Meletusnya Gunung Sinabung Hendaknya Disikapi dengan Sabar, Berikut ini Keutamaan Bersikap Sabar dalam Islam

0
41

Gunung Sinabung – Aktivitas gunung yang berada di kawasan Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami  peningkatan. Hal ini terjadi sejak tanggal 2 Maret kemarin. Gunung Sinabung mengelurkan awan panas berguguran. Hal ini tentunya mengejutkan warga setempat, meskipun demikian, bencana ini hendaknya dihadapi dengan penuh kesabaran.

Sobat Cahaya Islam, bencana atau pun musibah yang datang menerpa, hendaknya dihadapi dengan penuh sabar dan tawakal. Alih-alih meratapinya dengan penuh tangis dan emosional, lebih baik menerima dengan lapang. Hal ini memang tidak mudah dilakukan, tetapi hikmah dan manfaat yang diperoleh pun amat besar.

Keutamaan Bersabar dalam Islam

Sabar merupakan salah satu akhlak terpuji yang amat mulia. Setiap masalah yang dihadapi akan terasa lebih ringan serta terhindar dari kegelisahan. Secara umum, sabar hendaknya diterapkan dalam tiga hal yakni dalam ketaatan kepada Allah SWT, sabar dalam menjauhi kemaksiatan serta sabar terhadap takdir Allah SWT.

Dengan menerapkan sabar akan didapatkan hikmah yang amat besar. Selain itu, banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang senantiasa bersabar dalam menghadapi segala ujian. Lalu, apa saja keutamaan tersebut?

1.   Senantiasa Dekat dengan Allah SWT

Pertama, seorang muslim yang bersabar senantiasa dekat dengan Allah SWT. Maka dari itu, siapa saja yang menerapkan kesabaran dalam kehidupannya akan lebih dicintai oleh Allah SWT.Orang yang bersabar akan mendapatkan predikat taqwa. Jadi, Sobat Cahaya Islam penting sekali untuk menanamkan sikap sabar dalam diri.

2.   Pahala Tanpa Batas

Selanjutnya, seorang muslim yang sabar akan  mendapatkan pahala tanpa batas. Hal ini dijelaskan secara tegas dalam ayat suci Al-Qur’an, sebagai salah satu bukti dan penguat betapa pentingnya penerapan sabar dalam kehidupan.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

قُلۡ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ رَبَّكُمۡۚ لِلَّذِينَ أَحۡسَنُواْ فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٞۗ وَأَرۡضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجۡرَهُم بِغَيۡرِ حِسَابٖ ١٠

 “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS Az Zummar:10)”

3.   Senantiasa Mendapatkan Hikmah

Selain itu, sabar akan mengantarkan pada hikmah yang amat besar. Dikatakan bahwa hanya mereka yang berhasil menerapkan perilaku sabar akan menemukan hikmah dari setiap kepingan kejadian. Beragam pelajaran yang bermanfaat senantiasa akan menjadikan seseorang lebih kuat dan teguh.

4.   Memperoleh Keberuntungan dan Keselamatan

Perilaku sabar senantiasa membawa seseorang pada keberuntungan dan keselamatan. Selain itu, akan mengurangi rasa takut dalam diri. Siapa pun yang menerapkan kesabaran dalam hidupnya, maka keberuntungan yang keselamatan pun akan menyertai.

5.    Senantiasa Didekatkan dengan Kebaikan

Keutamaan lainnya yakni akan didekatkan dengan kebaikan. Setiap urusan yang dilakukan orang sabar adalah suatu kebaikan. Akhlak terpuji yang satu ini akan mendatangkan pada hal-hal yang baik.

Banyak hikmah yang dapat diambil dari setiap kejadian, seperti halnya bencana meletusnya Gunung Sinabung. Sekecil dan sebesar apa pun masalah yang dihadapi akan terselip hikmah besar yang patut dijadikan pelajaran.

Nah, Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan singkat terkait keutamaan bersabar dalam kehidupan sehari-hari. Semoga senantiasa dapat memetik hikmah yang tersembunyi di balik kepingan kejadian. Begitu pun kejadian di Sumatera Utara yakni meletusnya Gunung Sinabung segera berakhir dan kembali aman seperti sediakala. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY