Takjil Berformalin Hingga Kerupuk Mengandung Boraks, Ini Bahaya Menjual Makanan Berbahaya Menurut Islam

0
44
Takjil Berformalin 1

Takjil berformalin – Dinas Kesehatan kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menemukan beberapa makanan takjil yang mengandung bahan berbahaya. Ini diketahui setelah adanya petugas yang melakukan uji sampel makanan dan juga minuman acak di pasar Ramadhan. Makanan yang mengandung zat berbahaya ini diantaranya adalah kerupuk yang terdapat kandungan boraks. Dan juga ditemukan jenis olahan usus dan masakan kikil yang terdapat kandungan formalin didalamnya.

Takjil Berformalin 1

Di bulan puasa seperti ini, makanan takjil dan minuman menjadi menu yang diburu menjelang buka puasa. Ada berbagai jenis makanan takjil yang bisa kita pilih. Namun tentu saja mengetahui bahwa adanya temuan takjil yang mengandung zat berbahaya membuat kita harus lebih waspada. Apalagi saat puasa yang kita butuhkan adalah menu yang sehat dan bergizi. Dalam islam sendiri, menjual makanan tentu saja harus memperhatikan kebersihan serta halal atau tidaknya.

Takjil Berformalin Hingga Kerupuk Boraks, Ini Bahaya Menjual Makanan Berbahaya Menurut Islam

Takjil Berformalin 2

Takjil berformalin hingga kerupuk yang mengandung boraks tentu saja sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Sungguh miris, di bulan Ramadhan ini masih ada segelintir orang yang mencari keuntungan dengan menjual makanan tidak sehat. Bahkan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Padahal islam sendiri menganjurkan kaum muslimin untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dan menjual makanan yang mengandung zat berbahaya adalah dilarang hukumnya.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan manusia untuk memakan makanan yang halal dan juga baik. Yang artinya, makanan yang sehat adalah yang dianjurkan dalam islam. Sementara makanan yang mengandung zat berbahaya apalagi bisa membayakan diri bukanlah makanan yang baik. Dan barangsiapa yang menjual makanan seperti itu, sama halnya dengan mengikuti langkah-langkah syaitan.

Tahukah sobat CahayaIslam, ini lho bahayanya menjual makanan yang tidak sehat apalagi mengandung zat berbahaya menurut islam.

Termasuk Perbuatan Dzalim atau Dosa

Bahaya menjual makanan yang mengandung zat berbahaya adalah menjadi sebab perbuatan dzalim atau dosa. Bagaimanapun menjual makanan yang tidak sehat tentu saja merugikan bagi orang lain. Dan menimpakan kesusahan atau kerugian kepada orang lain sama halnya dengan berbuat dzalim. Ini tentu saja dilarang dalam islam.

Membahayakan Orang Lain

Menjual makanan yang tidak sehat apalagi mengandung zat yang berbahaya tentu saja membahayakan orang lain. Dan ini sangat bertentangan dengan ajaran islam. Bagi siapapun yang mempersulit orang lain atau membahayakan orang lain, maka Allah akan memberikan balasan yang pedih. Itu sebabnya, dalam menjual makanan tentu harus memperhatikan kebersihan hingga kandungan didalamnya.

Memakan Rezeki Tidak Halal

Sobat CahayaIslam, mencari rezeki dengan cara menjual makanan dengan kandungan berbahaya sama dengan memakan rezeki yang tidak halal. Dan Allah sendiri tidak menyukai golongan orang yang mencari rezeki dengan cara yang batil. Tentu saja balasan Allah juga sungguh nyata.

Takjil berformalin – hingga krupuk yang mengandung kandungan berbahaya. Ini tentu menyimpang dari ajaran islam dimana kaum muslimin dianjurkan memakanan makanan yang baik. Begitu juga dalam mencari rezeki ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 168

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY