Peringatan Hari Ibu 22 Desember, Ini Cara Memperingatinya Dalam Islam

0
212
peringatan hari ibu

Peringatan Hari Ibu – Semua masyarakat di Indonesia tengah memperingati peringatan hari ibu pada tanggal 22 Desember 2022 kemarin. Adapun hal ini adalah bentuk apresiasi terhadap jasa ibu yang sudah bersusah payah melahirkan sampai membesarkan anak-anaknya.

Di momen hari ibu seperti ini, biasanya anak akan memberikan hadiah yang istimewa untuk sang ibu bukan itu saja, mereka juga bisa membuat kata Mutiara yang begitu indah.

Semua hal tersebut biasa orang lakukan demi mengekspresikan rasa sayang kepada sosok sang ibu. Selain itu, biasanya banyak orang yang menuliskan kata-kata indah lalu mempostingnya di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Tak hanya di Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga merayakan peringatan hari ibu di setiap tahunnya. Adapun negara tersebut antara lain Irlandia, Meksiko, Inggris dan Jepang yang merayakannya di setiap tahun.

Hari ibu sendiri bisa Anda rayakan atas inisiatif masing-masing. Lalu bagaimana cara untuk merayakan hari ibu di dalam islam? Sobat Cahaya Islam bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Merayakan Peringatan Hari Ibu di Dalam Islam

Para ulama memperbolehkan umat islam untuk ikut dalam peringatan hari ibu. Sebab, ini pada dasarnya bukanlah termasuk perkara tasyabbuh atau usaha untuk meniru seseorang yang dikagumi.

Islam sendiri begitu memuliakan sosok seorang ibu. Hal ini tertuang dalam QS Al Isra ayat 23 yaitu:

 وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya: “Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al-Isra’: 23).

Bukan hanya itu, ada juga ayat lain yang memerintahkan anak untuk menghormati orang tua terutama ibu. Ayat tersebut yaitu QS Luqman ayat 14 sampai 15 yang menyebut:

 (14) وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (15)

Artinya: “14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Kendati demikian, perayaan hari ibu bukan sebuah hari raya bagi agama tertentu. Karena itulah tak ada kegiatan khusus yang islam anjurkan dalam perayaan tersebut.

Tata cara untuk memperingatinya pun kembali kepada diri orang masing-masing. Walaupun begitu, sebaiknya Sobat Cahaya Islam mengisi perayaan hari ibu dengan sebuah kebaikan yang bersifat humanis dan universal.

Cara Merayakan Hari Ibu Ala Sobat Cahaya Islam

Sebagai seorang muslim, Sobat Cahaya Islam tak boleh merayakannya dengan perilaku tertentu yang sangat bertentangan dengan ajaran islam. Karena itulah, Anda bisa merayakan hari ibu dengan cara-cara di bawah ini:

1.       Mengajak Makan Bersama

Pertama, Anda bisa mengajak ibu untuk makan bersama di sebuah restoran. Ajaklah ibu ke rumah makan yang ia sukai.

Tak perlu mahal, selama Anda ikhlas membahagiakan ibu maka ia akan merasa sangat senang.

2.       Membantunya Menyelesaikan Pekerjaan di Rumah

Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk mengajak ibu ke tempat makan, maka masih bisa merayakan hari ibu dengan cara lain. Adapun caranya yaitu membantunya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah.

peringatan hari ibu

Pekerjaan seorang ibu rumah tangga sangatlah banyak dan seolah tidak ada habisnya. Oleh sebab itu, Anda bisa membantunya dan membuatnya terasa ringan saat mengerjakan pekerjaan tersebut.

3.       Memberikan Hadiah

Tak ada salahnya Anda memberikan hadiah kepada ibu di perayaan Hari Ibu. Berikan hadiah yang sangat berguna dan berarti di mata ibu Anda.

peringatan hari ibu

Itulah informasi menarik tentang peringatan hari ibu dan perayaannya di dalam islam yang bisa Anda teladani.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY