4 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Ibadah Penting Bagi Umat Islam

0
175
4 keistimewaan bulan ramadhan

4 keistimewaan bulan ramadhan – Sudah bukan rahasia umum lagi bulan ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi kaum muslimin. Tak heran sampai ada 4 keistimewaan bulan ramadhan yang perlu umat islam ketahui. Dengan begitu, muslimin bisa menjalankan ibadahnya sebaik mungkin.

Bulan ramadan adalah saat umat islam di seluruh dunia menjalankan ibadah wajib. Adapun ibadah tersebut berupa puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, banyak pahala yang bisa umat islam dapatkan di momen ramadan.

Mengetahui 4 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sobat Cahaya Islam, banyak orang menyebut bulan ramadan penuh dengan kemuliaan dan pahala besar. Sebab tak hanya puasa, ada ibadah lain yang juga bernilai pahala luar biasa. Ibadah tersebut adalah salat tarawih berjamaah saat malam hari.

Selain itu, pintu ampunan dan taubat terbuka seluas-luasnya bagi siapapun. Oleh sebab itu, bulan ramadan menjadi saat yang paling tepat jika Sobat ingin bertaubat dan kembali kepada Allah SWT.

Karena harus menyantap sahur, Sobat juga lebih mudah terbangun di sepertiga malam dan mendirikan salat tahajud dengan segudang pahala. Ternyata masih banyak lagi keutamaan dan keistimewaan dari bulan ramadhan.

Berikut ini ada 4 keistimewaan bulan ramadhan yang bisa Sobat jadikan pacuan semangat untuk menambah ibadah:

1.      Saat Doa Lebih Mustajab

Sobat, keistimewaan bulan ramadan yang pertama adalah doa lebih mustajab. Apalagi doa orang yang puasa, musafir, dan teraniaya, maka lebih dikabulkan. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam sabda Rasulullah SAW,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”. (HR. At Tirmidzi no. 3598. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Untuk itu, Sobat perlu memperbanyak doa apapun saat menjalankan ibadah di bulan ramadan. Percayalah Allah SWT akan mendengar semua doa tersebut dan mengabulkan atas izin-Nya.

2.      Jin dan Setan Dibelenggu

Saat bulan ramadan, setan dan jin dalam kondisi dibelenggu. Selain itu, pintu surga akan dibuka, sedangkan pintu neraka tertutup. Ini sebagaimana sebuah hadist,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Menurut beberapa riwayat, maksud dari terbukanya pintu surga adalah Allah memudahkan bermacam ketaatan kepada hamba-Nya selama bulan ramadan. Sedangkan maksud dari tertutupnya pintu neraka yaitu, seseorang lebih mudah menjauhi maksiat saat ramadhan.

3.      Lailatul Qadar

Hal berikutnya yang termasuk dalam 4 keistimewaan bulan ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Adapun Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam ini adalah saat turunnya Al Quran, tepatnya 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

4 keistimewaan bulan ramadhan

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman, 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Oleh sebab itu, banyak kaum muslimin yang berlomba-lomba mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar. Sobat juga bisa ikut berlomba-lomba, dengan memperbanyak ibadah sunnah saat 10 hari terakhir ramadan.

4.      Menghapus Dosa yang Sudah Berlalu

Keistimewaan terakhir dari bulan Ramadhan adalah, terhapusnya dosa yang sudah berlalu. Ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860).

Maksud dari berpuasa atas dasar iman yakni puasa karena meyakini tentang kewajiban puasa. Sedangkan maksud ihtisab adalah mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, ternyata 4 keistimewaan bulan ramadhan sangat penting bagi kehidupan Sobat di dunia dan akhirat kelak. Oleh karenanya, manfaatkan bulan ramadhan untuk memperbanyak ibadah dalam bentuk apapun. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY