Olokan Gedung DPR, Pentingnya Membangun Kepercayaan Pemerintah

0
167
olokan gedung DPR

Olokan Gedung DPR – Beberapa hari ini, sebagian oknum menyebabkan adanya konflik dengan mencoreti dan memberi berbagai olokan gedung DPR. Tentu saja hal ini tidak mencerminkan sikap rakyat yang baik pada para wakil negara.

Hanya saja, tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena bisa jadi hal tersebut merupakan luapan emosi lantaran beberapa keputusan yang tidak pro dengan aspirasi sebagian besar rakyat.

Sobat Cahaya Islam, adanya fenomena olokan gedung DPR menjadi indikasi adanya ketidakpercayaan serta ketundukan rakyat pada pemerintah. Tentu saja hal ini bukanlah hal biasa. Perlu segera ditangani dan dicari akar permasalahannya, agar rakyat kembali hidup dalam ketentraman dan kenyamanan.

Bagaimana Seharusnya Umat Muslim Bersikap atas Fenomena Olokan Gedung DPR?

Adanya olokan gedung DPR bisa saja disebabkan lantaran berkurangnya kepercayaan sebagian rakyat pada wakil negara di lembaga tersebut.

Dimulai dari pembahasan atau dukungan pengesahan pada kebijakan yang menyengsarakan atau bahkan sangat jauh dari kebermanfaatan rakyat khususnya ranah dhuafa serta fakir miskin.

Sebagai umat muslim, sikap mengolok atau bahkan menghina bukanlah hal yang baik meski dirasa hal tersebut wajar dilakukan karena dampak kejahatannya.

Hanya saja, membalas dendam tidak diajarkan dalam Islam. Alih – alih membalaskan dendam, tentu seharusnya umat memberikan nasehat secara tegas. Selain itu, bisa juga menyalurkan ketidaksetujuan pada lemba resmi lainnya maupun membuat opini sederhana.

Di zaman teknologi serba canggih seperti sekarang, rasanya sangat mudah untuk menyebarkan opini khususnya berupa perbedaan pendapat.

Namun ingat, keseluruhan upaya yang dilakukan umat harus sesuai berdasar syariat, bukan sekedar nafsu menyerang instansi saja atau individu.

Sebagai generasi peradaban, dalam 10- 15 tahun ke depan, di tangan merekalah tampuk kepemimpinan diberikan.

Tentu saja, mereka harus belajar mulai dari sekarang terkait bagaimana menjadi seseorang yang profesional dalam menjalankan amanat kenegaraan.

Dengan demikian, maka cita – cita membangun peradaban yang lebih baik akan segera terwujud. Lantas apa saja yang bisa dilakukan Sobat Cahaya Islam untuk menyongsong impian tersebut?

Tips Menjadi Generasi Profesional

Untuk menjadi sosok yang profesional, tentu membutuhkan beberapa aktivitas pendukung. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Menentukan Jurusan sesuai Kemampuan Diri

Salah satu hal yang bisa dilakukan yakni dengan masuk dan bergabung dalam jenjang pendidikan Perguruan Tinggi. Pastikan jurusan dipilih karena hati nurani dan kebutuhan. Akan sangat bahaya bila generasi hanya ikutin tren dalam mengambil jurusan sebab bisa jadi hanya temporal saja.

olokan gedung DPR

Meningkatkan keilmuan dalam diri juga bagian dari mengejar kemuliaan yang Allah janjikan lewat menjadi sosok yang berilmu sebagaimana firmanNya dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Meningkatkan Ketaqwaan

Selain menambah intelektualitas diri, penting bagi Sobat Cahaya Islam untuk bisa meningkatkan kualitas ketaqwaan dalam diri. Hal ini penting agar dapat menjadi sosok yang beriman secara menyeluruh sebagaimana Islam mengajarkan.

olokan gedung DPR
olokan gedung DPR

Bayangkan saja, bila intelektualitas semakin meningkat namun tidak dibarengi dengan akhlak dan ketaqwaan. Tentu hal ini akan menjadikan generasi menjadi kacau. Naudzubillah. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan olokan gedung DPR dan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menjadi kontributor peradaban di masa depan. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY