Banyak Promo 12.12 Makanan, Bolehkah Hukumnya Dalam Islam?

0
228
promo 12.12 makanan

Promo 12.12 Makanan – Tanggal 12 Desember seolah menjadi saat yang dinantikan banyak orang. Memang banyak promosi menarik yang menanti penggemar belanja. Salah satunya ada promo 12.12 makanan yang tersebar luas di restoran terkenal ataupun sosial media.

Memang 12.12 seolah menjadi tanggal cantik yang penuh dengan potongan harga di akhir tahun. Sebab setelah itu, masyarakat akan disambut dengan promo baru di tahun depan. Namun bolehkah promosi seperti ini dalam islam?

Variasi Promo di Tanggal 12.12

Banyak penawaran promo 12.12 makanan yang menggiurkan dari restoran besar. Mulai dari JCO, Dcrepes, Golden Lamian, dan lainnya. Promo tersebut berlaku selama pekan ini, tepatnya mulai tanggal 11 sampai 17 Desember 2023 mendatang.

Promosi 12.12 menarik pertama ada dari JCO yang berupa paket mingguan. Paket tersebut berlaku selama periode tanggal 11 hingga 17 Desember nanti. Promo paket mingguan JCO terdiri dari 1 lusin Donut, Iced Thai Tea, dan Cinnamon Latte seharga Rp 148 ribu.

Kemudian ada juga promosi dari KFC yang berlaku sampai tanggal 15 Desember berupa 14 sayap ayam seharga Rp 55 ribuan. Semua promosi tersebut tentu begitu dinantikan penggemar makanan lezat yang tidak ingin kehabisan uang sekaligus.

Promosi Potongan Harga dalam Islam

Semua promosi yang termasuk promo 12.12 makanan sangat menggiurkan dan menghemat kantong pembeli. Sejatinya, promo 12.12 menjadi salah satu cara untuk mempengaruhi pembeli sehingga membeli barang yang dijual oleh pengusaha. Diskon berupa promo 12.12 berbentuk potongan harga untuk pembeli dari harga yang sudah penjual tetapkan.

Cara seperti ini pun sering kalangan pebisnis gunakan sebagai strategi promosi demi meningkatkan penjualan. Bukan tanpa alasan, potongan harga akan menarik minat pembeli untuk mendapat barang yang mereka butuhkan.

promo 12.12 makanan

Dalam islam, potongan harga atau diskon seperti 12.12 ada dalam akad Al Wadla’ah atau Muwadla’ah. Ini merupakan bagian dalam prinsip jual beli, yang mana penjual melakukan penjualan dengan harga relatif rendah dari harga pasar.

Ternyata, hukum jual beli dengan memakai sistem potongan harga atau diskon boleh, selama tak mengarah ke hal yang Allah haramkan. Oleh karenanya, sistem potongan harga atau diskon 12.12 harus terlepas dari sejumlah faktor yang Allah haramkan, yakni:

1. Dzatnya Haram

Promo 12.12 makanan menjadi terlarang jika yang ditransaksikan haram, seperti bangkai, babi, khamr, dan sebagainya. Sebagai muslim, Sobat Cahaya Islam tentu tak akan membeli semua makanan yang mengandung zat tersebut sekalipun sedang promo 12.12.

2.  Tadlis

Sobat, promo potongan harga juga bisa berubah terlarang apabila bersifat tadlis. Sebagai informasi, tadlis adalah transaksi yang di dalamnya mengandung rahasia di antara salah satu pihak. Sebab,  islam menganjurkan transaksi dengan prinsip kerelaan agar tak ada yang merugi.

promo 12.12 makanan

Nabi Muhammad SAW bersabda,

 لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ

Tidak  boleh ada kerugian dan merugikan” (HR Ibnu Mâjah dan dinilai shahih oleh Syaikh al-Albâni dalam Irwâ’ul Ghalîl no. 896)

3. Najasy

Promosi masih boleh asalkan tidak mengandung najasy, yaitu pura-pura. Lebih tepatnya, ada seseorang yang berpura-pura menawar sebuah barang namun tidak bermaksud membelinya. Ia bertujuan menjerumuskan calon pembeli lain demi memberikan penjual keuntungan.

Rasulullah SAW bersabda,

وَلاَ تَنَاجَشُوا

“ .. dan janganlah kalian melakukan jual beli najasy … “ (HR. Bukhari no. 2150 dan Muslim 1515) 

Sobat Cahaya Islam, begitu pentingnya memahami kaidah islam atas promo 12.12 makanan. Dengan begitu, transaksi dan makanan yang Sobat beli dalam promosi 12.12 akan berkah dunia dan akhirat.  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY