Perlunya Membimbing Remaja Muslim untuk Wujudkan Keluarga Rabbani

0
218
membimbing remaja muslim

Membimbing remaja muslim – Salah satu aktivitas yang cukup menguras otak dan tenaga yakni manakala membimbing remaja muslim untuk menjadi sosok ideal. Bagaimana tidak? Mewujudkan remaja muslim era sekarang juga butuh strategi agar remajanya tak sampai kabur dan malah memilih role model lainnya.

Sobat Cahaya Islam, membimbing remaja muslim tentu membutuhkan waktu ekstra. Selain itu, perlu sosok guru yang dapat memahami kondisi dan situasi remaja terkini agar topik penyampaian tidak jauh dari realita kehidupan mereka.

Manfaat Membimbing Remaja Muslim dengan Nilai – Nilai Kebaikan

Kendati membimbing remaja muslim amatlah susah, namun manfaat yang didapatkan amat melimpah. Selain itu, proses bimbingan yang dilakukan terhadap remaja adalah suatu hal yang wajar agar remaja dapat mengarahkan jalan hidup pada hal yang lebih baik.

Di era serba canggih seperti sekarang, sangat memungkinkan bagi para remaja untuk terjerumus pada lubang kemaksiatan maupun perzinahan.

Adapun beberapa manfaat dalam membimbing remaja muslim misalnya seperti terwujudnya perilaku baik di lingkungan masyarakat. Jika proses bimbingan remaja terkait pendalaman ilmu keislaman berhasil, maka bukan hal yang tidak mungkin bukan peradaban akan menjadi lebih ideal.

Selain itu, proses bimbingan tersebut dapat menjauhkan remaja dari perilaku negatif sehingga akan ada lebih banyak kebaikan yang dihasilkan dari proses pendalaman ilmu keislaman tersebut. Lantas, bagaimana cara membimbing remaja muslim agar terwujud remaja ideal?

Tips Membimbing Remaja untuk Mengenal Nilai Kebaikan Islam

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar proses bimbingan berjalan dengan baik. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Mengenali Situasi dan Kondisi Remaja

Banyak remaja tidak tertarik dengan pembelajaran maupun bimbingan terkait Islam lantaran model pendekatannya tidak sesuai dengan situasi maupun kondisi remaja. Akibatnya remaja tersebut tidak bisa menyerap ilmu yang diberikan.

membimbing remaja muslim

Misal, di era sekarang, syiar Islam dapat dengan mudah dilakukan melalui sosmed maupun video yang diunggah ke Youtube. Tentu hal ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengawali aktivitas membimbing para remaja agar dapat mengenal ilmu kebaikan dengan baik.

2.    Mengenalkan Aqidah dengan Bahasa Sederhana

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan bahasa sesederhana mungkin agar remaja mudah menerima penyampaian ilmu serta nilai – nilai yang ada dalam kebaikan Islam.

Terkadang, sebagian remaja menghindari pengajian berupa bimbingan Islam lantaran bahasa penyampaiannya terlampau tinggi dan sulit dimengerti.

Oleh karena itu, alih – alih tertarik bergabung dengan pengajian, malah mereka lebih memilih acara lain yang lebih menarik dan tidak menambah beban pikiran.

Pengenalan aqidah merupakan hal yang wajib sebab seorang muslim haruslah mampu menjalankan firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

3.    Menyediakan Fasilitas yang Nyaman

Selain itu, biasanya agar kajian maupun bimbingan Islam bisa diterima dengan mudah, maka penyediaan fasilitas juga perlu diperhatikan. Biasanya, remaja akan lebih senang bila menimba ilmu di suatu tempat yang nyaman.

membimbing remaja muslim

Tempat yang nyaman tidak perlu mahal, bisa juga dilakukan di taman maupun bertadabbur di alam sembari mengagumi ciptaan Allah Ta’ala. Selain itu, meningkatkan keilmuan sendiri juga mendapat kemuliaan tersendiri dari Allah Ta’ala sebagaimana firmanNya dalam surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan pentingnya membimbing remaja islami dan cara mewujudkannya. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY