Surat Al Kahfi Disunnahkan Dibaca Di Hari Jumat, Kenapa?

0
41

Surat Al Kahfi – Surat yang sudah familiar kita dengar yang mana menempati surat ke-18 di urutan mushaf Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 110 ayat di dalamnya mengandung kisah tujuh pemuda Ashabul Kahfi yang tertidur di goa dikabarkan selama 309 tahun bersama anjing mereka Khitmir.

Sobat Cahaya Islam, salah satu amalan yang diajarkan agama adalah membaca Al-Qur’an. Allah SWT memberikan pahala orang yang membaca Al-Qur’an setiap satu huruf satu kebaikan. Kalau membaca satu surat tentu banyak pahala yang akan didapat bila ikhlas.

Di antara surat yang dianjurkan dibaca terus menerus dengar istiqomah yakni surat Al Kahfi, ya surat yang berada di juz 15 (ayat 1-74) serta juz 16 (ayat 75-110). Surat yang tergolong dalam surat Makkiyah (diturunkan di Kota Mekah) ini dianjurkan oleh rasulullah dibaca setiap hari Jumat yang merupakan sayyidul ayyam (rajanya hari).

Rasulullah pernah bersabda bahwa hari Jumat merupakan hari terbaik di mana matahari terbit, Nabi Adam AS diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan dari surga, dan hari kiamat akan terjadi.

Adapun terkait anjuran membaca surat ini, banyak kedai atau warung makan di daerah kota yang memberikan apresiasi kepada pelanggannya yang telah membaca di hari Jumat.

Salah satunya tempat yang memberikan apresiasi yakni Preksu yang memberikan lima puluh porsi gratis setiap Jumat dari pukul 13.00-15.00 setiap cabangnya. Itu baru apresiasi manusia saja, tidak seberapa dengan pahala yang dijanjikan Allah.

Anggap saja apresiasi manusia hanya sebatas hadiah, bukan tujuan yang terarah jangan sampai pahala membaca surat ini terkoyak menjadi tidak ikhlas

Mari kita bahas apa saja keutamaan membaca surat pilihan ini, termasuk mengapa disunnahkan dibaca pada hari Jumat.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

  1. Mendapatkan Pahala

Pahala itu pasti didapat bagi siapa saja yang berbuat baik, jika itu dilakukan secara ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Membaca surat terpilih seperti surat ke-18 ini tentu mendapat pahala banyak kebaikan bila dikalikan setiap huruf sepuluh kebaikan.

110 ayat = berapa huruf

Banyak huruf x 10 kebaikan = banyak kebaikan

Banyak bukan? Berlipat-lipat kebaikan yang didapat sobat Cahaya Islam.

  1. Diberi Cahaya yang Menerangi Dirinya

Cahaya yang dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah nur merupakan pertanda baik bagi hamba-Nya.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْن

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

  1. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Berbuat salah, lupa adalah laku manusia. Sebagai umat Islam perlu mengupayakan untuk berbuat baik dan memohon ampun kepada Allah SWT melalui perantara merutinkan membaca surat ini. Sebab balasan ampunan telah diterangkan sebagai imbalan melalui hadis nabi.

  1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dikisahkan dari Nabi bahwa orang yang membaca surat ini di hari Jumat akan dihindarkan dari Dajjal.

Dajjal digambarkan makhluk yang bermata satu dengan kulit warna merah, ada yang meriwayatkan dia berbadan besar dan akan muncul dari Segitiga Bermuda  dengan dahi bertuliskan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”.

Fitnah Dajjal sangat berbahaya bisa mengunakan manusia ke neraka Jahanam. Na’udzu billahi mindzalik.

Empat keutamaan membaca surat Al Kahfi itu semoga mampu menjadi motivasi kita untuk merutinkan membaca di hari Jumat. Jika masih juga enggan membaca, bisa perlahan luangkan waktu, nanti akan terbiasa. Semangat membaca!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!