Jadikan Ramadhan Sebagai Momentum Mendidik Anak!

0
1858
Parenting Dahsyat Bulan Ramadhan: Jadikan Ramadhan Sebagai Momentum Mendidik Anak!

Tips Islami – Orang tua mana sih yang di dunia ini tidak menginginkan anak-anaknya untuk mencapai kebahagiaan? Banyak dari orang tua rela melakukan apapun untuk mendidik anak mereka dengan mengeluarkan banyak biaya pendidikan guna menjadikan anak mereka insan yang brilian dan banyak lagi.

Namun banyak orang tua yang lupa, bahwa hakikinya kebahagiaan adalah baiknya akhlak mereka. Lalu bagaimana mendidik anak agar mendapatkan akhlak yang terpuji?

Jadikan Ramadhan Sebagai Momentum Mendidik Anak!

Tidak mudah memang dalam realitas parenting dan langkah mendidik anak. Hal yang paling sering menjadi penghalang di dunia modern ini adalah waktu.

Memang benar adanya kata baginda Rasulullah SAW, bahwa ada dua nikmat yang sering manusia lupakan, dan salah satunya adalah waktu luang. Banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga anak-anak mereka tidak bisa di awasi dan di didik dengan maksimal.

Untuk itu, pada kesempatan emas ini (mumpung sedang Ramadhan), mari kita jadikan bulan ini menjadi lebih dahsyat dengan menjadikannya sebagai momentum mendidik anak!

Menjadikan Waktu Menunggu Berbuka lebih Barokah dengan Nasihat

Tidak di ragukan lagi bahwa hal-hal yang di tunggu-tunggu ketika berpuasa adalah waktunya berbuka. Banyak keluarga-keluarga di Indonesia khususnya, akan menyempatkan pulang lebih awal untuk berbuka bersama keluarga dan bersantap makanan bersama.

Tim Cahayaislam bisa menjadikan momen waktu menunggu berbuka puasa menjadi lebih bermanfaat dan barokah dengan nasihat.

Tidak perlu nasihat seperti para alim ulama yang di rangkai dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Al-hadits secara eksplisit.

Mulailah memberikan nasihat kepada anak dan keluarga anda bagaimana cara hidup dengan lebih baik dalam pelukan ridho Allah.

Bertanya kepada anak anda tentang apa impian mereka dan apa aktifitas mereka bisa juga di lakukan.

Hal ini juga di contohkan oleh Rasulullah dalam beberapa hadits, bahwa mendidik anak cara Rasulullah bisa di lakukan dengan menyayangi mereka dan memberikan nasihat yang baik.

Berlomba-lomba dalam kebaikan bersama Anak di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mana kita sebagai orang islam yang beriman panen pahala yang berlimpah ruah.

Banyak sekali jenis amalan pada bulan puasa yang baik dan bisa di lakukan seperti bershodaqoh, tadarus membaca Al-Qur’an, mengkaji al-hadits, dzikir, shalat sunnah dan masih banyak lagi.

Ajak anak-anak anda untuk berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan ini bersama anda.

Tantang mereka untuk bertanding balapan khatam Al-Qur’an atau banyak-banyakan dzikir atau amalan bulan ramadhan lainnya yang bisa dengan mudah anak-anak anda lakukan. Janjikan hadiah bila anak anda bisa menang dari anda. Itulah tips mendidik anak di bulan ramadhan yang kedua.

Jadikan momen sahur untuk membudayakan anak shalat tahajud

Selain waktu berbuka puasa, ada lagi satu waktu yang merupakan kesempatan emas untuk mendidik anak di bulan ramadhan agar menjadi insan yang lebih baik. Jadikan momen sahur anda bersama anak-anak anda untuk membudayakan mereka melaksanakan shalat tahajud.

Salah satu keutamaan shalat tahajud adalah menjadi lebih dekat dengan Allah, dan secara otomatis bila anda dekat dengan Allah, maka segala hal yang anda pinta pastinya akan lebih mudah terkabulkan.

Tim Cahayaislam banyak mengenal orang-orang yang menakjubkan dan sukses dan banyak tips yang mereka berikan kepada kami adalah melaksanakan shalat malam yang satu ini.

Di bulan ramadhan, karena setiap mereka yang berpuasa biasanya akan bangun untuk melakukan sahur, jadi pas banget untuk mengajarkan anak-anak anda menjadi ahli shalat tahajud kan?

Mengenalkan Asyiknya shalat berjamaah dengan rutinitas Tarawih

Shalat adalah amalan yang pertama kali akan terhisab pada hari kiamat nanti.

Dalam hadits juga menerangkan bahwasanya bila anda ingin mengetahui kepribadian baik/buruk seseorang maka Rasulullah mengatakan untuk melihat shalatnya.

Orang yang shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya. Poin plus yang lebih baik lagi adalah shalat yang berjamaah.

Selain mendapatkan pahala 27 derajat di sisi Allah, 90% orang yang melaksanakan shalat berjamaah bisa lebih khusyu’ dan tuma’ninah, berbeda dengan shalat sendirian.

Di bulan ramadhan ada rutinitas shalat tarawih setelah shalat isya. Sebagai orang tua yang jeli, sobat Cahayaislam bisa mengebalkan asyiknya shalat berjamaah pada momen ini.

Nah, itulah beberapa trik agar anda bisa memanfaatkan momen bulan ramadhan.

Sebagai jalan yang dahsyat untuk mendidik anak di bulan ramadhan menjadi insan muslim yang lebih baik dan bertaqwa kepada Allah.

Pastinya anda pengen dong, punya anak yang alim nan shalih dan shalihah?

Karena merupakan investasi yang menguntungkan dan bisa mengangkat derajat kita disurga Allah nanti.

Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan ya! Mendidik anak secara islami di bulan Ramadhan ini, sobat Cahayaislam!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY