Tsunami Jawa Diprediksi Terjadi, Apakah Termasuk Tanda Kiamat?

0
43

Tsunami Jawa – Potensi gempa dan tsunami besar yang diprediksi pada tahun ini akan melanda wilayah Jawa Selatan. Tsunami tersebut tingginya adalah 20 meter dan lebih cepat sampai ke daratan. Prediksi tsunami Jawa tersebut berdasarkan hasil riset dari ITB (Institut Teknologi Bandung) dan BMKG. Prediksi tersebut disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat menjadi waspada dan dapat mengambil langkah antisipasi ketika gempa dan tsunami Jawa itu terjadi.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk mempercayai dengan adanya hari kiamat. Hari kiamat tidak terjadi secara tiba-tiba, ada juga tanda-tanda dari datangnya hari kiamat tersebut. Sehingga kita dapat mempersiapkan diri dan menjadi lebih yakin ketika melihat salah satu tanda-tanda tersebut.

Macam-macam Tanda Kiamat Seperti Tsunami Jawa

Sebagaimana iman kepada Allah, kita juga diwajibkan untuk beriman kepada hari akhir. Salah satu caranya kita juga harus percaya pada tanda-tanda terjadinya hari kiamat. Mengapa? Karena dengan adanya tanda-tanda kiamat yang bisa kita saksikan, membuat kita dapat mengerti bahwasanya hari kiamat itu pasti akan terjadi.

Hal ini senada dengan ayat yang berbunyi:

فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً ۖ فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا ۚ فَأَنَّىٰ لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang? (Q.S. Muhammad: 18).

Kiamat terbagi menjadi dua, yaitu kiamat sugro dan kiamat kubro. Kiamat sugro atau kiamat kecil biasanya terjadi dalam bentuk bencana alam yang kecil seperti banjir, tsunami, atau gempa bumi. Mengapa ada kiamat sugro? Karena dengan melalui kiamat sugro, Allah memberikan kita peringatan bahwa hari kiamat itu benar-benar ada. Apabila masih ada dari kita yang suka berbuat maksiat, hendaknya segera bertaubat kembali kepada-Nya.

Sedangkan kiamat kubro, yaitu kiamat yang sebenarnya akan ditimpakan manusia nantinya. Pada hari kiamat inilah, alam beserta isinya akan dihancurkan. Selain itu, sangkakala akan ditiup untuk mematikan dan menghidupkan semua mahluk-mahluk Allah. Manusia akan dibawa ke padang mahsyar untuk diberi pengadilan dengan apa yang dulunya mereka kerjakan.

Tanda-tanda kiamat ada banyak sekali, diantaranya adalah:

  1. Datangnya Imam Mahdi

Datangnya Imam Mahdi merupakan salah satu tanda akan datangnya hari kiamat. Imam Mahdi nantinya akan menjadi khalifah terakhir di muka bumi ini. Imam Mahdi merupakan keturunan dari Rasulullah.

  1. Kemunculan Dajjal

Dajjal merupakan fitnah paling besar yang akan muncul sebagai salah satu tanda kiamat. Sebelum dajjal datang, bumi akan dilanda kekeringan. Sehingga semua tumbuhan mati dan tidak ada air yang bisa dikonsumsi. Pada saat itulah dajjal datang dan menawarkan bantuan asalkan kita mau menyembahnya.

Jika kita mau menyembahnya, dajjal akan memberikan makanan dan menurunkan hujan. Akan tetapi, jika kita tidak mau menyembahnya, maka kita akan kelaparan. Oleh karena itu, Rasulullah sudah mengingatkan jauh-jauh hari tentang bahaya dajjal ini. Beliau memerintahkan kita untuk selalu berzikir kepada Allah dan mengikat anak dan istri kita di dalam rumah.

  1. Terbitnya Matahari Dari Arah Barat

Matahari terus bergeser arah terbitnya. Suatu saat, matahari akan terbit dari arah barat. Nah.., pada saat itu orang-orang baru sadar jika hari kiamat itu ada dan islam itu agama yang benar. Kemudian, orang-orang berbondong-bondong masuk islam.

Akan tetapi, keislaman mereka saat itu sudah tidak ada gunanya lagi. Taubat seseorang akan selalu diterima Allah, kecuali jika nyawa sudah sampai di kerongkongan dan matahari sudah terbit dari arah barat.

Itulah macam-macam tanda kiamat seperti tsunami Jawa. Tsunami merupakan kiamat sugro atau kiamat kecil sebagai peringatan Allah bagi kita semua. Semoga kita dapat memegang teguh keislaman sampai maut tiba. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!