Hati Merasa Gelisah, Coba Lakukan Amalan Penenang Hati Berikut

0
77
Amalan Penenang Hati

Amalan Penenang Hati – Setiap manusia seringkali menerima ujian dan cobaan dari Allah subhanahu wa ta’ala.  Ujian dan masalah yang datang juga bisa menyebabkan hati menjadi tidak tenang. Namun Sobat cahaya Islam tidak perlu merasa bingung. Ada banyak amalan untuk memenangkan hati yang bisa dilakukan.

5 Amalan Penenang Hati

Ketika pikiran sedang stres karena begitu banyak masalah atau pekerjaan, seorang muslim hendaknya semakin mendekatkan diri kepada Allah. Namun memang ketika hati dan pikiran sedang merasakan kecemasan, harus ada kemauan dari dalam diri untuk menghentikannya. Allah telah menunjukkan banyak cara bagi seorang muslim ketika hati sedang cemas. Berikut ini adalah 5 amalan sederhana yang bisa menjadi penenang hati:

1. Bersabar

Amalan penenang hati pertama adalah bersabar. Amalan yang satu ini memang menjadi sesuatu yang terkadang terasa berat. Namun bagi orang-orang yang beriman, sabar adalah senjata untuk bisa keluar dari masalah.

Amalan Penenang Hati

Justru Ketika seseorang mengalami kecemasan dan masalah yang rumit, apabila menyelesaikannya tanpa kesabaran dikhawatirkan justru memberikan akhir yang tidak sesuai harapan. Sedangkan orang yang bersabar dan mampu menahan diri, Allah akan bantu untuk menyelesaikannya dengan cara  terbaik.

Sobat cahaya Islam harus meyakini bahwa sabar adalah cara yang paling tepat dilakukan ketika seseorang mengalami masalah. Seperti dalam firman Allah berikut ini:

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153).

Ketika Sobat cahaya Islam dalam masalah, adukan semuanya kepada Allah dan mintalah pertolongan kepadaNya. Usahakan untuk menahan diri dari perbuatan yang tidak baik. Amarah dan kecemasan yang berlebih adalah godaan setan untuk menjerumuskan manusia. Ketika seorang mukmin mampu bersabar, Allah akan membantu setiap masalah dan mengganti dengan hal yang lebih baik.

2. Membaca Alquran

Al-Qur’an merupakan obat dari segala penyakit, termasuk kecemasan. Ketika pikiran terasa runyam dan hati begitu gundah, Sobat cahaya Islam sebaiknya membaca Alquran dan mendengarkan ayat-ayat suci Alquran.

Ketika membaca Al-Qur’an, cobalah untuk meresapi setiap bacaan dan juga memahami artinya. Dengan membaca Alquran secara khusyuk, pikiran akan menjadi lebih tenang. Hati yang tadinya gundah juga akan terasa lebih nyaman. Tidak ada alasan untuk tidak membaca Alquran. Kitab suci ini nantinya yang akan menjadi teman kita di alam kubur dan di akhirat.

Di zaman yang serba modern, Anda tidak harus membawa mushaf Alquran ke manapun karena bisa menginstal aplikasi di smartphone. Meskipun demikian, membaca Al-Qur’an sebaiknya dalam keadaan suci dan mengikuti adab serta ketentuan yang telah diatur dalam Islam.

3.  Salat Tahajud

Amalan penenang hati berikutnya adalah salat tahajud. Ketika memiliki masalah yang sangat berat, jangan ragu untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam terakhir. Di waktu tersebut, seorang muslim berada sangat dekat dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Amalan Penenang Hati

Sobat cahaya Islam bisa mengadukan semua masalah yang sedang dihadapi. Allah akan mendengarkan doa setiap hamba yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh.

Salat tahajud adalah salat orang-orang yang dicintai Allah. Ketika seorang hamba senang menjalani salat tahajud maka Allah akan semakin menyayanginya.

Meminta dan memohon kepada Allah ketika salat tahajud, diibaratkan seperti anak panah yang mengenai sasaran. Sobat cahaya Islam harus yakin bahwa Allah akan mengabulkan permintaan seorang hamba yang dilakukan secara penuh keyakinan.

4. Banyak Istigfar

Amalan penenang hati berikutnya adalah banyak memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan meminta ampunan kepada Allah, hati juga akan terasa lebih tenang. Allah subhanahu wa ta’ala sangat menyukai hambanya yang memohon ampunan dan berserah diri.

Selain banyak beristighfar, Sobat Islam juga bisa memperbanyak sholawat. Ada banyak jenis shalawat yang bisa dipanjatkan. Sholawat memiliki banyak manfaat seperti membuka rezeki, menjadi penenang hati, mendatangkan ampunan Allah dan lain sebagainya.

Sobat cahaya Islam juga bisa memperbanyak bacaan dzikir seperti “Hasbunallah wa ni’mal wakiil”, dan  “la haula wala quwwata illa billah”.

Allah telah berfirman:

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar-Rad: 28).

Beberapa amalan penenang hati yang bisa dilakukan.Semoga dengan amalan ini hati menjadi lebih tenang dan semakin dekat dengan Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY