Apa Yang Salah Dalam Mendidik Anak?

0
21
mendidik anak

Tanya jawab islam tentang parenting – Ketika Allah memberikan amanah dalam bentuk seorang anak, ini berarti anda sebagai orang tua akan mengemban tanggung jawab yang besar. Mulai dari mendidiknya dengan baik, memperhatikan kebutuhan dan lain sebagainya. Namun yang lebih berat sebenarnya adalah ketika mendidik anak.

Apa Yang Salah Dalam Mendidik Anak?

mendidik anak1

Pergaulan di jaman sekarang sudah semakin rawan dan mengerikan. Apalagi semakin modern jaman ini, maka pemikiran dan berbagai hal semakin berkembang. Ini membawa dampak kurang baik yang semakin banyak juga. Banyak sekali anak dengan moral yang kurang sehingga berlaku kurang baik. Oleh karena itu, parenting adalah proses yang penting. Dalam ulasan tanya jawab islam tentang mendidik anak, inilah beberapa kesalahan dalam proses mendidik anak.

Tanya Jawab Islam Tentang Parenting, Beberapa Kesalahan dalam Mendidik Anak

Dalam hadist Al Bukhari No. 2371 dijelaskan bahwa setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban untuk apa yang dipimpinnya. Begitu juga dengan seorang ibu yang mana merupakan orang pertama yang akan memberikan pendidikan bagi anak. Itu berarti ibu adalah pemimpin bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, anak akan terbentuk sebagai pribadi yang baik jika ibunya mendidik dengan cara yang baik dan juga benar.

Dalam tanya jawab islam tentang parenting, ada banyak kesalahan dalam mendidik anak yang harus kita ketahui. Apalagi ini akan mempengaruhi bagaimana anak anda akan terbentuk dan berkepribadian yang bagaimana. Oleh karena itu, ini harus anda perhatikan dan hindari tentunya.

Menumbuhkan rasa minder dan takut pada anak

Ini bisa ditandai dari sikap ketika anda menakut-nakuti mereka untuk berhenti melakukan sesuatu. Hal semacam ini bukan memberikan didikan yang baik namun akan berimbas pada hal dimana anak akan merasa minder dan juga takut. Ini bukanlah parenting yang tepat.

Mendidik anak menjadi orang yang sombong, congkak dengan orang lain

Sikap ini biasanya dikarenakan didikan orang tua agar anak tumbuh berani. Sedangkan keberanian yang berlebih akhirnya membuat anak tumbuh dengan sifat sombong, congkak bahkan cenderung kurang sopan santun nantinya.

Hidup bermewah-mewah atau menuruti semua kemauan anak

Sebagai orang tua mungkin tidak tega melihat anak hidup susah atau merengek untuk minta sesuatu. Namun sikap royal dan memberikan apa yang mereka mau dengan mudah. Ini akan membuat anak tidak bisa mengerti keadaan. Sehingga akan tumbuh menjadi anak yang terus saja ingin apa kemauannya dituruti.

Terlalu percaya dengan anak

Ini sikap yang secara tidak langsung mengacuhkan anak. Bagaimana tidak, karena anda percaya kemudian tidak pernah memperhatikan dengan siapa anak bergaul, bagaimana perkembangan kepribadian anak. Inilah yang kemudian membuat anak seenaknya sendiri akrena merasa tidak memiliki aturan.

Hanya memperhatikan kebutuhan jasmaninya juga merupakan kesalahan dalam proses parenting. Hal ini dikarenakan anda merasa cukup baik memberikan anak hidup yang layak. Padahal yang terpernting ketika mendidik anak adalah mengenai kebutuhan batin atau mental juga. Sebagai orang tua, wajib memberikan didikan untuk akhlaknya. Jika perlu telaah bagaimana si anak, apa yang dirasakan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kesalahan dalam proses mendidik anak. Untuk membentuk kualitas anak, maka hal-hal seperti diatas harus dihindari. Sehingga anak bisa tumbuh dengan kepribadian yang baik. Semoga dengan membaca ulasan ini, anda bisa lebih berhati-hati untuk mendidik anak. Karena anak akan meniru sikap yang anda contohkan. Jadi pastikan bahwa kita bisa menjadi orang tua yang baik dan bijak.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!