Pentingnya Teladan Orangtua dalam Mewujudkan Kehidupan Samawa

0
299
pentingnya teladan orangtua

Pentingnya teladan orangtua – Dalam kelas parenting, ada beberapa pembahasan yang selalu menjadi bahan dasar yakni pemaparan terkait pentingnya teladan orangtua dalam keluarga. sebab kehadiran mereka merupakan kunci untuk mewujudkan cita – cita mulia yakni, terlahirnya keluarga SAMAWA.

Sobat Cahaya Islam, pentingnya teladan orangtua bagi anak – anak tentu bukan isapan jempol belaka. Banyak fenomena keluarga mengalami kehancuran lantaran tidak adanya pembelajaran yangg baik dari para orangtua.

Manfaat Memahami Pentingnya Teladan Orangtua

Dalam berbagai literatur sejarah, adanya ilmu terkait pentingnya teladan orangtua sangat relevan dengan peningkatan kebahagiaan dalam keluarga.

Di dalam Islam, kehadiran orangtua memberikan peranan besar dalam mewujudkan karakter kebaikan dan melahirkan output anak sholih serta taat. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala terkait peran manusia yang mulia dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Perlu dipahami, menjadi orangtua tentu tidak saja hanya perkara fisik saja namun pemahaman Islam yang benar. Mulai banyak bermunculan fenomena para orangtua yang tidak menjadi figur sebenarnya.

Malah yang terlihat mereka hanya sebagai figuran belaka saja, sebab para orangtua ini hanya beralih dari single menjadi ada pasangan.

Adapun secara realita, kendati mayoritas masyarakat bangsa Indonesia adalah Islam, namun masih banyak yang belum memahami peran sejati sebagai orangtua.

Maka dari itu, banyak bermunculan kelas parenting yang membahas terkait persiapan menjadi orangtua. Manfaatnya sendiri yakni agar para orangtua memiliki kesiapan fisik dan mental untuk mendidik dan membangun generasi yang lebih baik di masa depan untuk menyongsong masa depan.

Lantas, bagaimana tips mewujudkan anak yang demikian?

Tips Mewujudkan Keteladanan Para Orangtua

Untuk mewujudkan keteladanan dalam diri, tentu ada beberapa aktivitas yang diusahakan oleh para orangtua. Salah satunya yakni sebagai berikut :

1.    Belajar Mendalami Islam

Mendalami Islam adalah satu – satunya kunci untuk dapat mewujudkan keteladanan dalam diri. Teladan adalah hasil dari perilaku alias aktivitas yang dilakukan secara kontinu.

Oleh karena itu, agar keteladanan bisa terwujud, maka alangkah baiknya bila para orangtua bisa belajar dengan para asatidz melalui komunitas resmi maupun berkunjung serta belajar di pondok.

pentingnya teladan orangtua

Memang sebaiknya, para orangtua tidak perlu belajar sendiri untuk menjadi sosok teladan yang baik. Karena umat muslim memiliki role model utama yang dapat dicontoh yakni Rasulullah SAW.

Beliau adalah sosok panutan yang bisa ditiru baik sebagai ayah maupun pemimpin yang baik dan bijaksana.

Kesungguhan para orangtua dalam belajar sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat At Tahrim ayat 6 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

2.    Memberikan Perilaku yang Baik kepada Anak – Anaknya

Hal selanjutnya yakni dengan memberikan perilaku – perilaku yang baik secara tulus. Kebaikan yang orangtua contohkan pada anak – anak dapat menjadi reminder bagi mereka di masa depan untuk menjadi sosok yang sama sesuai dengan teladannya.

pentingnya teladan orangtua

Selain itu, kesungguhan para orangtua dalam mengajarkan syariat tentu tidak boleh semata – mata karena kebiasaan saja, namun sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan pentingnya teladan orangtua dalam kehidupan.

Tentu hal ini perlu kolaborasi dari para orangtua yakni ibu dan ayah pun juga orang- orang yang berada di lingkungan sekitar. Semoga ulasan ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY