Lakukan 5 Hal Ini Agar Didoakan Oleh Malaikat Allah

0
264
Agar didoakan oleh malaikat

Agar didoakan oleh malaikat – Bagi seorang muslim, didoakan oleh malaikat dalam hal kebaikan bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan. Ada banyak amalan yang ternyata jika dilakukan, Anda akan didoakan oleh para malaikat.

Ketika seorang muslim didoakan oleh malaikat, doa yang dipanjatkan akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Sobat cahaya Islam tentu telah mengetahuibahwa ada begitu banyak malaikat dengan tugas yang berbeda-beda. Malaikat yang mendoakan seorang muslim tentu saja bukan hanya satu malaikat, namun begitu banyak meskipun kita tidak bisa melihatnya.

Amalan Agar Didoakan oleh Malaikat

Untuk mendapatkan doa dari malaikat, Sobat cahaya Islam bisa melakukan amalan-amalan berikut ini diantaranya:

1. Wudhu sebelum tidur

Agar didoakan oleh malaikat yang pertama adalah bersuci sebelum tidur. Orang yang bersuci sebelum tidur bukan hanya akan didoakan oleh malaikat namun juga mendapatkan ampunan Allah.

2. Menunggu waktu salat di dalam masjid

Apabila ingin didoakan oleh malaikat, Sobat cahaya Islam juga bisa melakukan amalan dengan datang lebih awal sebelum salat berjamaah dimulai.

Agar didoakan oleh malaikat

Saat duduk menunggu waktu salat, malaikat juga akan mendoakan orang tersebut. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu salat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya, ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’” (HR. Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim 469).

3. Mengucapkan “aamiin”

Ketika melakukan salat dan imam membaca Al Fatihah, makmum hendaknya membaca atau mengucapkan “aamiin”.u. Ucapan tersebut sangat ringan di lidah namun ternyata juga membuat malaikat mendoakan hamba yang mengucapkan “Aamiin” tersebut.

Hadist Rasulullah shallallahu alaihi wa salam:

“Jika seorang imam membaca ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh-dhaalinn, maka ucapkanlah oleh kalian aamiin, karena siapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu” (HR. Bukhari dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari 782).

4. Mendoakan orang lain

Amalan agar didoakan oleh malaikat selanjutnya adalah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut. Amalan ini merupakan amalan sederhana yang ternyata juga membeli dampak luar biasa bagi orang yang melakukannya.

Ketika Sobat cahaya Islam melihat seseorang, misalnya saja orang yang sedang bekerja, coba doakan orang tersebut dengan doa-doa yang baik. Ketika seseorang memanjatkan doa untuk orang lain tanpa diketahui oleh siapapun, malaikat juga akan mendoakan hal yang sama.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata, ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan” (HR. Muslim dari Ummud Darda’, Shahih Muslim: 2733).

Jadi, jangan pelit mendoakan kebaikan kepada orang lain karena semua akan kembali pada diri kita. Begitu juga sebaliknya, hindari mendoakan keburukan kepada orang lain karena bisa jadi doa tersebut diamini oleh malaikat untuk diri kita.

5. Berinfak atau Sedekah Setiap Hari

Orang-orang yang senang bersedekah dan berinfak setiap hari bukan hanya akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah, namun juga didoakan oleh malaikat.

Ketika seseorang bersedekah, malaikat akan mendoakan agar apa yang disedekahkan atau diinfakkan diganti berlipat ganda. Seperti dalam sebuah hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut ini:

“Tidak satu hari pun pada pagi hari seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’ dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari: 1442 dan Shahih Muslim: 1010).

Tidak sulit untuk mendapatkan doa dari para malaikat. Ada begitu banyak amalan yang bisa dilakukan oleh sobat cahaya Islam.

Sobat ahaya Islam bisa melakukan amalan-amalan seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, ada banyak amalan lain yang juga membuat malaikat senantiasa mendoakan kita.

Beberapa contoh amalan lain bisa dilakukan agar didoakan para malaikat antara lain seperti sahur, mengajarkan kebaikan, salat berjamaah, dan lain sebagainya.

Asalkan kita melakukan kebaikan dengan niat mencari ridho Allah, insya Allah malaikat juga akan mendoakan kita. Hal yang terpenting adalah melakukan segala sesuatu dengan penuh keikhlasan. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk kepada kita semua agar tetap bersemangat melakukan kebaikan.

Itulah sedikit informasi tentang amalan-amalan agar didoakan oleh malaikat. Semoga informasi ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY