Rambut Roger Danuarta Disorot Publik, Bagaimana Tanggapan Islam?

0
105
Rambut Roger Danuarta

Rambut Roger Danuarta – Rambut Roger Danuarta tengah mencuri perhatian masyarakat Tanah Air. Hal ini dikarenakan potret lawasnya kembali beredar di Internet, banyak yang mengatakan bahwa tampangnya tersebut mirip dengan aktor Korea, Lee Min Ho.

Sejak meniti karier di dunia hiburan, Roger memang identik dengan penampilannya yang berambut gondrong. Bahkan setelah menikah dan dikaruniai anak pun, pria itu juga kerap terlihat setia dengan rambutnya yang panjang.

Kendati demikian, dalam beberapa kali kesempatan, Roger juga tampil dengan rambut yang dipangkas pendek. Terutama saat harus mengisi film layar lebar, tak jarang sutradara memintanya secara langsung untuk memotong rambutnya tersebut.

Nah, Sobat Cahaya Islam, lalu bagaimana hukumnya memanjangkan rambut bagi seorang laki-laki dalam Islam? Demikian ulasannya.

Rambut Roger Danuarta Disorot Publik, Ini Hukumnya!

Tak hanya wanita saja, bahkan seorang laki-laki pun banyak kita temui memilih untuk memelihara rambutnya hingga panjang atau gondrong.

Meskipun kita tahu, di sekolah sering kali ada aturan yang melarang para siswa laki-laki memanjangkan rambut. Sampai ada hukuman atau sanksi berat bagi mereka yang melanggarnya.

Hal ini dikarenakan kesan laki-laki dengan model atau tampilan rambut panjang dinilai kurang rapi.

Nah, terkait hal ini, bagaimana hukumnya memanjangkan rambut bagi laki-laki?

1.      Sunnah

Pertama, memanjangkan rambut bagi kaum laki-laki dihukumi sunnah. Karena hal ini biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada masa hidupnya.

sebagaimana dalam banyak hadits, seperti:

عَنِ الْبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ يَقُوْلُ مَا رَأَيْتُ مِنْ ذِيْ لِمَّةٍ أَحْسَنَ مِنْهُ وَفِيْ رِوَايَةٍ كَانَ يَضْرِبُ شَعْرَهُ مَنْكِبَيْهِ

Dari Bara’ bin Azib, dia berkata, “Aku tidak pernah melihat rambut melampaui ujung telinga seorang pun yang lebih bagus dari (rambut) Rasulullah.” Dalam suatu riwayat lain, “Rambut Rasulullah sampai mengenai kedua bahunya.” (Hr. Muslim: 2337)

Dahulu, Nabi SAW sendiri memanjangkan rambut sampai ke ujung telinga. Beliau membiarkannya tumbuh subur dan sengaja memeliharanya.

Rambut Roger Danuarta

Oleh sebab itu, jika memanjangkan rambut dilakukan dengan niat mengikuti kebiasaan Rasul, maka hal tersebut dinilai sebagai suatu ibadah pada Allah SWT.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. (QS. Al-Ahzab Ayat 21)

2.      Mubah

Kedua, hukumnya mubah atau boleh. Sebagian Ulama lain berpendapat demikian karena pada dasarnya memilih untuk memanjangkan rambut itu bukan suatu perkara yang mudah.

Sebab, kita dituntut untuk memeliharanya sebaik mungkin. Mulai dari meluangkan waktu untuk merawat setiap hari. Selain itu juga butuh biaya agar rambut menjadi bagus dan tampak nyaman dipandang.

Rambut Roger Danuarta

Salah satunya adalah membeli minyak rambut, memberi perawatan dengan berapa bahan yang dibutuhkan agar rambut tumbuh subur tidak rontok dan lain-lain.

Nah, Sobat, kita pasti sudah memahami bahwa apa saja yang menyatu pada tubuh merupakan tanggung jawab bagi kita.

Memang, jika kita melihat sekilas agama seolah menganjurkan kita memanjangkan rambut agar sama dengan kebiasaan Nabi SAW. Namun kembali lagi pada budaya masyarakat yang dianut.

Bukan hanya itu, bahkan masalah tersebut juga menyinggung soal selera, adat dan kebiasaan dari masing-masing penduduk suatu daerah atau wilayah.

Anak adam diperbolehkan memelihara rambutnya hingga tumbuh panjang. Namun perlu digaris bawahi, bagian terpentingnya adalah kesanggupan dia untuk merawatnya agar tidak mengganggu pandangan orang lain yang bisa mengaitkannya dengan agama itu sendiri.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai kabar viral rambut Roger Danuarta yang kembali disorot warganet dan bagaimana penjelasan tentang hukumnya dalam agama Islam. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY