Mahasiswa Unpad Penemu Ilmiah Terbaik Internasional, Seberapa Penting Pendidikan Dalam Pandangan Islam?

0
278
Mahasiswa Unpad Penemu Ilmiah Terbaik Internasional 1

Mahasiswa Unpad penemu – Seorang mahasiswa Program Profesi Kedokteran dari Universitas Padjajaran, Asep Wirayasa mendapat penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi dari Menkes. Penghargaan tersebut diterima oleh Asep ketika acara peresmian Center of Excellence RSUD Karawang. Namun, apa yang diterimanya tentu saja bukan tanpa usaha selama menjadi mahasiswa S-1 FK Unpad.

Asep Wirayasa, merupakan seorang mahasiswa yang memiliki beberapa prestasi hingga akhirnya mendapat gelar sebagai penemu ilmiah terbaik internasional. Hal ini menunjukkan bagaimana ilmu dan pendidikan sangatlah penting. Ada banyak manfaat dan juga hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dengan berbekal ilmu serta pendidikan. Lalu seberapa penting pendidikan itu sendiri dalam pandangan agama islam?

Mahasiswa Unpad Penemu Ilmiah Terbaik Internasional 3

Mahasiswa Unpad Penemu Ilmiah Terbaik Internasional, Ini Pentingnya Pendidikan Dalam Pandangan Islam

Mahasiswa Unpad penemu ilmiah terbaik internasional. Gelar ini diberikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) kepada mahasiswa tersebut dengan beberapa prestasi yang telah berhasil ia raih. Tentu saja ini merupakan suatu hal yang membanggakan dan patut untuk kita jadikan sebagai contoh. Dalam kehidupan, banyak orang berlomba-lomba untuk menimba ilmu dengan menempuh pendidikan yang tinggi.

Lalu seberapa penting pendidikan dalam pandangan agama islam?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Itu artinya, seorang muslimin yang memiliki bekal ilmu dan pengetahuan dapat menjadi manusia yang bermanfaat. Hal ini dibuktikan dengan derajat yang lebih tinggi yang Allah janjikan bagi orang-orang yang berilmu dan juga taat.

Berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan dalam pandangan islam.

Menjadi Bekal Mendidik Keluarganya

Sobat CahayaIslam, kita tahu bahwa bekal untuk membimbing keluarga agar dapat meraih surga-Nya Allah adalah ilmu. Seorang muslimin yang memiliki ilmu, maka ia tahu bagaimana mendidik serta membimbing keluarganya dengan baik. Sehingga ini menjadi pahala kebaikan yang besar juga lho.

Memberikan Manfaat Bagi Sesama

Alasan pentingnya pendidikan dalam islam salah satunya adalah dapat menjadi manfaat bagi sesama. Sebagai orang yang berilmu, maka ia dapat membagi ilmu dan pengetahuannya kepada orang lain yang masih kekurangan ilmu. Apabila ini mendatangkan kebaikan bagi orang lain, sudah pasti menjadi kebaikan juga bagi orang tersebut.

Mahasiswa Unpad penemu – Selain beberapa hal diatas, tahukah sobat CahayaIslam bahwa ilmu juga akan menjadikan kita semakin taat kepada Allah SWT? Ini karena semakin berilmu seseorang, apabila ia dapat mengamalkan ilmunya dengan baik maka ia akan semakin taat kepada Allah SWT. Jadi, mari kita menuntut ilmu setinggi-tingginya sebagai bekal kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Mujadilah Ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY