Mau Kuat Puasa? Ini Tips Agar Puasa Ramadhan Lancar!

0
25
Mau Kuat Puasa 2

Mau kuat puasa – Menjalankan ibadah puasa kadangkala terasa berat. Apalagi untuk yang suka makan atau ngemil dan sekarang harus menahan lapar dan haus. Namun bagaimanapaun puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban. Barangsiapa tidak melaksanakannya padahal sudah memenuhi syarat untuk berpuasa, tentu saja hukumnya adalah dosa. Itu sebabnya, untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar maka perlu asupan makanan yang bergizi. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Mau Kuat Puasa 1

Untuk bisa menjalankan puasa, kesehatan tubuh juga harus diperhatikan. Dengan kondisi tubuh yang bugar, maka akan mendukung ibadah puasa yang kita jalankan. Itulah kenapa, makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting juga dalam memberikan kekuatan bagi tubuh. Untuk sobat CahayaIslam yang ingin tetap kuat berpuasa. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan lho. Ini bisa membantu untuk ibadah puasa kita lebih lancar.

Mau Kuat Puasa? Ini Tips Agar Puasa Ramadhan Lancar dan Kuat

Mau Kuat Puasa 2

Puasa di bulan Ramadhan akan dikerjakan selama satu bulan penuh. Itu artinya, kita harus mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat untuk bisa mengerjakan puasa sampai akhir. Meskipun puasa tidak akan memperparah kesehatan tubuh seperti bagi penderita maag atau asam lambung misalnya. Namun tetap saja, kita harus memilih makanan dengan lebih bijak. Dan lagi puasa ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim, jadi bagaimanapun harus dikerjakan dengan sebaik mungkin.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Ayat ini telah menjelaskan bagaimana Allah mewajibkan bagi kaum muslimin untuk mengerjakan ibadah puasa. Terutama di bulan puasa ini. Jadi, agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan tetap kuat maka sobat CahayaIslam perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh lho.

Lalu bagaimana agar bisa tetap kuat berpuasa? Yuk lakukan beberapa tips ini.

Mau Kuat Puasa 3

Makan Secukupnya

Agar puasa tetap kuat maka jangan lupa untuk makan dengan cukup. Tidak sedikit namun juga bukan berarti berlebihan. Makan yang berlebihan justru akan mengganggu kesehatan dan membuat kita terganggu saat berpuasa. Maka dari itu, pastikan makan dengan porsi yang secukupnya ya sobat CahayaIslam.

Hindari Makanan Pedas dan Asam

Makanan yang pedas dan juga asam ini bisa memicu reaksi pada lambung. Sehingga bisa menyebabkan iritasi. Itu sebabnya, bagi penderita maag atau asam lambung sebaiknya menjaga kadar asam dan pedas yang dikonsumsi. Ini agar asam lambung tidak memproduksi asam berlebih yang berbahaya untuk penderita maag.

Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Sahur dan Berbuka

Saat menjalankan puasa tentu saja asupan cairan yang masuk dalam tubuh lebih sedikit. Itu sebabnya, saat sahur dan berbuka pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan. Caranya dengan meminum air putih lebih banyak, dan mengkonsumsi buah atau sayur yang kandung airnya lebih banyak.

Mau kuat puasa – Agar ibadah puasa bisa dikerjakan dengan lancar dan tetap kuat. Maka sobat CahayaIslam bisa mencoba beberapa tips diatas.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 183

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY