PPKM Darurat Diberlakukan Se Jawa – Bali, Efektif Kah?

0
41
ppkm darurat

PPKM Darurat – Kondisi bangsa tampaknya sedang mengalami gelombang kedua Covid -19 sehingga perlu pengadaan PPKM Darurat. Tujuannya yakni agar penyebaran virus Covid-19 tersebut tidak semakin meningkat.

Tentu saja, hal ini menjadikan Sebagian masyarakat merasa kecewa dengan pemberlakuan program tersebut. Sebab, sudah setahun lamanya mereka harus beradaptasi dengan kondisi perekonomian yang tak menentu akibat pandemi.

Sobat Cahaya Islam, pengadaan PPKM Darurat ini memang perlu umat setujui demi keselamatan generasi. Sebab, jika tidak demikian maka pertahanan kesehatan negara akan semakin rapuh. Selain itu juga untuk menyelamatkan fasilitas Kesehatan agar bisa para nakes gunakan semaksimal mungkin bagi para pasien covid-19.

Bagaimana Seharusnya Sikap Umat Terhadap Program PPKM Darurat tersebut?

ppkm darurat

Sobat Cahaya Islam, sebagaimana ulasan diatas bahwa program ini memang bertujuan agar lonjakan COVID -19 di negeri semakin menurun persentasenya. Sebab, bahaya krisis generasi akan semakin terlihat di depan mata bila umat tak menepatinya.

Sinergitas tak hanya ada di sisi masyarakat saja, namun juga oleh Kalangan para elit politik serta para pejabat negara. Sebab, salah satu alas an pelanggaran umat terhadap program PPKM yakni karena hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Tentu hal tersebut sangat tidak adil bukan? Sebab, seluruh masyarakat tanpa terkecuali harusnya mengikuti program tersebut demi ketercapaian target. Bukannya malah melanggar dan asal minta maaf.

Mengapa Umat Kehilangan Kepercayaan Terkait Program PPKM Darurat?

ppkm darurat

Sobat Cahaya Islam, ketidakpercayaan umat terhadap pelaksanaan tersebut bisa saja terjadi sebab umat sudah lelah dengan janji yang tidak pasti serta jarang terealisasi. Sehingga dampaknya sampai sedemikian rupa.

Maka dari itu, cara satu – satunya agar ketercapaian program dapat segera terwujud, para elit politik serta pemangku jabatan bersegera meraih kepercayaan umat kembali. Misalnya, menerapkan beberapa kebijakan yang berdampak positif pada umat serta merealisasikan janji yang sudah terucapkan selama masa kampanye.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yakni :

أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّوَجَلَّ , وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكَ عَبْدٌ

“Saya memberi wasiat kepada kalian agar tetap bertaqwa kepada Allah ‘azza wa jalla, tetap mendengar dan ta’at walaupun yang memerintah kalian seorang hamba sahaya (budak)”. (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi, Hadits Hasan Shahih)

Sebab, kecintaan dan kepercayaan umat terhadap para pemangku jabatan tentu akan menjadi motivasi bagi mereka untuk segera menyeleaikan masalah yang ada. Selain itu, jika umat telah mencintai para pemangku jabatan, tentu do’a akan senantiasa mengalir bagi mereka. Begitu juga dengan sebaliknya, umat akan mendapatkan doa dari pemimpinnya. Sungguh indah bukan?

Strategi Agar Program PPKM Darurat dapat Terlaksana

Sobat Cahaya Islam, masalah Kesehatan negeri adalah masalah bersama antara umat, pemerintah dan semua elemen lainnya. Sehingga, tak perlu menunggu agar umat seluruhnya sadar terkait bahaya penularan COVID – 19.

Jika sudah terdapat umat yang menyadari, baiknya umat tersebut segera membantu baik dalam hal sosialisasi maupun sebagai contoh teladan dalam penjagaan protokol kesehatan. Salah satu strategi yang sederhana yakni dengan menjadi duta pencegahan virus COVID -19 di tengah keluarga dan lingkungan sekitar.

Strategi ini tentunya memerlukan keuletan dan kesabaran dalam membentuk pemikiran terkait bahaya penularan virus. Setelah itu, barulah umat memberikan teladan dalam hal pencegahannya. Tak sulit bukan?

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai program PPKM Darurat serta strategi yang dapat umat lakukan untuk membantu terhambatnya laju persebaran virus. Semoga ke depan, akan lebih banyak umat yang menyadari tentang bahayanya sehingga dapat lebih mawas diri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY