Mengoptimalkan Pembelajaran di Rumah untuk Wujudkan Intelektualitas Remaja yang Ideal

0
181
mengoptimalkan pembelajaran di rumah

Mengoptimalkan pembelajaran di rumah – Dimanapun umat berada, aktivitas mengoptimalkan pembelajaran di rumah adalah sebuah kewajiban yang perlu dilaksanakan oleh para remaja. Hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat terintegrasi dengan kehidupan.

Sobat Cahaya Islam, aktivitas mengoptimalkan pembelajaran di rumah tentu tidak mudah dilakukan. Sebab terkadang seringkali aktivitas tersebut terganggu lantaran ada banyak faktor, misalnya remaja malah sering kecanduan bermain bersama teman dibanding belajar.

Mengapa Remaja Perlu Mengoptimalkan Pembelajaran di Rumah?

Salah satu tujuan mengoptimalkan pembelajaran di rumah yakni agar remaja dapat mengamalkan ilmu yang didapatkan.

Sebab dalam Islam, tujuan seseorang memiliki keilmuan agar ia dapat memberikan kebermanfaatan bagi khalayak utamanya untuk perjuangan Islam. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

Dalam surat tersebut, umat muslim diminta untuk memahami tujuan penciptaan. Dengan mengetahui tujuan tersebut, maka idealnya umat tidak boleh terlena dan malah berlenggak lenggok di dunia tanpa menjalankan amanat utama.

Keilmuan yang ada dalam diri nantinya akan tercermin dalam perilaku umat. Sebagian fenomena banyak mengabarkan terkait rusaknya adab dan moral generasi tiap tahunnya. Sehingga terkadang membuat sebagian insan lain berfikir, mengarah kemana pembelajaran yang selama ini dilakukan?

Bukankah semakin lama jenjang belajar, malah semakin baik perilaku yang tercermin? Pun juga malah semakin baik pemahamannya dalam Islam? Namun yang terjadi, mulai banyak remaja terang – terangan menunjukkan penantangannya pada syariat Islam.

Bahkan tak tanggung – tanggung, keterpisahan antar laki – laki dan perempuan mulai jarang terlihat. Yang ada, malah para remaja mengakui adanya hubungan bersama teman laki – laki maupun sebaliknya. Naudzubillah.

Tentu ini bukanlah tujuan pembelajaran yang diintegrasikan dari lembaga formal menuju rumah. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diupayakan agar pembelajaran di rumah berjalan dengan baik.

Pun juga meningkatkan intensitas remaja untuk bersikap taat pada Allah Ta’ala. Ketaatan tersebut sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Cara Mengoptimalkan Pembelajaran di Rumah Bersama Orangtua

Dalam memberikan pembelajaran, tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya yakni sebagai berikut :

1.    Memberikan Keteladan yang Baik

Hal pertama tentu terkait keteladanan. Sosok teladan harus terlebih dahulu digambarkan oleh para orang tua.

Jika ingin mengopimalkan pembelajaran, maka sejatinya tidak hanya terkit mengerjakan tugas saja. Belajar menanam sayur maupun membersihkan rumah, juga bagian dari pembelajaran.

mengoptimalkan pembelajaran di rumah

Keilmuan yang seseorang memiliki akan menjadikan mereka mendapat peningkatan derajat di hadapan Allah Ta’ala. Hal ini sebagaimana firmanNya dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Mengatur Jadwal Belajar

Hal selanjutnya yakni dengan mengajarkan remaja untuk dapat mengatur jadwal belajarnya. Sehingga ketika jadwal tersebut sudah dipenuhi, maka mereka bisa bermain sejenak atau merasakan quality time.

Pastikan bahwa mereka tidak terlalu banyak belajar sebab juga akan memberikan efek stress dalam diri. Selain itu, para orangtua juga perlu memahami untuk tidak menekan anak – anak mereka dalam prestasi akademik saja.

mengoptimalkan pembelajaran di rumah

Namun juga perlu menyeimbangkan diri dengan akhirat sebagaimana firman Allah Ta’ala terkait peran manusia dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara mengoptimalkan pembelajaran di rumah. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY