Tunisha Sharma Meninggal Bunuh Diri, Bagaimana Pandangan Menurut Islam?

0
610
Tunisha Sharma

Tunisha Sharma – Duka menghampiri lagi dunia hiburan India atau Bollywood dengan berita kematian aktris cantik Tunisha Sharma. Bagaimana tidak, perempuan muda 20 tahun ini ditemukan dalam kondisi tergantung di tempat syuting serial yang sedang dia bintangi yaitu Ali Bab.

Melansir dari NDTV, orang yang menemukan Tunisha pertama kali adalah kru yang tengah mencarinya. Sebelum dalam kondisi tergantung, Tunisha sempat pamit untuk istirahat ke kru lalu pergi ke toilet.

Tetapi setelah beberapa lama, Tunisha tak kunjung kembali ke set syuting. Pihak kru pun mencarinya dan menemukan ruangan yang Tunisha datangi dalam kondisi terkunci.

Kasus Kematian Tunisha Sharma

Awalnya, sang kru memanggil-manggil Tunisha Sharman namun dia tidak kunjung keluar. Sampai akhirnya kru membuka paksa pintu tempat Tunisha Sharma mengunci diri.

Saat berhasil membuka pintu, kru menemukan sang aktris dalam kondisi tergantung di langit-langit toilet. Kru pun segera mungkin menurunkan Tunisha lalu membawanya ke rumah sakit.

Tetapi, dokter yang memeriksa sang aktris di ruang gawat darurat menyatakan bahwa ia sudah meninggal dunia sebelum tiba di RS. Mereka pun melaporkan kematian Tunisha ke polisi dan pihak berwajib melakukan proses autopsi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, polisi kemudian menyimpulkan bahwa Tunisha meninggal karena bunuh diri. Walaupun begitu, mereka juga tak menutup kemungkinan adanya dugaan pembunuhan dalam kasus tersebut.

Bunuh Diri Dalam Islam

Tak hanya Tunisha Sharma, ada banyak orang di luar sana yang meninggal karena membunuh dirinya sendiri. Padahal Allah SWT sudah melarang makhluknya untuk membunuh dirinya sendiri.

Hal itu tertuang dalam QS An Nisa ayat 29-30 yang berbunyi:

 وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا * وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa: 29-30).

Bukan itu saja, Nabi Muhammad SAW juga bersabda:

 من قتل نفسه بشيء عذب به يوم القيامة

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110).

Karena itu, bunuh diri di dalam islam adalah dosa terbesar yang paling buruk. Walaupun begitu, Ahlussunnah wal Jamaah memiliki keyakinan bahwa orang yang bunuh diri tidaklah kafir.

Kalau dia muslim, maka ia juga perlu dishalatkan dengan baik lantaran dia seorang Muslim yang beriman kepada Allah SWT.

Cara Agar Terhindar Dari Bunuh Diri

Sebagai umat islam tentu saja Sobat Cahaya Islam ingin terhindar dari upaya bunuh diri. Memang bunuh diri bukan suatu hal yang baik dan membuat seseorang terbebas dari masalah di kemudian hari.

Karena itu, berikut ada beberapa cara agar manusia terutama umat islam dapat terlepas dari aksi bunuh diri yang akan merugikan dirinya di akhirat kelak.

1.       Hanya Menggantungkan Hidup Kepada Allah SWT

Apabila manusia beriman dan masih mempunyai keyakinan akan Rukun Islam, Rukun Iman dan fungsi iman hanya kepada Allah, tentu tak akan merasa hidupnya sendiri. Orang yang merasakan hidupnya bersama dengan Allah takkan merasa masalah itu berat.

Tunisha Sharma

Pasalnya dia merasa yakin bahwa Allah akan menolong hambanya yang tengah kesulitan. Musliman yang beriman akan meyakini hal itu karena tak ada yang berkuasa daripada Allah SWT.

2.       Menempatkan Dunia Bukan Sebagai Tujuan Utama Hidup

Di dunia tak ada satupun yang sempurna dan ideal. Hal itu karena hakikatnya kehidupan manusia di dunia silih berganti antara duka, suka dan perasaan netral.

Karena itu, pandanglah dunia bukan tujuan hidup utama. Apalagi dalam islam dunia adalah tempat sementara.

Semoga saja kita semua tidak mengalami apa yang menimpa Tunisha Sharma sampai membunuh dirinya sendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY