Bentuk Tidak Menjaga Lisan Menurut Islam

0
255
Bentuk Tidak Menjaga Lisan 2

Bentuk tidak menjaga lisan – Tahukah sobat CahayaIslam bahwasanya mulut adalah anggota tubuh yang paling rawan menimbulkan dosa. Hal ini dikarenakan ucapan atau lisan sangatlah berbahaya. Jika kita tidak pandai dalam menjaga lisan maka ini dapat menyakiti orang lain dan akhirnya kita harus menanggung dosa dari lisan yang tidak terjaga.

Dalam ajaran islam, Allah selalu menganjurkan kaum muslimin untuk menjaga lisannya dengan baik. Itulah kenapa Allah menyukai perkataan yang baik sehingga tidak menyebabkan sakit hati orang lain. Berbuat dosa dengan lisan adalah tindakan yang sangat mudah, itu sebabnya banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya berbuat dosa akibat lisannya sendiri.

Bentuk Tidak Menjaga Lisan Menurut Islam, Ini Diantaranya!

Bentuk Tidak Menjaga Lisan 1

Bentuk tidak menjaga lisan sangatlah beragam. Banyak ucapan atau perkataan yang seringkali keluar dari mulut kita dengan mudah, yang tanpa disadari ternyata menjadi sebab dosa besar yang kita lakukan. Itulah kenapa islam sangat memperingatkan kaum muslimin perkara lisan ini dikarenakan lebih mudah berucap tanpa berpikir terlebih dahulu.

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.

Ayat ini menegaskan bahwasanya segala bentuk ucapan akan dicatat oleh malaikat. Sehingga barangsiapa tidak menjaga lisannya tentu saja juga akan dicatat sebagai perbuatan dosa. Maka dari itu, penting untuk menjaga lisan karena dosa yang paling besar namun seringkali tidak kita sadari biasanya akibat ucapan atau perkataan yang tidak dijaga.

Berikut ini beberapa bentuk tidak menjaga lisan menurut islam!

Mencela Orang Lain

Mencela orang lain adalah salah satu bentuk tidak menjaga lisan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali mencela hal kecil yang dilakukan orang lain. Namun, tanpa disadari ini seringkali menyebabkan orang lain tersinggung atau bahkan sakit hati. Tentu saja ini sama saja dengan tidak menjaga lisan.

Bercanda Dengan Fisik Orang Lain

Salah satu bentuk tidak menjaga lisan adalah bercanda dengan membawa fisik orang lain. Banyak fenomena di sekitar kita yang terjadi dimana seseorang menjadikan fisik orang lain sebagai bahan bercandaan. Meskipun segelintir orang tidak masalah dengan hal ini, namun kita tidak pernah tahu bahwa tindakan ini juga bisa menyebabkan dosa besar karena orang lain merasa sakit hati lho sobat CahayaIslam.

Bentuk tidak menjaga lisan – dapat tercermin dalam beberapa tindakan diatas. Dalam islam sendiri, kita dianjurkan untuk menjaga lisan. Artinya kita harus berpikir terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengucapkan suatu perkataan. Ini agar orang lain tidak kecewa apalagi sakit hati karena ucapan kita, yang kemudian menjerumuskan diri kita pada perbuatan dosa.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Qaf Ayat 16-18

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY