Cara Mengatasi Tekanan Parenting Modern untuk Wujudkan Idealitas dalam Keluarga

0
278
mengatasi tekanan parenting modern

Mengatasi tekanan parenting modern – Di zaman sekarang, salah satu masalah yang perlu diatasi yakni terkait cara dalam mengatasi tekanan parenting modern. Tekanan di dalam parenting sendiri tentu mengkhawatirkan sebab bisa mengacaukan keharmonisan dalam rumah tangga.

Sobat Cahaya Islam, ada banyak cara dalam mengatasi tekanan parenting modern asalkan memperdalam ilmu di bidang tersebut. Hanya saja, tentu ilmu tersebut tidaklah mudah dan dapat cepat diserap sebab memerlukan ketekunan serta kedisiplinan dalam menerapkannya.

Perlukah Mengatasi Tekanan Parenting Modern Bagi Orangtua?

Mengatur serta mengasuh seorang anak tentu bukan hal yang mudah sehingga mulai banyak bermunculan seminar yang berkaitan dengan cara mengatasi tekanan parenting modern. Memang apa saja yang menjadi menyebab tertekannya para orangtua dalam parenting modern?

Ada banyak yang menjadi tekanan dalam parenting modern, salah satunya yakni terkait kondisi situasi ekonomi dalam sebuah keluarga. Terkadang, kurangnya kemampuan finansial dapat menyebabkan aktivitas parenting modern menjadi terganggu.

mengatasi tekanan parenting modern

Misalnya, untuk menjaga tumbuh kembang seorang anak tentu membutuhkan gizi yang seimbang. Lantas bagaimana gizi seimbang didapatkan bila finansial saja belum tercukupi?

Selain itu, keterlibatan orangtua yang terlalu banyak dalam kehidupan anak juga menjadi masalah.

Konsep parenting modern dimana orangtua ikut mengintervensi anak jika diterapkan berlebihan akan menyebabkan hilangnya kepercayaan anak pada orangtua. Kalau sudah demikian, alih – alih berhasil malah yang ada keharmonisan orangtua dan anak terganggu.

Oleh sebab itu, adanya banyak tekanan dalam parenting modern perlu dihindari agar tak sampai menjadikan anak kehilangan kepercayaan dan malah beralih menjadikan orang lain sebagai teladan. Lantas, bagaimana caranya? Simak tips berikut ya.

Cara Mengatasi Tekanan dalam Parenting Modern Ala Islam

Dalam memberikan penanganan, maka sudah selayaknya umat muslim menjadikan Alqur’an dan Hadits sebagai rujukan utama dalam menangani permasalahan khususnya terkait dengan parenting. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Memiliki Komitmen yang Tinggi

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan memiliki komitmen yang tinggi dan kokoh agar konsep parenting yang dijalankan tetap berjalan kendati harus dimodifikasi lantaran berkaitan dengan tenaga dan kondisi finansial.

mengatasi tekanan parenting modern

Selain itu, komitmen yang kuat juga akan menjadikan para orangtua mampu menghadapi segala tekanan dalam dunia parenting modern.

Komitmen yang kuat tersebut sebagaimana kuatnya seorang muslim dalam menjalankan Islam secara keseluruhan sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

2.    Mensinergikan Konsep Parenting Modern dengan Islam

Hal selanjutnya yakni dengan mensinergikan konsep parenting dengan nilai keislaman. Kolaborasi ini tentu perlu didominasi oleh konsep di dalam Islam sebagaimana layaknya Rasulullah mengajarkan.

Tentu peran ayah dan ibu sangat dibutuhkan. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat At Tahrim ayat 6 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

3.    Mengajak Partner untuk Menyelesaikan Masalah

Dalam pelaksanaannya, tentu penerapan parenting di keluarga juga akan menyebabkan munculnya berbagai masalah baru.

Hal ini wajar sebab biasanya konsep baru tidak mudah untuk diterima oleh semua anggota keluarga. Oleh karena itu, sobat cahaya Islam harus senantiasa mencari partner untuk sekedar bercerita atau bahkan berbagi solusi agar masalah dapat terselesaikan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan cara dalam mengatasi tekanan parenting modern dan beberapa hal yang bisa dilakukan. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY