Libanon Berduka, Ini 5 Keutamaan Mendoakan Sesama Muslim

0
42

Libanon – Negara yang berada di Timur Tengah ini sedang berduka. Pasalnya Beirut yang merupakan ibukotanya, di mana pelabuhan Beirut mengalami ledakan dahsyat. Ledakan tersebut diduga bersumber dari sebuah gedung pelabuhan yang menyimpan amonium nitrat (bahan baku pembuatan pupuk dan bahan  peledak) seberat 2.750 ton, yang diperkirakan telah tersimpan selama enam tahun lamanya.

Namun, kejelasan yang pasti ledakan di Libanon belum dapat terkuak, yang pasti akibat dari ledakan itu dari data terbanyak yang ditemui korban mencapai 135 korban tewas dan 5.000 korban luka-luka sesuai yang diungkapkan oleh Menteri Kesehatan negara terkecil kedua di Asia.

Kini tersisa tinggal puing-puing bangunan, sekitar 300.000 orang kehilangan tempat tinggal. Sementara itu, rumah sakit penuh dengan korban-korban yang terluka. Sobat Cahaya Islam begitu dahsyat kekuasaan Allah SWT yang mampu meluluhlantakkan suatu tempat dalam waktu sekejap.

Sebagai umat Islam, kita perlu membantu saudara kita baik sesama muslim maupun tidak, apabila terkena musibah. Musibah adalah salah satu cara Allah SWT menguji keimanan hamba-Nya bagi orang yang terkena musibah atau yang mendengar musibah. Mengapa demikian?

Ketika seseorang terkena musibah sedangkan kita mendengarkannya secara tidak langsung, kita diuji apakah kita akan bertindak untuk membantu orang tersebut? Atau malah acuh tak acuh dengan musibah yang ditimpanya. Dari musibah itulah umat Islam yang dipercaya sebagai umat terpilih dianjurkan untuk membantu.

Bantuan yang digalangkan tidak harus materi, bisa tenaga, dan yang terpenting adalah doa. Kekuatan doa dapat mengalahkan jarak dan waktu dengan banyak fadhilah (keutamaan) mendoakan sesama muslim maupun non muslim.

Keutamaan Mendoakan Korban Musibah Seperti Ledakan di Libanon

Doa adalah kado terindah untuk siapa saja yang dituju termasuk korban musibah. Kekuatan doa yang terkabulkan melebihi kekuatan makhluk-makhluk di dunia. Adapun keutamaan orang yang mendoakan orang yang terkena musibah antara lain.

  1. Menjadi Orang yang Terpilih

Orang yang mendoakan orang lain yang terkena musibah itu berarti menjadi orang yang terpilih, Allah SWT telah mempercayakan orang tersebut dengan dibuka hatinya. Semoga dengan perantara orang yang mendoakan, musibah yang menimpa dapat dilalui.

  1. Menambah Timbangan Pahala

Berbuat baik dengan sesama meski lewat sebuah ucapan bernama doa, sama halnya menabung pahala untuk bekal nanti kelak di akhirat bila dalam berdoa ikhlas karena Allah semata.

  1. Mendoakan Diri Sendiri

Kalkulasi amal itu jauh lebih menguntungkan dibandingkan perhitungan manusia. Orang yang mendoakan orang lain sama halnya mendoakan diri sendiri. Sebagaimana dari hadis berikut ini.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: وَلَكَ بِمِثْلٍ

“TidakTidak ada seorang hamba muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat ‘Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu,” (HR Muslim nomor 4094).

  1. Mendapatkan peringatan tentang kematian

Peringatan atau rambu-rambu tidak melulu harus menunggu kepada siapa yang dituju. Lewat musibah orang lain, manusia diperingatkan untuk jaga-jaga kapan maut menjemput. Ketika usia sudah ditetapkan sampai mentok (waktu yang ditentukan) situ, maka harta benda, wanita, dan tahta tidak ada artinya lagi.

  1. Menjadi Orang yang Beruntung

Beruntung! Ya kalian beruntung masih diberi waktu, kesempatan, dan kesehatan dibandingkan mereka yang terluka berdarah karena musibah. Beruntung kalian masih dapat mengantongi pundi-pundi amal dibandingkan mereka yang hanya tinggal nama.

Itulah lima fadhilah (keutamaan) orang yang mendoakan orang yang terkena musibah. Yuk kita doakan semoga warga yang terkena dampak musibah di Libanon diberikan kesabaran dan ketabahan. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!