Ketahui 4 Jenis Penyakit Hati dalam Islam

0
77
Penyakit Hati Dalam Islam

Penyakit Hati Dalam Islam – Sejumlah penyakit hati tidak hanya mendatangkan mudharat bagi orang lain, tapi juga diri sendiri. Sisi baik perlahan-lahan terkikis dan tergantikan sejumlah penyakit hati yang menyesatkan. Untuk itu, Sobat Cahaya Islam perlu mengetahui penyakit hati dalam Islam.

Dengan mengetahui penyakit-penyakit hati, semoga kita bisa menghindari perbuatan tercela tersebut. Tidak hanya mengikis sisi baik, penyakit hati juga menjadikan hati kita lebih keras sehingga sulit mendapatkan hidayah dari Allah.

Melalui artikel kali ini, kita akan membahas beberapa penyakit hati dalam Islam yang perlu Sobat waspadai.

Penyakit Hati dalam Islam

Penyakit hati adalah perbuatan buruk atau tercela yang merugikan orang lain dan diri sendiri. Atau bisa diartikan juga sebagai kerusakan pandangan dan keinginan seseorang, mengenai kebenaran yang ada di depan mata.

Keadaan ini sangat buruk apabila terjadi pada diri kita. Untuk itu, Sobat perlu menyimak jenis-jenis penyakit hati dalam Islam di bawah ini.

1.       Riya

Riya merupakan sikap berpura-pura, munafik, menunjukkan suatu perbuatan demi mengharap pujian dari oranglain. Penyakit Riya juga bisa disebut sebagai penipuan terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

“Dan (juga) orang-orang yang menginfakkan hartanya karena ria dan kepada orang lain (ingin dilihat dan dipuji), dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa menjadikan setan sebagai temannya, maka (ketahuilah) dia (setan itu) adalah teman yang sangat jahat.” (Q.S. An-Nisa’: 38)

Perbuatan Riya juga ada yang samar dan jelas terlihat. Riya yang jelas terlihat, orang-orang yang melakukan suatu hal karena ada dorongan berupa pujian untuk melakukannya.

Sedangkan perbuatan Riya yang samar, orang yang melaksanakan sholat tahajjud mengharap ridho dari Allah tapi merasa hatinya berat. Kemudian saat ada tamu, ia melakukan sholat Sunnah tersebut dengan hati yang lebih ringan.

2.       Ujub

Penyakit hati yang kedua adalah ujub atau berbangga hati. Kebanyakan orang jarang menyadari sikap ini. Mereka bersedekah, merasa mendapat pahala dan jauh dari api neraka Allah tapi memamerkannya pada orang lain.

Biasanya orang dengan sikap ini, enggan mendengarkan nasihat dan pendapat dari orang lain.Sikap ini juga bisa menuntun kepada sikap sombong dan membawa pada kehancuran yang nyata.

3.       Sombong

Penyakit Hati Dalam Islam

Orang dengan penyakit hati sombong, sangat buruk prilakunya. Ia tidak mau menerima kebenaran, tidak mau mendengarkan orang lain, egois, dan memandang rendah orang lain.

Manusia tidak pantas bersikap seperti ini, Allah sangat membenci manusia-manusia yang sombong. Sesuai dalam firman-nya;

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. Luqman: 18)

Manusia yang sombong biasnya karea memiliki ilmu yang tinggi, pangkat tinggi, dan merasa mampu dibandingkan yang lain.

 Prilaku ini pun bisa dilihat dari perkataan yang terlontar, tatapan sinis, atau senyuman meremahkan.

4.       Iri hati

Penyakit Hati Dalam Islam

Penyakit iri hati, muncul karena diri tidak mampu meraih sesuatu. Atau bisa juga diakibatkan karna rasa ingin memiliki yang berlebihan. Allah melarang perbuatan ini.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan.” (QS. An-Nisa: 32)

Sikap ini memang jarang diperlihatkan secara langsung, tapi Sobat bisa mengetahuinya melalui bagaimana orang iri hati bersikap.

Biasanya ia akan marah, memaki-maki tidak jelas, dan membeberkan perbuatan buruk kita kepada orang lain. Dengan harapan orang lain juga ikut membenci dan menjauhi diri kita. Hal terparah dari iri hati bisa menghadirkan kebencian serta menimbulkan dendam yang berlebihan.

Itulah beberapa jenis penyakit hati dalam islam. Semoga kita terhindar dari penyakit hati yang bisa merusak diri. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY