Pelajaran Dari Datangnya Malaikat Jibril Pada Rasulullah

0
710

Malaikat merupakan utusan Allah SWT yang paling mulai. Pada zaman nabi Muhammad SAW, malaikat jibril sudah beberapa kali menemui Beliau dan juga disaksikan oleh para sahabat. Belum begitu banyak kajian islam tentang Pelajaran Dari Datangnya Malaikat Jibril Pada Rasulullah. Ternyata di dalam pertemuan tersebut, memiliki pelajaran atau faedah yang banyak sekali.

Pelajaran Dari Datangnya Malaikat Jibril Pada Rasulullah

Seperti yang diriwayatkan oleh imam muslim, yang merupakan sahabat dari Umar bin Khathab Radiyallahu’anhu, mengisahkan “ ketika kami tengah berada di majelis bersama Rasulullah pada suatu hari tiba-tiba muncul dihadapan kami seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih, berambut sangat hitam, tidak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan jauh dan tidak seorang pun diantara kami yang mengenalnya. Lalu ia duduk di hadapan Rasulullah dan menyandarkan lututnya pada lutut Rasulullah dan meletakkan tangannya di atas pahanya sendiri (HR. Muslim). Berikut ini beberapa faedah dari datangnya jibril bertemu Rasulullah yang bisa anda ambil hikmahnya.

Anjuran Para dai Untuk Selalu Aktif Membagikan Ilmu

Dari kajian islam diatas, kita bisa mengambil hikmah bahwa seorang dai atau orang yang berilmu harus selalu aktif mengajarkan ilmunya kepada orang lain. Pada saat datangnya nabi jibril bertemu dengan nabi Muhammad SAW, tujuannya bukan untuk bertemu beliau tapi membagikan ilmu ke para sahabat. Malaikat jibril datang bukan karena undangan nabi Muhammad, karena hanya ingin berbagai ilmu kepada para sahabat.

Hal ini jugalah harus dilakukan yang harus dilakukan oleh para dai atau juru dakwah. Seorang dai harus aktif mengajarkan ilmu walaupun tidak diminta oleh para muridnya atau orang lain, seorang dai jangan hanya menunggu di undang panitia untuk melakukan kajian islam. Harus anda inisiatif dari diri sendiri untuk selalu membagikan ilmu yang dimiliki.

Aktif Dalam Menghadiri Majelis Ilmu

Tidak hanya anjuran bagi seorang dai saja, kita semua umat muslim dianjurkan untuk selalu mengikuti majelis ilmu. Disaat malaikat jibril datang, semua sahabat sedang berkumpul atau bermajelis. Oleh karena itu, kita juga dianjurkan untuk bermajelis. Menuntut ilmu dari orang yang lebih berilmu dari kita. Mencari ilmu untuk bekal kehidupan sehari-hari dan kehidupan nantinya.

Bagi seorang muslim kita harus aktif untuk mengikuti kajian islam. Belajar terus menerus walaupun sudah tua. Allah SWT menganjurkan hambanya untuk selalu aktif mencari ilmu. Bahkan ada pepatah kejarlah ilmu sampai ke negeri cina. Jadi sejauh apapun, kita harus selalu belajar. Salah satunya dengan menghadiri majelis ilmu. Seperti hadist dari perkataan imam malik “ ilmu itu didatangi, dia tidak akan datang sendiri”

Berpakaian Bagus Ketika Menghadiri Majelis Ilmu

Pada saat datang menemui Nabi Muhammad, jibril memakai pakaian yang rapi. Berbaju putih, bersih dan bagus. Dari sini kita diajarkan untuk selalu berpakaian rapi dan bagus pada saat menghadiri majelis ilmu. Alangkah baiknya jika memakai baju putih, karena warna putih merupakan warna yang paling disukai nabi Muhammad SAW. Seperti yang diriwiyatkan dari ibnu abbas,

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ خُثَيْمٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا خَيْرُ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ وَإِنَّ خَيْرَ أَكْحَالِكُمُ الإِثْمِدُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ ‏”‏ ‏.‏

“Nabi (ﷺ) berkata: Pakailah pakaian putih Anda, karena mereka termasuk pakaian terbaik Anda, dan kafilah orang mati Anda di dalamnya. Di antara jenis kolik terbaik yang Anda gunakan adalah antimon (untuk itu) untuk membersihkan penglihatan dan membuat bulu rambut tumbuh.“ (HR Abu Daud 4061, hasan).

Oleh karena itu, kita harus selalu berpakaian rapi ketika menghadiri kajian islam. Sebenarnya masih banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari datangnya malaikat jibril. Seperti murid yang harus mengambil posisi yang dekat dari guru, konsentrasi belajar dan masih banyak lainnya. Mulai sekarang selalu tuntun ilmu dan berlomba-lomba mencari ilmu. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!