Pimpinan Pesantren Gontor Meninggal Dunia, Apa Yang Bermanfaat Bagi Orang Yang Sudah Meninggal?

0
26
Pimpinan Pesantren Gontor KH Abdullah Syukri Meninggal Dunia

Pimpinan Pesantren Gontor – KH Abdullah Syukri Zarkasyi yang merupakan salah satu pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor dikabarkan meninggal dunia. Kabar wafatnya KH Abdullah ini disampaikan oleh adiknya, Prof Amal Fathullah yang tidak lain adalah Rektor Unida Gontor. Tentu saja menjadi kabar duka bagi Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang ada di Ponorogo, Jawa Timur. Apalagi sosok KH Abdullah Syukri ini merupakan sosok yang luar biasa hebat dalam pencapaiannya.

Pimpinan Pesantren Gontor KH Abdullah Syukri Meninggal Dunia

KH Abdullah Syukri, pimpinan Pondok Pesantren Gontor ini meraih gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelumnya, KH Abdullah juga mendapatkan gelar sebagai sarjana muda dan gelar Lc dari Al-Azhar University Kairo, Mesir. Dari perjalanan panjangnya, tentu saja ini adalah jejak hebat yang ditinggalkannya semasa hidup. Lalu apa sebenarnya perkara yang bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal menurut islam?

Pimpinan Pesantren Gontor Meninggal Dunia, Ini Perkara Yang Bermanfaat Bagi Orang Yang Sudah Meninggal

Pimpinan Pesantren Gontor Meninggal Dunia dan Perkara Yang Bermanfaat Bagi Orang Meninggal

Pimpinan Pesantren Gontor, KH Abdullah Syukri dikabarkan meninggal dunia. Tentu saja ini menjadi berita duka bagi orang-orang disekitarnya, terutama bagi keluarga Pondok Pesantren Gontor. Sobat CahayaIslam, kematian adalah waktu yang tidak dapat ditebak kapan datangnya. Namun setiap makhluk yang hidup pasti merasakan kematian, dan bahkan tidak akan bisa menghindarinya. Itu sebabnya, sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk selalu mengingat kematian.

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: “Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?

Ketika seseorang sudah meninggal dunia, maka amalan-amalannya pun akan terputus. Sehingga tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengulang waktu di dunia yang sudah disia-siakan. Itu sebabnya, kita sebagai kaum muslimin selalu dianjurkan untuk mengingat kematian. Ini agar kita bisa mempersiapkan diri untuk kematian. Lalu adakah perkara yang bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal?

Pimpinan Pesantren Gontor Meninggal dan Ini Yang Bermanfaat Bagi Orang Meninggal

Pertama, sedekah jariyah seperti wakaf atau semacamnya. Ini bisa menjadi amalan yang bermanfaat bagi kita meskipun telah meninggal dunia.

Kedua, Ilmu yang bermanfaat juga termasuk amalan yang tidak akan terputus dan bahkan mengalirkan pahala. Apalagi jika bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Ketiga, doa kaum mukminin. Ini yang akan menjadi perkara yang bermanfaat bagi orang yang sudah meninggal. Itu sebabnya, memperbanyak kebaikan di dunia bisa menjadi ladang doa untuk kita kelak.

Pimpinan Pesantren Gontor – yang meninggal dunia tentu saja meninggalkan kesan baik bagi orang-orang sekitarnya. Terutama pencapaian dalam ilmu yang akhirnya mampu memberikan manfaat bagi banyak orang. Dan tentu saja ini menjadi perkara bermanfaat bagi KH Abdullah Syukri meskipun telah meninggal dunia.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 78

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY