Meremehkan Dosa Kecil, Ini Akibatnya!

0
38
meremehkan dosa kecil

Meremehkan Dosa Kecil – Setiap Umat Muslim hendaklah tidak menganggap sepele saat melakukan dosa. Terlebih lagi meremehkan dosa kecil, sebab ada banyak akibat yang justru akan diterima.

Dosa kecil apabila ditambahkan dengan dosa kecil, ditambah lagi dengan dosa kecil, maka akan menjadi segunung dosa. Lalu menjadi dosa yang besar.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

إِنَّكُمْ لَتَعْمَلُونَ أَعْمَالاً هِىَ أَدَقُّ فِى أَعْيُنِكُمْ مِنَ الشَّعَرِ ، إِنْ كُنَّا نَعُدُّهَا عَلَى عَهْدِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – الْمُوبِقَاتِ

“Sesungguhnya kalian mengerjakan amalan (dosa) di hadapan mata kalian tipis seperti rambut, namun kami (para sahabat) yang hidup di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganggap dosa semacam itu seperti dosa besar.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam kitab Shahihnya no. 6492)

Setiap anak adam pasti pernah melakukan sebuah dosa. Bedanya ada yang segera bertaubat dan kembali memeluk Allah SWT. Lalu ada pula yang terus menerus melakukan dosa tanpa memikirkan apa dampaknya.

Padahal, Allah SWT Maha Pengampun atas segala dosa yang diperbuat oleh hambaNya. Sebesar apapun itu, jika dia menyesali perbuatannya dan dengan kesungguhan hati mau bertaubat maka Allah pun pasti memberikan ampunan.

Meremehkan Dosa Kecil, Ini Akibatnya!

Sobat Cahaya Islam, perlu kita ketahui bahwa ada dosa yang tergolong kecil dan ada yang besar. Keduanya harus kita hindari sebab bisa mendatangkan murka dan azab Allah SWT.

Namun yang perlu kita waspadai adalah dosa yang kecil. Mengapa demikian? Karena kebanyakan orang justru meremehkan dosa tersebut dan dilakukan secara terus menerus. Lalu apa akibatnya?

1.      Mengundang Malapetaka

meremehkan dosa kecil

Yang berbahaya apabila melakukan dosa kecil terus menerus, dengan tanpa ingin sadar dan segera bertaubat adalah datangnya malapetaka.

Malapetaka ini karena murkanya Allah SWT kepada mereka yang menganggap bahwa dosa kecil tidak perlu terlalu dipikir. Padahal, dosa tetaplah dosa. Azab Allah bisa turun kapan saja jika Dia berkehendak.

2.      Dosa Menjadi Menumpuk

Mustahil dosa kecil yang terus dilakukan tidak berubah menjadi besar. Jika kita berpikir logis, maka hal tersebut sudah jelas akan terjadi, bukan?

Lalu mengapa banyak manusia yang mengaku beriman namun meremehkan dosa meskipun itu kecil?

Hal yang perlu dilakukan adalah perbanyak muhasabah diri. Yakni dengan melihat dosa-dosa itu seakan sedang duduk di hadapan gunung yang besar dan takut bila tertindih olehnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ المُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَأَنَّهُ قَاعِدٌ تَحْتَ جَبَلٍ يَخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ، وَإِنَّ الفَاجِرَ يَرَى ذُنُوبَهُ كَذُبَابٍ مَرَّ عَلَى أَنْفِهِ

“Sesungguhnya orang yang beriman melihat dosa-dosanya seperti ketika duduk di bawah gunung, dia takut kalau gunung tersebut jatuh menimpanya. Adapun orang yang fajir melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang lewat (terbang) di depan hidungnya.” (HR. Bukhari no. 6308).

3.      Berteman dengan Setan

meremehkan dosa kecil

Seseorang yang tidak mengkhawatirkan dirinya sendiri apabila melakukan dosa meskipun kecil, maka artinya dia telah berteman dengan setan.

Sebab tanpa adanya takut pada siksa dan azab Allah SWT maka mereka senantiasa memperbuatnya tanpa memikirkan seperti apa  akibatnya kelak.

Memang setan bertugas menggoda iman dan menghasut manusia agar meninggalkan kewajibannya sebagai umat Muslim lalu menjerumuskannya pada lembah dosa.

Maka dari itu, Sobat, kita harus terus bermurajahah, yakni melawan godaan setan agar tidak sampai melakukan hal-hal yang dibenci oleh Allah.

Dengan begitu, kita pun bisa menjalani kehidupan dengan hati penuh rasa tenteram. Tanpa adanya ancaman, kesengsaraan dan siksa di neraka yang teramat pedih.

Bagaimana caranya? Kita hanya perlu terus menguatkan iman, mengukuhkan ketakwaan lalu menjaga pandangan mata, lisan serta kemaluan.

Jangan lupa untuk selalu berdoa agar Allah SWT melindunginya dari bisikan setan yang mengajak pada perbuatan dosa.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja akibat dari meremehkan dosa kecil yang harus kita ketahui sebagai umat Muslim. Semoga artikel ini memberikan manfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY