daya manusia dalam aspek pengolahan sampah plastik. Di beberapa tempat, hal ini telah beberapa kali umat lakukan. Namun, sampai sekarang persoalan sampah masih belum menemukan solusi yang tepat.

Sobat Cahaya Islam, kebersihan merupakan salah satu komponen penting bagi umat sehingga berbagai upaya umat lakukan untuk mewujudkannya, salah satunya yakni dengan pengolahan sampah plastik.

Bagaimana Umat Menyikapi Program Pengolahan Sampah Plastik tersebut?

Sebagai umat muslim, hendaknya memiliki respon yang baik demi terwujudnya sanitasi sehingga  ibadah dapat terlaksana secara maksimal. Selain itu, umat juga dapat memiliki peluang kesehatan.

Apalagi di musim pandemi seperti sekarang, sangat penting bagi umat untuk meningkatkan pola pikir bahwa kebersihan diri dan lingkungan sekitar adalah komponen yang harus terus diupayakan. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam dimana senantiasa mengingatkan hamba untuk selalu menjaga sanitasi.

Salah satu hal yang senantiasa menjadi masalah bangsa yakni intensitas sampah plastik yang melimpah. Jika hal ini tak segera mendapatkan solusi, maka bangsa akan tertimbun dengan lonjakan sampah plastik.

Dari fakta tersebut, berbagai gerakan bahkan komunitas peduli sampah plastik mulai bermunculan. Serangkain kebijakan tentang sampah plastik juga sudah mulai massif sebagai pertanda keberhasilan opini para aktivis lingkungan.

Salah satu program yang lagi santer untuk diperbincangkan yakni pengolahan sampah plastik. Program ini telah menggaet beberapa dukungan dari daerah setempat sehingga hanya tinggal mengeksekusinya sesuai dengan timeline pelaksanaan.

Mengapa Program Pengolahan Sampah Plastik tersebut Sangat Penting?

Pengolahan Sampah Plastik

Urgensitas dari program pengolahan tersebut yakni poin sanitasinya. Seperti yang telah umat ketahui, bahwa sampah plastik merupakan jenis sampah yang tidak bisa mengalami proses peleburan dalam tanah.

Tentu, hal tersebut akan menjadikan tanah semakin tertumpuk lonjakan sampah plastik, jika sudah demikian maka kesuburan tanah akan terganggu. Ternyata dampak negatifnya sangat besar ya sobat Cahaya Islam!

Manfaat Mengolah Sampah Plastik

1.    Lingkungan Jadi Bersih

Salah satu manfaat yang umat dapatkan yakni lingkungan sekitar jadi bersih tanpa sampah. Setiap umat pastilah mendambakan kondisi sekitar yang bebas tanpa sampah. Jika kondisinya demikian, berbagai aktivitas bisa umat lakukan dengan nyaman dan tentram. Tertarik untuk mencoba? Maka jangan lewatkan program tersebut di kampung Sobat Cahaya Islam!

2.    Mendapat Pahala

Pengolahan Sampah Plastik

Selain mendapatkan lingkungan yang bersih, umat juga dapat mendapatkan pahala. Sebab menjaga kebersihan adalah wujud dari keimanan. Allah SWT sangat mencintai hambaNya yang menjalankan ibadah dalam keadaan tidak tergesa – gesa dan di wilayah yang jauh dari najis, termasuk halnya sampah.

Bisa dibayangkan bukan? Jika bau sampah sampai menyengat, amak ibadah yang Sobat Cahaya Islam lakukan dapat terganggu. Walhasil, jadi tak khusyuk dong! Hal ini juga sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 222 yakni :

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya : Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Program Pengolahan Sampah Plastik serta manfaat yang umat dapatkan ketika melaksanakannya dengan sukacita. Semoga kedepan umat dapat menjaga lingkungan lebih baik lagi sehingga dapat menjalankan ibadah secara maksimal. Semangat. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY