Bagaimana Mengajarkan Sabar Kepada Diri Sendiri Saat Menerima Ujian?

0
178
Bagaimana Mengajarkan Sabar Kepada Diri Sendiri 3

Bagaimana mengajarkan sabar – Jika membahas kata sabar, tentu saja maknanya begitu luas tak berbatas. Apalagi seringkali kita dengar kalimat “sabar tidak ada batasnya, jika ada batasnya maka itu bukan sabar”. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa sabar bukanlah sesuatu yang mudah, namun Allah pun menganjurkannya.

Saat menerima ujian, cobaan atau kesulitan biasanya kita akan mengingatkan diri untuk sabar. Apalagi saat kita merasa tidak mampu untuk melewatinya dan nyaris putus asa. Allah SWT melarang kaum muslimin untuk berputus asa apapun yang sedang dihadapi dalam hidup. Lalu bisakah kita mengajarkan diri untuk bersabar?

Bagaimana Mengajarkan Sabar Saat Menerima Ujian? Begini Menurut Islam

Bagaimana Mengajarkan Sabar Kepada Diri Sendiri 1

Bagaimana mengajarkan sabar kepada diri sendiri saat dilanda ujian atau cobaan? sabar bukanlah kata yang tidak bermakna. Bahkan untuk melakukannya pun juga tidak mudah. Itulah kenapa dalam ayat Al Quran Allah menjanjikan pahala besar bagi orang-orang yang mau bersabar. Ini karena menerima dengan lapang dada segala bentuk ujian Allah adalah bentuk ketaqwaan.

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (1)

Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang bersabar adalah orang-orang yang beriman dan juga bertaqwa. Namun, meskipun begitu banyak dari kita yang masih sulit untuk menerapkan kesabaran saat berada dalam kondisi yang sulit atau sedang Allah berikan ujian.

Lalu bagaimana mengajarkan sabar pada diri sendiri saat menerima ujian atau cobaan?

Belajar Bersyukur

Kenapa bersyukur dapat mengajarkan kita arti sabar? karena dengan bersyukur maka kita akan berhenti membandingkan hidup kita dengan orang lain. Jadi, apapun yang sedang kita hadapi dapat dijalani dengan baik tanpa merasa bahwa orang lain memiliki hidup yang lebih baik ataupun cobaan yang lebih sedikit.

Mengingat Bahwa Allah Itu Adil

Cara mengajarkan diri sendiri untuk sabar adalah dengan mengingat bahwa Allah itu adil. Artinya, saat Allah memberikan kesulitan maka selanjutnya Allah pun akan memberikan kemudahan. Sehingga sebagai manusia tidak perlu merasa khawatir karena Allah tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan kita menerimanya.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan ibadah, membaca Al Quran, ini akan membuat kita belajar apa-apa saja Allah perintahkan dan berhenti melakukan apa saja yang Allah larangan. Sama halnya saat Allah meminta kaum muslimin untuk bersabar, maka kita pun akan melakukannya sesuai dalam ajaran islam.

Meningkatkan Keimanan Diri

Selain menjalankan ibadah wajib, kita juga dapat meningkatkan keimanan diri dengan melaksanakan ibadah sunnah lainnya. Ini akan menjadi benteng bagi diri kita, sehingga apapun yang sedang kita jalani tidak akan menyebabkan kita putus asa.

Bagaimana mengajarkan sabar – Belajar untuk bersabar bukanlah hal yang mudah. Namun, siapapun yang berhasil untuk sabar saat menerima segala ujian yang Allah berikan maka Allah telah menjanjikan pahala yang besar. Maka dari itu sobat CahayaIslam, mari belajar untuk terus bersabar ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat A-Baqarah Ayat 177

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY