Melaksanakan Shalat Malam, Apa Manfaatnya Menurut Islam?

0
324
Melaksanakan Shalat Malam 1

Melaksanakan shalat malam – Sholat malam sering kita kenal sebagai shalat Tahajud, karena dilakukan di sepertiga malam. Selain melaksanakan shalat wajib yang mana merupakan kewajiban kaum muslimin, shalat sunnah seperti Tahajud juga dianjurkan dalam islam. Walaupun hukumnya adalah sunnah dan bukan wajib.

Ada banyak tujuan seseorang melaksanakan shalat malam. Diantaranya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, pertolongan dan lain sebagainya. Apapun itu, shalat yang dilaksanakan ketika malam seperti shalat Tahajud ini justru merupakan ibadah di waktu yang mustajab lho untuk dikabulkan doa-doanya oleh Allah SWT.

Melaksanakan Shalat Malam, Ini Manfaat Menurut Islam

Melaksanakan Shalat Malam 3

Melaksanakan shalat malam dapat menjadi jalan untuk kita lebih berusaha untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Namun, meskipun dengan tujuan tertentu dalam melaksanakan shalat seperti Tahajud juga harus dengan hati yang ikhlas, tulus dan semata-mata karena Allah SWT. Sehingga kaum muslimin juga dapat memetik pahalanya.

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا ۖ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ

Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).

Dalam ayat Al Quran tertulis bahwasanya shalat paling baik setelah shalat wajib adalah yang dilakukan pada malam hari, seperti Tahajud. Itu sebabnya dalam ayat ini juga menjelaskan tentang anjuran untuk melaksanakan shalat malam dan mendapatkan pahala yang besar. Ada banyak kebaikan yang akan Allah berikan bagi orang yang melaksanakannya.

Lalu apa saja manfaat dari melaksanakan shalat pada malam hari?

Menguatkan Iman dan Ketaqwaan

Salah satu manfaat dari mendirikan ibadah shalat malam adalah dapat memperkuat iman dan juga ketaqwaan. Sehingga, ibadah yang dijalankan akan menjadikan kita semakin mencintai Allah SWT. Apalagi untuk melaksanakan ibadah pada waktu ternyaman untuk tidur. Ini menunjukkan bahwa iman semakin kuat.

Memberikan Ketenangan Hati

Shalat malam dapat memberikan kita ketenangan hati lho. Apalagi waktu yang paling baik adalah malam hari untuk melaksanakan ibadah dengan lebih khusyu’. Sehingga, ini menjadikan kita lebih fokus untuk beribadah dan juga dapat membuat hati serta jiwa jauh lebih tentram. Untuk kaum muslimin yang sedang dilanda masalah, gelisah, maka ini dapat menjadi pereda.

Mendapatkan Keberkahan dan Rahmat Allah SWT

Siapapun yang rajin melaksanakan shalat seperti Tahajud, maka ia akan dilimpahi dengan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Sehingga, hidup akan terasa jauh lebih baik dan tentu saja banyak kebaikan yang datang. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, Allah pun menganjurkan untuk mendirikan shalat malam.

Melaksanakan shalat malam – Ternyata ada banyak keutamaan atau manfaat bagi kaum muslimin yang rajin mengerjakan shalat Tahajud di malam hari lho. Selain beberapa hal diatas, lapangnya rezeki kita juga dapat disebabkan oleh ibadah yang kita kerjakan. Semakin dekat dengan Allah SWT maka semakin dipermudah juga oleh Allah pintu rezeki kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tur Ayat 48-49

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY