Mengapa Kerukunan dalam Kehidupan Harus Kita Jaga?

0
33
mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga

Mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga – Kerukunan dalam kehidupan dapat membuat hubungan antar masyarakat menjadi harmonis. Suasana lingkungan yang damai tentram juga akan tercipta di masyarakat. Itulah mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga.

Tak hanya demikian, lingkungan yang rukun akan membuat kehidupan antar masyarakat terhindar dari berbagai pertikaian maupun perselisihan.

Mengapa Kerukunan Dalam Kehidupan Harus Kita Jaga?

Terdapat beberapa manfaat yang bisa kita rasakan secara langsung apabila menerapkan hidup rukun. Berikut ini adalah 5 manfaat sekaligus alasan dari mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga.

1.      Menciptakan Keharmonisan

Alasan pertama mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga yaitu menciptakan keharmonisan. Kehidupan Anda akan terasa lebih harmonis dengan menjaga kerukunan antar sesama.

Saling menghargai terhadap setiap perbedaan, setidaknya dalam lingkup masyarakat. Rasa peduli serta saling membantu antar sesamanya dapat meningkatkan kerukunan secara berdampingan.

2.      Menghargai Setiap Perbedaan

Manfaat kedua dari menjaga kerukunan yaitu kita bisa saling menghargai setiap perbedaan. Hidup rukun juga akan membawa kita pada tindakan toleransi pada setiap keberagaman yang ada dalam lingkungan masyarakat.

Adanya sikap toleransi dan saling menghargai, kita jadi tahu bahwa terdapat begitu banyak keberagaman di dunia ini. Seperti yang tertuang dalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah di ayat 256 berikut ini:

Ayat tersebut menjelaskan bahwa pasti ada perbedaan dalam beragama, tidak semua orang menganut agama islam. Kita harus bisa menghargai setiap perbedaan tersebut. Agama islam mengajarkan agar kita bersikap toleransi dan saling menghargai.

Selain itu ayat tentang toleransi juga terdapat pada Al Qur’an Surat Al-Hujarat di ayat 13, yaitu:

Pada ayat tersebut menjelaskan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang Allah ciptakan berbeda-beda. Maka sikap toleransi menjadi ajaran yang sangat penting.

3.      Mengurangi Tindak Kejahatan

Suatu tindak kejahatan pada dasarnya terjadi dimana saja dan kapan saja. Selain itu, biasanya tindak kejahatan terjadi tidak mengenal usia maupun kategori lainnya. Faktor terjadinya tindak kejahatan juga kebanyakan berasal dari internal.

Maka dari itu, apabila kita menjunjung kerukunan dalam kehidupan, tindak kejahatan pun akan berkurang. Suasa lingkungan yang baik dan saling peduli berperan baik dalam menjaga kerukunan serta mengurangi tindak kejahatan.

4.      Menciptakan Kepedulian

Kerukunan dalam kehidupan perlu kita jaga agar tercipta rasa kepedulian. Tingkat kepercayaan dan kepedulian dari sesama individu akan meningkat apabila kita menerapkan sikap hidup rukun. Hal tersebut bisa dengan jelas terlihat dari berkurangnya perselisihan.

Selain itu Anda akan lebih mudah mendapatkan bantuan dari sesame karena adanya rasa kepedulian. Menjaga kerukunan dalam kehidupan dapat menciptakan rasa saling membantu, menghargai serta rasa peduli kepada orang lain tanpa memandang latar belakangnya.

5.      Menciptakan Ketenangan Hidup

Alasan kelima yaitu ketenangan hidup. Dalam lingkungan yang memiliki kerukunan dalam bersosial maka hidup akan terasa tenang, dimana pun Anda berada. Tidak ada lagi kekhawatiran berlebih terhadap setiap kondisi maupun setiap permasalahan yang timbul apabila kerukunan dan ketenangan tercipta.

Setelah membaca pembahasan singkat di atas, Sobat Cahaya Islam kini sudah memahami mengapa kerukunan dalam kehidupan harus kita jaga. Meskipun dalam prakteknya tidak selalu mudah, tetapi kita perlu mencoba pelan-pelan untuk memperbaiki kepribadian menjadi lebih baik lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY