Rey Utami Akui Sempat Ingin Bunuh Diri di Penjara, Bunuh Diri Adalah Tindakan yang Paling Dibenci Allah

0
42

Rey Utami – Rey Utami baru saja menghirup udara bebas beberapa waktu lalu. Setelah dirinya menjalani masa hukuman 1 tahun 4 bulan di penjara terkait kasus video ikan asin.

Ia mengaku awalnya tidak rela namanya terseret kasus tersebut. Bahkan sampai menjebloskannya ke dalam penjara bersama suaminya, Pablo Benua.

Rey mengatakan ia hampir melakukan aksi bunuh diri karena tak kuat menahan rasa kecewa. Ia sempat ingin meminum cairan pembersih lantai, namun niatnya diurungkan lantaran ingat anaknya.

Bagi rey anak adalah motivasinya mejalani hidup. Terlebih lagi saat menjalankan masa hukumannya di penjara.

Sobat Cahaya Islam, bunuh diri sendiri adalah tindakan yang sangat dibenci Allah. Orang yang melakukan  bunuh diri akan ditempatkan di neraka yang paling pedih.

Rey Utami Sempat Ingin Bunuh Diri di Penjara, Ini Hukum Bunuh Diri Dalam Islam

Bunuh diri seringkali dilakukan ketika seseorang sudah tidak bersemangat lagi dalam menjalankan kehidupannya. Padahal tindakan itu diluar Sang Pemilik Kehidupan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوٓا۟ أَمْوَٰلَكُم بَيْنَكُم بِٱلْبَٰطِلِ إِلَّآ أَن تَكُونَ تِجَٰرَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barang siapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa’: 29-30).

Para ulama menjelaskan bahwa ayat tersebut mengatakan “membunuh dirimu” yang maksudnya adalah larangan kepada umat islam untuk tidak membunuh sesama manusia. Dan membunuh dirinya sendiri.

Cara Menghindari Pikiran Untuk Bunuh Diri

1. Berserah Kepada Allah

Manusia yang mengimani rukun-rukun Allah maka akan terhindari dari pikiran bunuh diri. Menyerahkan hidup kepada Allah adalah cara seorang muslim untuk mendekatkan dirinya dengan Allah.

Ketika mengalami masalah di dunia, maka kita meminta pertolonganNya. Karena Allah SWT adalah Maha Penolong dari apapun masalah yang kita miliki.

2. Tidak Mengutamakan Dunia

Jangan jadikanlah dunia sebagai tujuan yang utama. Karena kita akan hidup kekal di akhirat nanti.

Orang yang memilih untuk bunuh diri berarti ia menjadikan dunia sebagai tujuan utamanya. Padahal Allah sudah menjanjikan kemudahan setelah ada kesulitan karena setelah hidup di dunia akan ada akhirat.

3. Bersyukur

Sebelum merasa paling terbebani di dunia, ada baiknya kita juga melihat orang-orang yang berada di sekitar kita. Masih banyak di sekitar kita yang tidak beuruntung atau bahkan lebih menderita, namun mereka tetap sabar menjalankan hidupnya.

Sehingga kita patut untuk bersyukur. Dengan bersyukur kita lebih mudah menjalankan kehidupan di dunia.

4. Berteman Dengan Orang Shaleh

Berada dilingkungan orang-orang yang shaleh akan memposisikan kita untuk menjalankan hidup sebagaimana aturan dalam islam. Tanpa kita sadari prilaku mereka akan mendorong kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sehingga kita terjauh dari perbuatan yang buruk. Karena ada orang-orang shaleh yang mengingatkan dan menyabarkan kita untuk menghadapi sesuatu.

Demikianlah cara agar terhindar dari perasaan ingin bunuh diri menurut islam. Seberapapun beratnya beban kita, kita harus tetap hadapi karena ada kehidupan akhirat kelak yang abadi.

Rey Utami patut diacungi jempol karena sudah bersabar menjalankan hukumannya dengan sabar. Meski sempat ingin bunuh diri, namun ia sudah berhasil menghalaunya karena mencoba bersyukur dengan kehadiran anaknya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY