Tujuan Menutup Aurat Dalam Hukum Islam

0
458
Tujuan menutup aurat

Tujuan menutup aurat – Aurat merupakan bagian anggota tubuh yang tak boleh ditampilkan kepada yang bukan muhrim. Dari pengertian ini, dapat sobat cahaya Islam simpulkan yang mana aurat merupakan bagian tubuh yang tentu tak boleh terlihat bukan hanya disaat shalat  tapi juga tak boleh diperlihatkan di depan yang bukan mahram.

Inilah Tujuan Menutup Aurat Bagi Perempuan

Tujuan kenapa kita diharuskan menutup aurat dapat kita pahami sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa menutup aurat menjadi kewajiban yang dilaksanakan setiap muslim, bukan hanya berkewajiban untuk menutup aurat, tapi juga mempunyai beberapa tujuan lainnya, yaitu:

1.      Islam Merupakan Agama Sempurna

Tujuan untuk menutup surat bagi perempuan dan laki-laki yaitu untuk memberitahukan bahwa Islam adalah agama sempurna dibanding dengan agama lainnya. Sebab setiap aspek dalam kehidupan manusia telah diatur dengan jelas dalam Hadits dan Al-Quran. Serta Allah SWT sebagai pencipta yang maha tahu dari segala kebutuhan makhluk-Nya.

2.      Akan Terlihat Berbeda Dengan Makhluk Lain

Adapun tujuan lain kenapa umat muslim diwajibkan untuk menutup aurat telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an, yaitu surat Al-A’raf, ayat 26: “Wahai anak Adam, telah kami turunkan buat kamu pakaian yang boleh menutup aurat-aurat kamu dan untuk perhiasan”.

Melalui surat Al-A’raf ini Allah SWT telah memberikan perintah kepada manusia agar menutup aurat. dari ayat tersebut, memang tak dijelaskan makhluk ciptaan lain yang turut diperintahkan menutup aurat. Untuk itu, dengan sobat cahaya Islam menutup aurat, maka dapat membedakan mana manusia dengan makhluk lainnya.

3.      Jadi Tujuan Ujian Ketaatan

Dengan kita melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan adalah wujud dari adanya ujian ketaatan. Dimana Allah SWT ingin melihat umat muslim yang mana saja akan mengikuti perintah dan menjauhi larangan dari Alah. Oleh sebab itu, tentu tidak semua orang mampu mengakui diirnya sebagai mukmin.

4.      Terhindar dari dosa-dosa

Dimana menutup aurat memang menjadi perintah mutlak dari Allah yang tentu wajib ditaati. Untuk itu, jika seorang hamba mentaati perintah serta menjauhi larangan dari Allah, tentu hamba tersebut dapat menghindari dari dosa-dosanya.

5.      Menjadi Identitas Bagi Seorang Muslim

Tentu Dengan menutup aurat bisa dijadikan identitas maupun pembeda bagi seorang muslim dengan manusia yang memiliki agama lain. Dari pakaian yang digunakan, maka orang dapat mengetahui jika seseorang tersebut beragama Islam ataupun tidak. Hal ini dijelaskan pula Dalam surat Al-Ahzab ayat 59 terkandung perintah untuk menutup aurat.  Ada tuguan menutup aurat dari sudut pandang yang terkandung dalam ayat ini, yaitu:

Artinya: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

6.      Melindungi diri seorang wanita

Adapun tujuan keenam yaitu bertujuan untuk melindungi perempuan dari bahaya ataupun fitnah. Di zaman sekarang ini, banyak sekali terjadi kejahatan dengan target adalah perempuan, jika kita memakai pakaian yang tertutup, maka kita dapat terhindar dari kejahatan yang tak diinginkan.

7.      Meningkatkan Ketakwaan

Jika kita mentaati perintah Allah, maka seorang muslim bisa meningkatkan ketakwaannya, Karena menutup aurat membuat seorang muslim selalu menjaga hatinya dan termotivasi senantiasa akan meningkatkan imannya.

Dimana aurat adalah batasan ataupun bagian tubuh yang tak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahram, baik wanita maupun laki-laki. Ada tujuan menutup aurat yang membuat diri kita bukan hanya akan lebih aman tapi juga dapat meningkatkan keimanan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY