Mengasah Kecerdasan Sosial Anak untuk Tingkatkan Kepedulian Sekitar

0
223
mengasah kecerdasan sosial anak

Mengasah kecerdasan sosial anak – Salah satu pembelajaran hidup yang tidak boleh tertinggal bagi para orangtua yakni terkait cara mengasah kecerdasan sosial anak. Kecerdasan tidak hanya terkait dengan perkara akademis saja, namun juga bagaimana cara anak – anak merespon

Sobat Cahaya Islam, konsep mengasah kecerdasan sosial anak butuh untuk diterapkan agar perkembangan mereka dapat diseimbangkan antara IQ dan EQ.

Apa Urgensitas Mengasah Kecerdasan Sosial Anak?

Mengasah kecerdasan sosial anak diperlukan guna membantu tumbuh kembang mereka. Sebab dengan hal tersebut maka sejatinya anak – anak dapat menjadi sosok yang ideal dalam menyongsong masa depan.

Keidealan tersebut akan membantu anak – anak menjadi sosok yang siap menghadapi segala permasalahan yang ada dan cara merespon yang baik.

Di dalam Islam sendiri, kecerdasan sosial sebagaimana halnya dengan peningkatan akhlak yang baik. Hal ini tidak mungkin terjadi begitu saja namun diperlukan langkah – langkah yang berkelanjutan. Pun juga membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak.

Jika ditilik dari masa lalu, semasa kehidupan Rasulullah, kecerdasan sosial terbentuk lantaran beliau memberikan contoh keteladanan yang baik. Misalnya, manakala beliau melaksanakan diskusi, rapat perpolitikan dan lain – lain.

Sejak dahulu kala sampai sekarang, masalah kecerdasan sosial kian lebih banyak. Idealnya, semakin bertambahnya tahun harusnya memudar dan bahkan hampir mendekati kesempurnaan. Hanya saja, masalah kecerdasan sosial malah lebih banyak muncul dengan berbagai varian. Naudzubillah.

Misalnya, kurangnya kecerdasan sosial dalam diri, mulai banyak para pelajar terjangkit virus insekuritas. Insekuritas sendiri adalah perasaan kurang percaya diri dengan prestasi maupun segala sesuatu yang dirasa tidak seperti orang pada umumnya.

Insekuritas ini pada awalnya memang hal yang wajar. Sebab lumrah seseorang merasa berbeda dengan orang lain. Hanya saja, terkadang ada segelintir anak – anak yang merasa kekurangan tersebut amatlah fatal, sehingga menyebabkan mereka tidak percaya diri dan merendah.

Puncak dari masalah kecerdasan sosial anak – anak yakni kehilangan jati diri dan merasa ingin mengakhiri hidup. Naudzubillah. Padahal, dalam surat Adz Dzariyat ayat 56 mereka memiliki peran utama sebagai seorang muslim yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Apalagi dengan kehadiran kecanggihan teknologi sekarang, konten tidak bermanfat banyak berkeliaran dan malah dijadikan keteladanan oleh para anak – anak. Lantas, bagaimana cara mengasah kecerdasan sosial anak – anak?

Tips Mengasah Kecerdasan Sosial di Era Kecanggihan Teknologi

Ada beberapa cara agar kecerdasan sosial dapat terasah dengan baik. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mengenalkan Pola Kecerdasan Sosial

Sebuah karakteristik yang akan ditanamkan dalam diri seseorang tentu perlu diajarkan sedini mungkin pada anak – anak.

Guru maupun para orangtua dapat memberikan berbagai varian metode belajar agar mereka dapat menyerap penjelasan mengenai kecerdasan sosial.

mengasah kecerdasan sosial anak

Pun juga memberikan keteladanan terkait bagaimana cara merespon masalah dengan sikap sosial yang baik.

Belajar sendiri merupakan bagian dari proses mencari ilmu dan terdapat dalam salah satu firman Allah Ta’ala dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2.    Memperbanyak Interaksi

Kecerdasan sosial akan dapat terasah dengan baik manakala mereka juga belajar berinteraksi dan memeragakan cara merespon dan berkomunikasi yang baik.

mengasah kecerdasan sosial anak

Dengan demikian, secara tidak langsung, kecerdasan sosial dapat dipelajari dengan baik oleh anak – anak. Proses interaksi ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Hujurat ayat 10 yakni :

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat Rahmat.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara mengasah kecerdasan sosial anak dan langkah untuk mewujudkannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY