Simak Pertanyaan Tentang Ulumul Quran Agar Pengetahuan Meningkat!

0
766
Pertanyaan tentang Ulumul Quran

Pertanyaan tentang Ulumul Quran – Pertanyaan tentang Ulumul Quran sering diberikan saat ujian mata pelajaran Agama Islam. Hal ini ditujukan untuk mengukur seberapa dalam siswa memahami Al Quran. Namun pertanyaan ini dapat juga diberikan kepada masyarakat umum untuk menguji pengetahuannya.

Umat Islam sudah sepantasnya mengetahui hal-hal seputar Al Quran yang menjadi pedoman hidupnya. Jika tidak memiliki pengetahuan tentang kitab sucinya, apa yang dapat dijadikan pegangan hidup? Untuk itu mempelajari Ulumul Quran merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Pengertian Tentang Ulumul Quran

Dalam QS Al Baqarah ayat 2, Allah berfirman,

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

“Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa” (QS Al Baqarah:2)

Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa Al Quran merupakan petunjuk bagi seluruh umat Islam. Sebagai kitab suci, Al Quran berisi berbagai pedoman dan hukum yang menjadi landasan hidup umat Islam. Untuk mempelajari Al Quran, terdapat sebuah cabang ilmu yang disebut Ulumul Quran.

Sebelum meningkat pada pembahasan seputar pertanyaan tentang Ulumul Quran, sebaiknya kita bahas tentang pengertiannya terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar tidak tersesat saat akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan seputar Al Quran.

Dari segi bahasa, kata ini berasal dari ulum yang memiliki arti kumpulan ilmu pengetahuan dan Quran. Dengan demikian Ulumul Quran dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang Al Quran.

Abu Syahbah dalam kitab Al-Madhkal li Dirasat Al Quran Al-Karim, menyebutkan bahwa Ulumul Quran adalah ilmu dimana objek pembahasan merupakan hal seputar Al Quran. Bahasan pokok dalam Ulumul Quran yaitu:

  • Proses turunnya Al Quran.
  • Bahasan terkait sanad atau rangkaian periwayat.
  • Kajian terkait penggunaan kata dalam Al Quran.
  • Kajian mengenai Qira’at atau cara membaca Al Quran.
  • Pembahasan mengenai makna kata dalam Al Quran.

Pertanyaan Tentang Ulumul Quran yang Sering Muncul di Masyarakat

Dalam mempelajari Al Quran, pastinya akan timbul berbagai pertanyaan. Untuk memberikan sedikit edukasi mengenai Ulumul Quran, berikut kami rangkum beberapa pertanyaan dan jawabannya seputar materi Ulumul Quran berikut ini.

1. Apa ayat terpanjang yang terdapat dalam Al Quran? Apa saja yang dibahas dalam ayat tersebut?

Jawabannya adalah QS Al Baqarah ayat 282 yang membahas tentang hubungan muamalah di antara sesama manusia terkait perkara keuangan dan hutang piutang.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ وَلْيُمْلِلِ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللّٰهَ رَبَّهٗ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْـًٔاۗ فَاِنْ كَانَ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيْهًا اَوْ ضَعِيْفًا اَوْ لَا يَسْتَطِيْعُ اَنْ يُّمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهٗ بِالْعَدْلِۗ وَاسْتَشْهِدُوْا شَهِيْدَيْنِ مِنْ رِّجَالِكُمْۚ فَاِنْ لَّمْ يَكُوْنَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَّامْرَاَتٰنِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَۤاءِ اَنْ تَضِلَّ اِحْدٰىهُمَا فَتُذَكِّرَ اِحْدٰىهُمَا الْاُخْرٰىۗ وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَۤاءُ اِذَا مَا دُعُوْا ۗ وَلَا تَسْـَٔمُوْٓا اَنْ تَكْتُبُوْهُ صَغِيْرًا اَوْ كَبِيْرًا اِلٰٓى اَجَلِهٖۗ ذٰلِكُمْ اَقْسَطُ عِنْدَ اللّٰهِ وَاَقْوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَاَدْنٰىٓ اَلَّا تَرْتَابُوْٓا اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيْرُوْنَهَا بَيْنَكُمْ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَلَّا تَكْتُبُوْهَاۗ وَاَشْهِدُوْٓا اِذَا تَبَايَعْتُمْ ۖ وَلَا يُضَاۤرَّ كَاتِبٌ وَّلَا شَهِيْدٌ ەۗ وَاِنْ تَفْعَلُوْا فَاِنَّهٗ فُسُوْقٌۢ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ وَيُعَلِّمُكُمُ اللّٰهُ ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskan. Dan hendaklah orang yang berutang itu mendiktekan, dan hendaklah dia bertakwa kepada Allah, Tuhannya, dan janganlah dia mengurangi sedikit pun daripadanya. Jika yang berutang itu orang yang kurang akalnya atau lemah (keadaannya), atau tidak mampu mendiktekan sendiri, maka hendaklah walinya mendiktekannya dengan benar. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi laki-laki di antara kamu. Jika tidak ada (saksi) dua orang laki-laki, maka (boleh) seorang laki-laki dan dua orang perempuan di antara orang-orang yang kamu sukai dari para saksi (yang ada), agar jika yang seorang lupa, maka yang seorang lagi mengingatkannya. Dan janganlah saksi-saksi itu menolak apabila dipanggil. Dan janganlah kamu bosan menuliskannya, untuk batas waktunya baik (utang itu) kecil maupun besar. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah, lebih dapat menguatkan kesaksian, dan lebih mendekatkan kamu kepada ketidakraguan, kecuali jika hal itu merupakan perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu jika kamu tidak menuliskannya. Dan ambillah saksi apabila kamu berjual beli, dan janganlah penulis dipersulit dan begitu juga saksi. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sungguh, hal itu suatu kefasikan pada kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”(QS. Al Baqarah:282)

2. Apakah ayat Al Quran yang pertama kali turun?

Jawabannya adalah Al Alaq ayat 1 -5.

3. Apakah ayat Al Quran yang terakhir diturunkan?

Jawabannya adalah QS Al Maidah ayat 3.

4. Apakah nama surah yang memiliki dua Basmallah?

Jawabannya adalah QS. Al-Naml.

Pertanyaan tentang Ulumul Quran

5. Surah apa saja yang disbeut sebagai dua surah penjagaan atau Al-Mu’awidzatain?

Jawabannya yaitu QS. Al Falaq dan QS. An-Naas.

6. Berapa jumlah surah dalam Al Quran?

Jawabannya yaitu 114 surah.

7. Ada berapa juz dalam Al Quran?

Jawabannya ada 30 juz.

8. Berapa jumlah keseluruhan ayat dalam Al Quran?

Jawabannya ada 6236 ayat.

Sobat Cahaya Islam, mempelajari Al Quran merupakan ibadah yang sangat besar pahala dan manfaatnya. Pelajari pertanyaan tentang Ulumul Quran yang bisa didapatkan dari berbagai sumber agar pengetahuan tentang Al Quran terus meningkat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY