Apa Itu Gadhul Bashar dan Manfaatnya?

0
39
gadhul bashar adalah

Gadhul Bashar Adalah – Sobat Cahaya Islam, gadhul bashar adalah bagian penting dari ajaran Islam. Sayangnya ajaran ini sangat tidak masyhur di tengah masyarakat muslim. Umat Islam yang mengamalkannya seringkali malah dianggap aneh. Kebanyakan orang bahkan mungkin tidak tahu apa itu gadhul bashar.

Islam memang datang ke dunia dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing. Salah satu tugas seorang muslim adalah melawan keterasingan ini dan berusaha mengenalkan Islam kepada publik. Di antaranya adalah mengenai menundukkan pandangan.

Apa Itu Gadhul Bashar dalam Islam

Perintah Allah ‘Azza wa Jalla untuk menundukkan pandangan ada dalam firman-Nya, “Dan katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Allah Maha Teliti terhadap perbuatan mereka.” (QS An-Nuur: 30)

Berkenaan perintah Allah untuk perempuan terdapat dalam ayat selanjutnya, “Dan berkatalah kepada para wanita beriman, hendaknya mereka menundukkan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasannya (auratnya) selain yang (biasa) tampak darinya.” (QS An-Nuur: 31)

Demikianlah, Sobat Cahaya Islam, perintah Allah untuk menjaga pandangan bagi orang-orang beriman, baik laki-laki maupun perempuan. Adapun apa maksud menjaga pandangan adalah menahan pandangan mata dari hal-hal yang haram. Karenanya tidak halal hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah memandang kepada lawan jenis tanpa adanya kebutuhan.

Bagaimana dengan pandangan yang spontan atau tidak sengaja? Jika mata memandang sesuatu yang haram secara tak sengaja maka segeralah memalingkan pandangan darinya. Berlama-lama dalam melihat lawan jenis adalah sebuah kemaksiatan.

Manfaat Gadhul Bashar

Sesungguhnya gadhul bashar memiliki manfaat yang besar. Pengetahuan mengenai faedah suatu amalan dapat membuat seseorang lebih bersemangat dalam mengamalkannya.

gadhul bashar adalah

Adapun manfaat gadhul bashar adalah sebagai berikut:

1. Menjaga hati

Pandangan mata merupakan sumber kerusakan hati. Sebagian ulama salaf menyatakan bahwa pandangan mata adalah panah beracun yang menembus hati. Pepatah juga mengatakan bahwa mata adalah jendela hati.

Karenanya barangsiapa menjaga matanya maka sebenarnya dia tengah menjaga hatinya. Hal ini menjadikan hatinya suci dan bersih sehingga cahaya hidayah lebih mudah untuk memasukinya. Sebaliknya mengumbar pandangan dapat mengotori hati sehingga jauh dari cahaya dan petunjuk-Nya.

2. Mencegah zina

Gadhul bashar mampu mencegah perbuatan zina. Sudah tahukah Sobat bahaya zina menurut pandangan islam? Balasan akibat dari zina sangat fatal, baik di dunia maupun di akhirat . Banyak memandang yang haram tentunya memicu keinginan yang bukan-bukan. Sebaliknya menjaga pandangan pastilah lebih menjaga hati dari bisikan hawa nafsu.

3. Terbebas dari kelalaian

Mengumbar pandangan mata adalah salah satu tanda hati yang lalai. Sebaliknya menundukkan pandangan adalah pertanda bahwa seseorang ingat bahwa Allah Ta’ala senantiasa mengawasinya. Rasa takut akan murka-Nya membuatnya rela tunduk dan taat kepada perintah-Nya.

4. Mempertajam Firasat

Hati adalah tempat bertanya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, “Mintalah fatwa pada hatimu karena kebaikan adalah yang menjadikan ketenangan pada jiwa dan hatimu.” (HR Ahmad no 17545)

Tentunya tidak setiap hati memiliki jawaban yang tepat untuk semua pertanyaan. Hanya hati yang benar-benar bersih dan suci yang mempunyai ketajaman firasat yang dapat memberikan jawaban yang benar.

Gadhul bashar dapat menjaga agar hati tetap bersih dan dapat menjadi tempat bertanya. Sebaliknya hati yang kotor tentunya cenderung mengikuti hawa nafsu sehingga tidak layak menjadi tempat bertanya.

gadhul bashar adalah

5. Mendapat jaminan surga

Dalam hal ini, Rasulullah saw telah bersabda, “Jaminlah untukku enam hal dari kalian maka aku akan menjamin untuk kalian surga: jujurlah jika berkata-kata, penuhilah jika kalian berjanji, tunaikanlah jika mendapat amanah, lindungilah kemaluan kalian, kekanglah pandangan kalian, dan cegahlah tangan kalian.” (HR Ahmad no 22757)

Demikian, Sobat Cahaya Islam, penjelasan mengenai apa itu gadhul bashar dan juga manfaatnya dalam kehidupan. Sungguh Islam adalah ajaran yang penuh kemuliaan. Siapa yang mengamalkannya maka mulialah dia di dunia dan akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY