Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga untuk Wujudkan Keharmonisan

0
393
komunikasi dalam keluarga

Pentingnya komunikasi dalam keluarga – Pentingnya komunikasi dalam keluarga sangatlah penting sebagai salah satu penunjang keharmonisan.

Mulai banyak bermunculan fenomena keluarga yang terpecah belah lantaran tidak ada komunikasi dan malah tergantikan oleh telepon genggam.

Sobat Cahaya Islam, pemahaman akan pentingnya komunikasi dalam keluarga tidak hanya penting dipelajari oleh ayah namun juga para anggota keluarga lainnya.

Bagaimana jadinya bila hanya ayah saja yang berkomunikasi tapi anggota lainnya malah terpaku pada yang lain? keharmonisan dan keretakan keluarga akan mudah terjadi.  

Manfaat Memahami Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga

Untuk mewujudkan keluarga bahagia dan nyaman, konsep terkait pentingnya komunikasi dalam keluarga haruslah terpatri dalam diri.

Sejatinya, manusia akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan lingkungan sekitar dan yang paling terdekat adalah keluarga.

Kendati jumlahnya tidak lengkap, keluarga adalah tumpuan untuk berbagi kasih dan saling memberikan inspirasi. Keidealan ini tentu tidak akan terjadi bila tidak ada interaksi di dalamnya.

Apalagi di era serba canggih sekarang, harusnya malah memberikan kemudahan bagi setiap anggota keluarga untuk bertegur sapa dan merencanakan ide pertemuan.

Namun, adanya kecanggihan tersebut malah mereduksi intensitas interaksi secara langsung antar anggota keluarga. Bahkan sangat mungkin bagi keluarga untuk tidak bertegur sapa meski tinggal seatap.

Padahal, ada banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan bila komunikasi berjalan. Para anggota keluarga akan saling meningkatkan kedekatan dan rasa empati sesamanya.

Selain itu, para anggota keluarga juga tidak memiliki perasaan yang canggung bila ingin mencari solusi atas permasalahan yang dimiliki.

Bila tidak ada kedekatan, jangankan saling mencari solusi, duduk bersama saja akan sangat mustahil. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan komunikasi dalam keluarga?

Cara Meningkatkan Komunikasi dalam Keluarga

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan komunikasi dalam keluarga. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Menanyakan Aktivitas Favorit pada Anggota Keluarga

Salah satu cara yang dapat meningkatkan komunikasi yakni dengan menanyakan aktivitas favorit pada anggota keluarga.

Dalam meningkatkan interaksi, diperlukan salah satu anggota keluarga yang rela berkorban menyisihkan waktunya untuk berani menanyakan terkait aktivitas favorit pada anggota keluarga.

komunikasi dalam keluarga

Misal, harus bertanya pada ibu, bapak maupun adik dan kakak. Tentu hal ini membutuhkan waktu dan keberanian yang berlebih. Jangan salah. Tinggal serumah belum tentu memiliki waktu yang cukup banyak untuk membahas masalah makanan maupun olahraga kesukaan. Sebab malah teralihkan dengan gadget masing – masing.

2.    Belajar Meningkatkan Keimanan

Selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan ikut meningkatkan keimanan pada diri sendiri dan keluarga. Sebab hal ini merupakan perintah dari Allah Ta’ala untuk meningkatkan keimanan bersama – sama dengan keluarga. Sebagaimana surat At Tahrim ayat 6 yakni :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

komunikasi dalam keluarga

Jika belajar keimanan bersama keluarga di masjid maupun rumah tampak membosankan, maka bisa juga dengan mengajak keluar (hangout). Misalnya dengan staycation atau sekedar berjalan ke taman.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan pentingnya komunikasi dalam keluarga dan tips untuk meningkatkan interaksi antar anggota keluarga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY