Perkawinan Anak Dalam Pandangan Islam!

0
40
Perkawinan Anak Banyak Terjadi 3

Perkawinan anak – Di jaman sekarang ini, pernikahan anak semakin banyak saja terjadi. Bahkan yang mengejutkan adalah pernikahan yang terjadi kepada remaja dibawah umur. Pernikahan atau perkawinan adalah sesuatu yang sangat sakral. Bukan hanya persoalan dua manusia yang memutuskan hidup bersama. Namun ada banyak permasalahan hidup yang juga akan dihadapi. Baik persoalan ekonomi, keluarga hingga perihal anak nantinya. Sehingga untuk menjalani pernikahan diperlukan kesiapan mental yang matang.

Perkawinan Anak Banyak Terjadi

Ada banyak alasan kenapa seseorang memutuskan menikah. Bukan hanya karena saling mencintai saja, namun salah satunya juga untuk menghindari perbuatan zina. Ini juga yang menjadi dasar pernikahan anak banyak terjadi. Dalam islam sendiri, menikah adalah prosesi yang bukan hanya melibatkan kedua mempelai dan keluarga. Namun juga melibatkan Allah SWT. Dan menikah dengan alasan untuk menghindari perzinahan tidak ada larangannya dalam islam. Lalu bagaimana pernikahan anak jika dalam pandangan islam?

Perkawinan Anak Banyak Terjadi, Begini Hukumnya Dalam Pandangan Islam

Perkawinan Anak Banyak Terjadi 3

Perkawinan anak menjadi fenomena yang cukup banyak terjadi di kalangan masyarakat saat ini. Jika dalam hukum negara yang berlaku, pernikahan sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga ada batasan umur yang mana sudah diperbolehkan untuk menikah dan yang belum diperbolehkan. Sayangnya, masih banyak juga pernikahan dibawah umur yang terjadi. Dan ini menjadi perhatian khusus.

Jika dikaji dalam pandangan hukum islam, tidak ada larangan yang menyatakan pernikahan anak itu diharamkan atau tidak diperbolehkan.

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Namun dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menikah bagi mereka yang layak untuk menikah. Sebagian ulama berpendapat bahwa layak yang dimaksud adalah kemampuan biologisnya. Itu berarti bagi orang yang sudah memiliki kesiapan untuk menghasilkan keturunan, sehingga bisa melangsungkan pernikahan.

Sementara itu, usia untuk kelayakan pernikahan sudah diatur dalam undang-undang. Meskipun islam tidak menegaskan tentang larangan untuk pernikahan anak atau pernikahan dini. Namun untuk menikah juga harus memperhatikan apa yang perlu dipersiapkan. Agar pernikahan bisa berjalan dengan baik, begitu juga dalam menjalankan kehidupan berumah tangga. Apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan menikah?

Perkawinan Anak Banyak Terjadi 2

Kesiapan Mental

Kesiapan mental adalah salah satu hal yang penting untuk kemudian memutuskan menikah. Setelah menikah, kita akan menghadapi apa yang namanya kehidupan sebenarnya ya sobat CahayaIslam. Sehingga permasalahan hidup yang kita temui juga akan semakin kompleks. Itu sebabnya, dibutuhkan kesiapan mental untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup dalam pernikahan.

Kesiapan Finansial

Meskipun dalam islam sendiri telah ditegaskan bahwasanya rezeki telah dijamin oleh Allah SWT, namun sebagai manusia juga tetap wajib berusaha. Jangan sampai menikah tanpa kesiapan finansial. Ini juga perlu diperhatikan ya sobat CahayaIslam, karena bagi kaum laki-laki akan memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah keluarga.

Perkawinan anak – merupakan fenomena yang sudah banyak terjadi. Sebagai seorang muslim yang juga hidup dalam sebuah negara. Maka kita juga perlu memperhatikan hukum yang berlaku. Dan lagi, untuk menikah pastikan telah memiliki banyak kesiapan ya sobat CahayaIslam. Termasuk juga iman dan ilmu agama yang diperlukan dalam membangun pernikahan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nur Ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY