Kenali Penyebab Mengigau dan Pandangannya dalam Islam

0
52
Penyebab Mengigau

Penyebab Mengigau – Sejak dulu kala, sebagian besar manusia ingin mengetahui bagaimana dan apa penyebab mengigau yang terjadi dalam dirinya. Aktivitas tersebut memang tidak terjadi setiap hari, hanya di beberapa momen tertentu salah satunya yakni pada saat tidur atau bahkan pada saat kehilangan kesadaran diri.

Sobat cahaya islam, penyebab mengigau tentu ada banyak faktor mulai dari faktor internal maupun eksternal. Bagi sebagian orang, mengingau merupakan hal yang mengkhawatirkan sebab bisa saja terpengaruh oleh kondisi tubuh yang tidak sehat.

Apa Penyebab Mengigau dalam Diri Manusia?

Mengigau merupakan suatu aktivitas yang terjadi pada manusia dalam bentuk gangguan tidur yang mana biasanya ditandai dengan aktivitas berbicara, ngelantur, menggumam maupun mengoceh di luar alam bawah sadar.

Kondisi ini wajar terjadi sebenarnya pada saat tidur. Hanya saja, kewajaran tersebut berubah menjadi kekhawatiran lantaran sering terjadi.

Biasanya hal tersebut terjadi karena terdapat masalah pada fungsi jaringan otak. Dalam bahasa ilmiahnya sering disebut sebagai REM (Rapid Eye Movement) yang mana berkaitan dengan sleep behaviour disorder.

Bagaimana Islam Memandang Aktivitas Mengigau?

Tidak ada pernyataan yang jelas terkait aktivitas mengigau. Namun, bisa saja aktivitas mengigau yang terlalu sering lantaran memang diri tengah jauh daripada Allah. Sehingga terkadang malah mendapat gangguan dari jin.

Penyebab Mengigau

Gangguan tersebut tentu tidak kentara dan bersifat eksplisit. Bisa saja seperti gangguan mimpi buruk terus menerus, maupun kode mimpi lainnya. Hanya saja, sebagai umat muslim yang taat, tidak semua igauan manusia harus dikaitkan dengan gangguan jin.

Justru, tidak boleh manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang sempurna takut dengan hal tersebut. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat At Tin ayat 4 yakni:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ

Artinya : Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Boleh jadi memang manusia tersebut sedang sakit sehingga tidak terpuaskan selama tidurnya. Atau bahkan karena banyak pikiran, sehingga terkadang sampai berbicara ngelantur. Dalam Islam sendiri, kondisi demikian harus dipandang sebagai kondisi bahwa manusia akan senantiasa mendapat ujian dari Allah ta’ala.

Sehingga alih – alih fokus mentafsirkan gangguan jin atau bukan, maka bisa lebih berfokus pada perbaikan diri untuk menunjukkan performa sebagai muslim terbaik.

Tips Agar Tidak Sering Mengingau

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar tak sering mengigau, diantaranya yakni sebagai berikut :

1.       Menghindari Stress

Pastikan, bahwa diri anda terhindar dari stress baik karena pekerjaan, maupun tugas di keluarga yang belum terselesaikan. Sebisa mungkin memberi apresiasi diri meski sederhana agar senantiasa merasa bersyukur.

2.      Memperbaiki Pola Tidur

Penyebab Mengigau

Selain itu, salah satu penyebab mengigau yakni lantaran ketidakmampuan untuk tidur. Maka dari itu, atur dari pola tidur dan konsisten untuk melakukannya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Qashash ayat 73 yakni :

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur“.

3.      Berkonsultasi Ke Dokter

Ajukan pertemuan dengan dokter bila dirasai perlu, agar tidak hanya sekedar berasumsi. Anda juga bisa sekalian memahami apa sakit yang dipahami. Sehingga akan ada resep obat yang perlu dirutinkan utntuk diminum.

Nah sobat cahaya Islam, demikianlan ulasan yang berkaitan dengan penyebab mengigau dan bagaimana pandangannya menurut Islam. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat dijadikan rekomendasi bacaan yang menarik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY