Manfaat Sunah Bersiwak untuk Kesehatan Mulut

0
462
Manfaat sunah bersiwak

Manfaat sunah bersiwak – Sunah-sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bukan hanya mendatangkan pahala ketika dilakukan namun juga memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan. Salah satu sunnah yang bisa dilakukan oleh setiap muslim adalah sunah bersiwak.

Sobat cahaya Islam tentu sudah pernah mendengar jika Rasulullah senang bersiwak terutama sebelum berwudhu. Sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah ini ternyata memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan mulut.

Manfaat Sunah Bersiwak bagi Kesehatan Mulut

Umat muslim perlu berbangga bahwa Rasulullah mencontohkan sesuatu yang ternyata jika diteliti dengan penelitian modern hasilnya juga mengagumkan. Siwak merupakan kayu yang sering digunakan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk membersihkan gigi.

1. Memperkuat Gigi

Berdasarkan penelitian, siwak memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri dan juga menguatkan gigi serta mencegah gigi berlubang.

2. Membuat Mulut Lebih Segar

Bahkan, siwak juga sangat bagus untuk mengatasi masalah pendarahan pada gusi serta meningkatkan produksi air liur sehingga mulut lebih segar dan tidak mudah bau.

Manfaat sunah bersiwak

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan siwak bukan hanya di pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Namun Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk bersiwak sebanyak 5 kali sehari.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memiliki kesehatan gigi dan mulut yang sangat bagus. Kebiasaan bersiwak yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membuat gigi beliau selalu bersih dan putih serta terhindar dari bau mulut.

Meskipun sudah banyak penelitian yang menunjukkan jika siwak memiliki manfaat yang luar biasa, masih banyak umat muslim yang belum memanfaatkan siwak untuk menjaga kesehatan mulut.

3. Mencegah Penyakit Mulut

Berdasarkan penelitian para pakar kesehatan, siwak memiliki manfaat yang sangat bagus untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah penyakit pada mulut.

Sobat cahaya Islam yang sering mengalami masalah pada gigi dan mulut bisa mulai untuk melakukan sunnah yang satu ini. Cara menggunakan siwak juga sangat mudah dan praktis.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menggunakan siwak untuk membersihkan sela-sela gigi. Pada zaman dahulu memang belum ada sikat gigi dan pasta gigi. Namun Rasulullah sudah memahami tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan bersiwak.

Berdasarkan sebuah hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb“. [Hadits shahih riwayat Ahmad, Irwaul Ghalil no 66). [Syarhul Mumti’ 1/120 dan Taisir ‘Alam 1/62]

Bahkan Rasulullah juga memiliki kebiasaan bersiwak sebelum masuk rumah:

رَوَى شُرَيْحٌ بْنُ هَانِئِ قَالَ : سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا بِأَيِّ شَيِءٍ يَبْدَأُ النَّبِيُّ إِذَا دَخَلَ بَيِتَهُ ؟ قَالَتْ : بِالسِّوَاكِ (رواه مسلم)

Telah meriwayatkan Syuraih bin Hani, beliau berkata: “Aku bertanya kepada ‘Aisyah : “Apa yang dilakukan pertama kali oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam jika dia memasuki rumahnya ?” Beliau menjawab :”Bersiwak”. [Hadits riwayat Muslim, Irwaul Ghalil no 72].

Betapa ada begitu banyak manfaat sunah bersiwak. Sobat cahaya Islam, menjaga kesehatan gigi bukan hanya direkomendasikan oleh dokter saja namun dalam Islam juga sangat dianjurkan.

Merupakan Sunnah Nabi Muhammad

Sunah-sunah yang sudah dicontohkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sepatutnya kita teladani karena memang manfaatnya sangat besar.

Sobat cahaya Islam, Islam memang telah menganjurkan agar setiap muslim senantiasa menjaga kebersihan. Ketika seluruh anggota tubuh dijaga kebersihan dan kesehatannya, ibadah yang dilakukan juga akan semakin baik.

Seperti dalam sebuah hadis berikut:

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلىَ أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ باِلسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوْءٍ

“Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu“. [Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Irwaul Ghalil no 70]

Nabi Muhammad adalah sebaik-baik contoh bagi seluruh umat manusia. Sebagai seorang muslim, kita tidak perlu merasa bingung untuk mencari sosok yang harus diteladani. Nabi Muhammad telah mencontohkan berbagai macam hal mulai dari hal paling sederhana hingga hal yang berat.

Dengan selalu mengikuti jejak Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, insya Allah hidup yang kita jalani akan terasa lebih mudah. Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat sunah bersiwak, semoga menambah wawasan Sobat cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY