Renald Ramadhan Terkangkap Basah Pakai Narkoba, Bagaimana Cara Agar Tidak Kecanduan Lagi?

0
29

Renald Ramadhan – Pemain sinetron  “Dari Jendela Anak SMP” tersebut tertangkap basah menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. Tertangkap basahnya Renald Ramadhan membuktikan bahwa masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang bahayanya narkoba.

Narkoba merupakan suatu zat yang dapat menyebabkan kita berhalusinasi dan tidak merasa capek. Oleh karena itu, banyak sekali pejabat atau artis kalangan atas yang menggunakan narkoba.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengharamkan kita untuk mengonsumsi narkoba. Hal tersebut disebabkan mudharatnya. Akan tetapi, apabila narkoba digunakan dalam bidang medis untuk pengobatan itu dihalalkan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa narkoba tidak untuk dikonsumsi secara sembarangan. Mengapa? Hal tersebut dapat berdampak bagi kesehatan tubuh kita. Banyak orang yang meninggal karena overdosis mengonsumsi narkoba. Lalu, bagaimanakah cara agar tidak kecanduan narkoba dalam Islam?

Cara Agar Tidak Kecanduan Narkoba Seperti Renald Ramadhan

Menghentikan pengguna narkoba seperti Renald Ramadhan yang telah bertahun-tahun mengkonsumsinya tentu sangat sulit. Di penjara atau rehabilitasi biasa juga tidak akan cukup. Dibutuhkan beberapa cara untuk menghentikan atau meredakan kecanduan narkoba, diantaranya:

1. Melakukan Rehabilitasi Di Pondok Pesantren

Pondok pesantren adalah lingkungan yang sarat dengan ilmu keagamaan. Di pondok pesantren juga kita dapat merasakan kereligiusan ketika sudah memasuki lingkungannya. Mengapa pondok pesantren?

Hal tersebut dikarenakan kita bisa melakukan ibadah dengan lebih khusyu’ sebagai suatu pendekatan kepada Allah agar terbebas dari narkoba. Selain itu, negatif thinking yang disebabkan pekerjaan atau masalah duniawi menjadi berkurang.

2. Rajin Membaca Al Qur’an

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan membaca al-Quran bisa membuat emosi yang kita miliki menjadi lebih positif dan emosi negatif cenderung berkurang. Hal tersebut disebabkan saat kita membaca al-Quran, emosi menjadi lebih stabil, jantung berdetak lebih normal, serta syaraf-syarat menjadi lebih tenang.

Hal ini cocok untuk menghentikan pemakaian narkoba. Mengapa? Pengguna narkoba sebelum menjadi pemakai biasanya memiliki masalah yang berkaitan dengan emosional. Jika emosional tersebut bisa mereka kendalikan. Mereka tentunya tidak akan menjadi pengguna narkoba.

3. Tidak Memendam Masalah Sendirian

Sebelum menjadi pengguna, mereka adalah orang-orang yang memiliki masalah dalam kehidupannya dan cenderung menyimpan masalah tersebut sendirian. Hal tersebut dapat memicu gangguan psikologis sehingga apabila tidak kuat lagi, mereka biasanya akan mencari pelarian atau pelampiasan agar bisa keluar dari situasi yang mereka rasakan.

Narkoba merupakan salah satu jalan pintas setan yang mereka gunakan agar bisa menghilangkan semua rasa emosional tersebut dan mendatangkan segala kebahagiaan meskipun hanya merupakan sebuah halusinasi.

Oleh karena itu, dalam sebuah hadist dikatakan bahwa jalan menuju surga itu sulit dan jalan menuju neraka itu mudah.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ وَحُمَيْدٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُفَّتْ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتْ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ حَدَّثَنِي وَرْقَاءُ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِهِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Surga diliputi hal-hal yang tidak menyenangkan dan neraka diliputi syahwat.” (H.R. Muslim Nomor 5049).

4. Bertaubat Kepada Allah

Mengapa tetap tidak bisa berhenti menggunakan narkoba meskipun sudah melakukan rehabilitasi? Mungkin dikarenakan kita tidak mempunyai kesungguhan untuk bertaubat kepada Allah.

Bertaubat disini tidak hanya mempunyai niat untuk berhenti saja, melainkan kita benar-benar berusaha untuk berhenti dengan cara yang dibenarkan dalam Islam. Contohnya, kita berniat berhenti dari narkoba dengan melampiaskannya pada alkohol. Itu jelas salah.

Itulah cara agar tidak kecanduan narkoba seperti Renald Ramadhan. Semoga Renald Ramadhan tidak menggunakan narkoba lagi sebagai pemecah permasalahannya. Amiiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY