Film Ilmiah Divergent Kisahkan Perjuangan, Begini Bentuknya Dalam Islam

0
325

Film Ilmiah Divergent – Ada banyak tayangan menarik yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Di antara tayangan tersebut, salah satunya adalah film ilmiah Divergent.

Film tersebut sudah resmi tayang beberapa waktu lalu di bioskop. Namun film Divergent sering tayang kembali di stasiun televisi Indonesia.

Sinopsis Film Ilmiah Divergent

Cerita dalam film ilmiah Divergent mengisahkan terkait perjuangan para karakter di dalamnya. Dikisahkan, ada kehidupan manusia dewasa yang berkelompok menjadi lima faksi berdasarkan karakternya masing-masing.

Sementara itu, Divergent menjadi merupakan istilah bagi mereka yang tak masuk ke dalam lima faksi tersebut alias tidak mempunyai kepribadian. Ketika menginjak 16 tahun, semua orang harus mengikuti tes untuk menentukan faksi yang cocok.

Tetapi mereka juga bisa menolak hasil tes itu dan memiliki hasil berbeda. Apabila tidak cocok dengan kepribadiannya, maka nantinya masuk dalam faksi Divergent.

Orang dengan faksi berbeda-beda pun berjuang untuk terhindar dari perburuan pemerintah. Bahkan ada orang yang rela mati demi memperjuangkan faksi yang sesuai dengan kepribadiannya.

Perjuangan di dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, seperti yang disebutkan sebelumnya, film ilmiah Divergent mengisahkan tentang perjuangan. Di dalam agama islam terdapat perjuangan dan pengorbanan yang bentuknya hampir mirip seperti film Divergent.

Bagaimana tidak, banyak orang yang rela mati bahkan mati sungguhan demi mengusahakan apa yang sudah diperjuangkan. Namun hal yang umat islam perjuangan berbeda dengan film Divergent.

Sebab islam memperjuangkan agar bisa merubah masyarakat jahiliyah. Sebab masyarakat jahiliyah penuh dengan kemaksiatan, kebejatan moral, serta saling bunuh tanpa terdapat rasa perikemanusiaan.

Banyak tokoh penting yang gugur dalam perjuangan agama islam baik di masa lampau ataupun saat ini.

Bentuk Perjuangan dalam Perkembangan Agama Islam

Para umat islam sudah banyak melakukan perjuangan tersendiri dengan berbagai bentuk. Berikut ini ada beberapa bentuk perjuangan yang sudah pernah dilakukan dalam agama islam:

1. Perjuangan untuk Meratakan Kedudukan Perempuan

Bentuk perjuangan islam yang pertama yaitu menyamaratakan kedudukan perempuan. Sebab sebelum islam datang, perempuan hanya menjadi hiasan dan tempat pemuas nafsu bagi para pria.

Tak ada yang memperhatikan wanita, apalagi menghargainya. Banyak gadis dan anak tak berdosa menderita lahir dan batin di luar perikemanusiaan.

Sesudah islam datang, kaum perempuan pun menjadi lebih tinggi derajatnya. Bahkan Nabi Muhammad SAW menggambarkan pentingnya kedudukan kaum wanita di tengah kehidupan bermasyarakat, rumah tangga, dan bernegara.

Begitu penting dan agung nilai kaum perempuan. Ini tertuang dalam QS Luqman ayat 14 yang berbunyi:

 “dan Kami wajibkan kepada manusia untuk taat kepada ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang tambah lemah, dan menyapihnya dalam masa dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada ibu-bapakmu, dan kepada-Ku-lah tempatmu kembali”.

2. Perjuangan Menciptakan Masyarakat Berakhlak

 Selain itu, ada juga bentuk perjuangan untuk menciptakan masyarakat yang berakhlak. Hal ini terlihat dari perjuangan Nabi Muhammad SAW dan nabi lainnya berdakwah demi menyadarkan semua umat manusia di zaman jahiliyah.

Para nabi terus memperjuangkan hal itu dengan harapan agar para kaum jahiliyah bisa berubah dan menjadi lebih baik. Ini tertuang dalam QS Ar Ra’d ayat 11 yang berbunyi:

 “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum (individu, rumah tangga, masyarakat, negara termasuk keadaan kita umat Islam) sebelum kaum itu berusaha untuk mengubah nasibnya sendiri”.

3. Berperang Melawan Kaum Kafir

Bukan itu saja, banyak orang yang juga berjuang dan berjihad untuk melawan kaum kafir. Jihad tersebut mereka lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah peperangan.

Hal itu sesuai dengan firman Allah dalam QS At Taubah ayat 41, yakni:

 “berangkatlah kamu, baik dalam keadaan merasa ringan atau berat (merasa terpaksa), dan berjihadlah kamu dengan harta dan jiwa ragamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik jika kamu mengetahui”.

Oleh sebab itulah, perjuangan memang sudah dilakukan dalam berbagai bentuk dalam agama islam seperti film ilmiah Divergent. Sebagai generasi penerus umat islam, Sobat Cahaya Islam tentu bisa melanjutkan perjuangan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY