Sedekah Menyembuhkan Sakit, Benarkah?

0
321
Sedekah Menyembuhkan Sakit

Sedekah Menyembuhkan Sakit – Ketika seseorang sedang diberi ujian berupa penyakit, sedekah mungkin bisa menjadi salah satu usaha untuk membuatnya sembuh. Namun benarkah jika sedekah menyembuhkan sakit?

Dalam Islam, kita diperintahkan untuk berikhtiar dalam mencari obat dari penyakit yang diderita oleh seseorang. Semua penyakit pastilah ada obatnya. Kecuali karena sudah tua atau sudah dekat dengan kematiannya.

Seperti dalil Alquran di bawah ini:

وَإِذَا مَرِضۡتُ فَهُوَ يَشۡفِينِ

“Apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy-Syu’ara: 80)

Namun perlu kita ketahui, bahwa tidak semua obat berupa obat-obat bagi jasmani atau fisik saja. Seperti obat medis dengan resep dokter, obat herbal dari bahan-bahan alami dan lain-lain.

Lebih dari itu semua, ada jenis obat yang secara kasat mata tidak memiliki kaitan dengan jasmani atau fisik.

Kendati demikian, obat ini justru lebih manjur dan khasiatnya mampu mengungguli obat dari medis, jenis herbal dan lain sebagainya.

Sedekah Menyembuhkan Sakit, Ini Cara yang Benar

Salah satu usaha untuk berobat yang pernah dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah dengan melakukan sedekah.

Seperti bunyi pada hadits berikut:

فإن للصدقة تأثيرًا عجيبًا في دفع أنواع البلاء ولو كانت من فاجر أو من ظالم بل من كافر فإن الله تعالى يدفع بها عنه أنواعا من البلاء وهذا أمر معلوم عند الناس خاصتهم وعامتهم وأهل الأرض كلهم مقرون به لأنهم جربوه

“Sedekah memiliki khasiat yang kuat menolak berbagai macam bala (termasuk penyakit). Bahkan, sekalipun itu dari orang yang ahli maksiat, zalim, maupun orang kafir. Melalui sedekah yang mereka lakukan, Allah angkat bala. Khasiat sedekah seperti ini disaksikan oleh banyak orang, orang-orang berilmu, atau kaum awam umumnya, bahkan seluruh penduduk bumi mengakuinya karena mereka telah merasakan sendiri.” (Jami’ Al-Fiqh, 3: 7)

Adapun cara yang benar dalam bersedekah untuk ikhtiar mendapatkan kesembuhan bagi yang sakit adalah seperti di bawah ini:

1.      Ikhlas

Sedekah Menyembuhkan Sakit

Pertama, kita harus ikhlas meminta kesembuhan pada Allah SWT melalui cara mulia yakni bersedekah pada orang lain yang membutuhkan.

2.      Harta yang Baik

Kedua, harus bersedekah dengan harta yang baik dan kita sukai. Artinya, bukan bersedekah atas apa yang tidak kita kehendaki lalu kita berikan pada orang lain.

3.      Yakin

Ketiga, kita harus yakin dan pasrah bahwa dengan ikhtiar ini maka Allah SWT akan memberikan kesembuhan. Sebab hanya Allah lah yang mampu menyembuhkan setiap penyakit yang ada di dunia ini.

4.      Tidak Tergesa-gesa

Bukan berarti setelah satu kali sedekah harus sembuh, tentu tidak. Namun butuh istiqomah dan tidak tergesa-gesa dalam menuai hasil dari ikhtiar tersebut.

Sedekah Menyembuhkan Sakit, Ini Khasiatnya yang Lain

Selain itu, bersedekah juga memiliki beberapa khasiat lain yang sangat penting bagi kita untuk menjalani kehidupan ini. apa saja?

1.      Menolak Balak

Pertama, bersedekah memiliki khasiat yang sangat baik bagi kita yang ingin hidup jauh dari musibah. Sebab, disebut-sebut dengan memberikan sebagian harta maupun tenaga yang kita punya kepada orang lain yang membutuhkan bisa membantu kita untuk menolak balak.

Oleh sebab itu, Sobat Cahaya Islam, apabila Sobat merasa hatinya tengah dirundung rasa khawatir maka sebaiknya untuk segera bersedekah.

2.      Meredam Kemarahan Allah SWT

Sedekah Menyembuhkan Sakit

Dengan mengeluarkan sedekah, maka jika kita pernah melakukan suatu dosa, Allah SWT akan menghapus dosa tersebut.

Sebab, sedekah bisa membuat kemarahan Allah SWT atas dosa-dosa yang kita perbuat menjadi redam. Bukankah yang demikian itu membantu kita terselamatkan dari berbagai musibah yang kapan saja datang? Naudzubillah.

3.      Menjadikan Doa Mustajab

Salah satu penyebab mengapa doa lebih mudah diijabah oleh Allah SWT adalah bertawasul, kemudian diiringi dengan melakukan amal shalih. Misalnya, puasa sunnah, tadarus, serta bersedekah.

Nah, Sobat, di atas merupakan ulasan mengenai jawaban atas pertanyaan, apa benar sedekah menyembuhkan penyakit?

Ada pula beberapa cara bagaimana agar melakukannya dengan benar serta khasiat lain dari melakukan sedekah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY