Doa Tidak Kunjung Dijawab, Kenapa? Begini Menurut Islam

0
87
Doa Tidak Kunjung Dijawab 2

Doa tidak kunjung dijawab – Doa merupakan senjata yang digunakan oleh umat manusia untuk meminta, memohon serta mengharap sesuatu dari Allah SWT. Dengan berdoa, kita bisa menyampaikan apapun yang kita inginkan. Baik itu kesuksesan, keselamatan dan hal-hal lainnya. Namun tentu saja, dalam berdoa sendiri membutuhkan kesabaran untuk sampai pada saat Allah kemudian menjawab apa yang menjadi doa kita.

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang seseorang merasa bahwa doa yang dipanjatkan tidak kunjung terjawab dan kemudian merasa kecewa. Itu sebabnya, banyak pertanyaan “kenapa” yang terus saja kita pikirkan karena sesuatu yang kita inginkan tidak segera Allah berikan. Namun tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa faktor yang perlu kita benahi atau perhatikan kembali ketika doa tidak kunjung dijawab.

Doa Tidak Kunjung Dijawab 1

Doa Tidak Kunjung Dijawab, Kenapa? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Doa tidak kunjung dijawab tentu saja bukan tanpa alasan. Mungkin saja ada maksud tertentu yang Allah simpan untuk nantinya kita dapat memetik hikmah kenapa doa begitu lama Allah jawab. Sayangnya, manusia terkadang tidak cukup sabar untuk menunggu. Sehingga berharap doanya sat set untuk Allah kabulkan. Sebelum itu, kita juga perlu mengetahui ada beberapa faktor kenapa doa tidak kunjung Allah ijabah.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Ayat ini jelas menegaskan bahwasanya Allah akan mengabulkan permohonan dari kaum muslimin yang berdoa kepada-Nya. Namun Allah pun mengharapkan mereka untuk melaksanakan apa yang menjadi perintah-Nya dan juga beriman kepada Allah SWT. Lalu apa sebabnya doa tidak kunjung dijawab oleh Allah menurut pendapat islam?

Tidak Bersungguh-sungguh Dalam Berdoa

Kenapa doa tidak juga mendapat jawaban? bisa jadi hal ini karena kita tidak bersungguh-sungguh dalam berdoa dan meminta. Sehingga Allah masih ingin melihat usaha kita untuk memohon kepada-Nya dengan ikhlas dan tulus, sekaligus berikhtiar atas apa yang kita inginkan dari Allah SWT.

Meminta Hal-Hal Duniawi

Alasan Allah tidak segera mengabulkan doa kita, salah satunya adalah karena kaum muslimin berdoa dengan meminta hal-hal yang sifatnya hanya dunia. Seperti meminta agar menjadi kaya, agar menjadi populer, agar berhasil dalam usaha namun justru lupa meminta untuk kebaikan atas apa yang ia minta baik di dunia maupun di akhirat. Ini juga bisa menjadi penghalang doa kita ya sobat CahayaIslam, karena kita seharusnya meminta kebaikan dunia maupun akhirat juga.

Kurangnya Ketaatan dan Amal Saleh

Jangan sampai kita menjadi hamba yang tidak taat, karena hanya mencari dan meminta kepada Allah SWT saat butuh saja. Maka dari itu, jika doa sobat CahayaIslam hingga kini belum Allah berikan jawaban. Hal ini bisa saja karena kurangnya ketaatan serta amal saleh yang dapat menjadi gerbang untuk memudahkan doa-doa kita Allah ijabah.

Doa tidak kunjung dijawab – Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika doa-doa kita tak kunjung Allah jawab serta kabulkan. Dengan begitu kita juga berbenah diri, bukan hanya datang kepada Allah karena butuh saja.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 186

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY