Tumbal Kanjeng Iblis Populer, Apakah Lihat Film Horor Diperbolehkan Dalam Islam?

0
394
Tumbal Kanjeng Iblis

Tumbal Kanjeng Iblis – Film horor Tumbal Kanjeng Iblis rupanya mendapat sambutan yang positif dari para penonton di hari pertama pemutarannya. Hal ini terbukti dari jumlah penonton film Garapan Visinema Pictures tersebut menyentuh angka 50 ribu orang.

Produser film yakni Angga Dwimas Sasongko mengaku senang film garapan Mizam Fadilah ini mendapat jumlah penonton yang cukup banyak. Terlebih film satu ini menyuguhkan tentang aliran sesat yang masih marak terjadi di Indonesia.

Sinopsis Film Horor Tumbal Kanjeng Iblis

Cerita film horor Tumbal Kanjeng Iblis berpusat pada seorang perempuan muda yang bernama Tia. Di mana Tia  sendiri sudah ditinggal oleh sang kakak.

Awalnya kakak Tia sempat berkuliah di luar kota. Tetapi, sudah 2 tahun dia menghilang tanpa kabar.

Kemudian, Tia mendapat bisikan aneh yang menyuruhnya agar mencari sang kakak. Kalau ia tidak menuruti bisikan tersebut maka ayahnya yakni Yusuf akan meninggal dunia.

Mendengar hal itu, sontak membuat Tia cemas dan nekat mencari kakaknya yang sudah menghilang dengan bermodalkan selembar foto. Ia pun menemukan rumah kos dekat kampus dan tinggal sementara waktu di sana.

Namun Tia dapat mencium ada satu hal yang tak beres di balik keramahan Bu Rosa selaku ibu kos. Di kos tersebut, dia juga bertemu dengan Nathan.

Nathan sendiri merupakan seorang pemuda misterius yang terus saja memaksa Tia agar pergi dari rumah kos Bu Rosa namun gagal. Lama kelamaan, Tia mulai menemukan sesuatu yang aneh dan ia merasa tengah mendapat teror oleh sesuatu yang jahat.

Rupanya Tia tidak tahu bahwa dia sedang berhadapan dengan sekte yang mana memuja sosok Kanjeng Iblis. Pemujaan itu memerlukan tumbal dan harus mengorbankan nyawa yang tidak sedikit.

Lantas bisa saja Tia menjadi korban berikutnya. Dari sini, penonton akan melihat perjuangan Tia menyelamatkan diri dan sang kakak.

Film Horor Dalam Islam

Memang film horror seperti Tumbal Kanjeng Iblis merupakan hiburan untuk manusia. Kalau melihat dari sudut pandang islam, memang tak ada ayat Al Quran atau hadits yang melarang untuk menonton film terutama bergenre horror lantaran pada zaman nabi dahulu belum ada pemutaran film.

 Namun ternyata ada banyak hal negatif dari film horror tersebut sehingga lebih banyak mengandung keburukan atau mudharat. Bahkan film horror juga bisa merusak akidah umat islam serta terkandung banyak kerusakan.

Alasan Islam Melarang untuk Menonton Film Horor

Di bawah ini ada beberapa alasan yang membuat islam melarang umatnya menyaksikan film horror.

1.       Merusak Aqidah

Sobat Cahaya Islam, di dalam film horror sering kali banyak cerita fiksi yang tak jarang bertentangan dengan agama islam. Hal inilah yang kemudian bisa menimbulkan asumsi dan keyakinan tersendiri namun bertentangan dengan aqidah islam.

Tumbal Kanjeng Iblis

Padahal dalam QS Al Isra ayat 36, Allah SWT berfirman:

 وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS Al-Isra’ : 36).

2.       Mengumbar Aurat

Selain itu, di dalam film horror juga kerap kali menampilkan adegan ketelanjangan atau pemain yang mengenakan pakaian terbuka sehingga mengumbar aurat. Padahal umat islam wajib menutup aurat dan menjaga pandangan dari aurat yang terbuka seperti di dalam film.

Hal ini bisa anda lihat dalam hadits Riwayat Muslim yaitu:

 صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا: قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُوْنَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيْلَاتٌ مَائِلَاتٌ، رُؤُوْسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلَا يَجِدْنَ رِيْحَهَا، وَإِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan penghuni Neraka, yang belum pernah aku lihat, yaitu ; Suatu kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi. Mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang, ia berjalan berlenggak-lenggok menggoyangkan (bahu dan punggungnya) dan rambutnya (disasak) seperti punuk unta yang condong.

Mereka tidak akan masuk Surga dan tidak akan mencium aroma Surga, padahal sesungguhnya aroma Surga itu tercium sejauh perjalanan sekian dan sekian.” (HR Muslim : 2128)

Oleh sebab itulah, Sobat Cahya Islam ada baiknya menghindar dari menonton film horror yang lebih banyak mudharatnya seperti Tumbal Kanjeng Iblis. Namun semua itu kembali lagi pada diri Anda masing-masing.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY