Makna Hari Guru Apa? Hormati Guru Dengan 3 Cara Menurut Islam

0
30

Makna Hari Guru – Hari Guru Sedunia dirayakan hari ini, pada tanggal 5 Oktober 2020. hari Guru pada saat ini dirayakan secara tidak tatap muka. Hal tersebut dikarenakan masih berlangsungnya pandemi covid-19. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat orang-orang yang hendak merayakannya. Bagi mereka, makna hari guru merupakan salah satu hari yang istimewa.

Mengapa? karena guru adalah orang tua kedua kita di sekolah titik mereka mengajar kita tanpa pamrih dan penuh perjuangan. Salah satu contoh, guru yang mengajar di daerah pedalaman atau pelosok yang jauh dari internet dan listrik. Selain itu, buku-buku juga masih sulit untuk didapatkan serta fasilitas yang masih kurang memadai untuk belajar dan mengajar.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu menghormati guru kita. meskipun demikian, masih saja banyak murid yang tidak menghormati gurunya sama sekali. Contohnya, saat guru memberikan hukuman seperti tangan yang dipukul menggunakan penggaris rotan dikarenakan murid tersebut tidak memotong kukunya.

Lalu, murid tersebut menangis dan mengadu pada orang tuanya. Orang tuanya marah dan kemudian melaporkan guru tersebut pada polisi atas dasar kekerasan pada anak. Lalu, benarkah tindakan tersebut? Selain itu, bagaimana cara menghormati guru yang benar dalam Islam?

Apa Makna Hari Guru?

Banyak makna hari guru yang bisa kita pelajari, diantaranya:

  • Kita dapat belajar tentang keikhlasan dan ketulusan ketika guru memberikan pelajaran kepada kita sebagai muridnya.
  • Kita dapat mengenang jasa dan pengorbanannya.
  • Kita dapat mengingat betapa pentingnya keberadaan guru di sisi kita saat proses belajar mengajar

3 Cara Menghormati Guru Dalam Islam

Menghormati guru dalam Islam hukumnya adalah wajib. Adanya hari guru ini bertujuan untuk menguatkan kembali agar kita menghormati guru dan tidak berbuat semena-mena kepadanya. Hal tersebut dikarenakan guru adalah seseorang yang mengajarkan kita tentang berbagai ilmu pengetahuan dengan tulus dan ikhlas. Sehingga kita menjadi manusia yang memiliki wawasan luas dan berguna bagi bangsa serta negara.

Ada banyak cara dalam menghormati guru yaitu, diantaranya:

  1. Selalu Mengucapkan Salam Ketika Bertemu Guru

Mengucap salam itu penting. Tidak hanya kepada guru saja , tetapi juga mengucapkan salam kepada orang-orang Islam yang kita jumpai. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan salam wajib diucapkan menurut sabda dari Rasulullah.

Mengucapkan salam kepada guru selain untuk menunaikan kewajiban kita sebagai orang Islam, juga untuk sebagai bentuk penghormatan kepada seorang guru. Mengapa harus kita yang terlebih dahulu mengucapkan salam? Karena kita lebih muda dan ilmu yang kita pelajari jauh lebih sedikit daripada ilmu guru kita.

  1. Tetap Menyambung Silaturahmi

Tetap menyambung silaturahmi kepada guru merupakan salah satu cara untuk menghormati guru tersebut. Tersebut dikarenakan selain kegunaan dari silahturahmi adalah untuk memperpanjang umur dan menambah rezeki, silaturahmi juga dapat mempererat jalinan antara murid dan guru meskipun telah lama berpisah.

Hal tersebut sebagaimana hadist yang berbunyi:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا رِشْدِينُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ قُرَّةَ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوَسِّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ وَيَنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami Risydin bin Sa’d dari Qurrah dari Ibnu Syihab dari Anas bin Malik, Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menghendaki rizqinya diluaskan Allah, dan tetap dikenang jasanya maka sambunglah tali silaturrohmi”.” (HR. Ahmad no. 13096)

  1. Selalu Mendoakan Guru Kita

Meskipun guru kita telah tiada, tetap lebih baik kita terus menghormatinya. Salah satu caranya adalah dengan mendoakannya agar semua amal beliau diterima di sisi Allah. Dengan kita berdoa, secara tidak langsung kita juga terus menjaga tali silaturahmi antara beliau yang sudah meninggal dengan kita yang masih hidup.

Itulah 3 cara menghormati guru dalam Islam untuk makna hari guru. Semoga guru diberikan kemudahan oleh Allah dalam menjalankan tugasnya untuk mendidik anak-anak kita agar mereka menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!