Kim Jong Un Sosok Pemimpin Bertangan Besi, Ini 7 Kriteria Pemimpin menurut Islam

0
55

Kim Jong Un – Pemimpin tertinggi Korea Utara itu, dikabarkan sedang koma sehingga sebagian kekuasaannya diserahkan kepada adiknya perempuan Kim Yo Jong.

Kepemimpinan Kim Jong Un dikenal sebagai sosok yang bertangan besi, pasalnya sering melakukan kekejaman terhadap rakyatnya yakni suka mengeksekusi orang. Ngeri bukan? Bila seorang pemimpin bersikap keras dan membahayakan.

Sobat Cahaya Islam, manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah di bumi, dan setiap manusia adalah pemimpin dirinya yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya kelak di akhirat.

Sebagaimana dalam sebuah hadis menjelaskan pertanggungjawaban seorang pemimpin berikut ini.

كُلُّكُمْ رَاعٍ فَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ، وَالعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ، أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Amir (kepala Negara), dia adalah pemimpin manusia secara umum, dan dia akan diminta pertanggungjawaban atas mereka. Seorang suami dalam keluarga adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas mereka. Seorang istri adalah pemimpin di dalam rumah tangga suaminya dan terhadap anak-anaknya, dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas mereka. Seorang hamba sahaya adalah pemimpin dalam urusan harta tuannya, dia akan dimintai pertanggungjawaban atasnya. Ketahuilah, bahwa setiap kalian adalah pemimipin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas siapa yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari no. 2554 dan Muslim no. 1829)

Memimpin adalah amanah, yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan kewajiban yang diterapkan dalam suatu negara sekaligus agama. Agama Islam telah mengatur tentang kepemimpinan dan termasuk bagaimana kriteria pemimpin yang baik menurut Islam.

Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara, 7 Kriteria Pemimpin menurut Islam

Kriteria pemimpin yang baik, perlu diterapkan di setiap organisasi, negara, khususnya negara Indonesia agar terwujud negara yang “Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur” atau negeri yang baik.

  1. Mengerti Agama

Agama adalah tonggak penting yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin. Semua agama mengajarkan kepada kebaikan dan kasih sayang, menjunjung tinggi kemanusiaan. Oleh karena itu pemimpin yang baik sebaiknya yang mengerti agama dan mengamalkannya.

  1. Bersikap Adil

Orang yang salah sudah tentu dihukum dengan hukum yang berlaku, tidak malah dibela. Sebaliknya orang yang lemah (menjadi korban) patut dibela meski seperti apa pun kondisinya.

Menurut Ibnu Khaldun ahli sosiologi agama Islam, adil berarti meletakkan sesuatu pada tempatnya. Maksudnya memenuhi hak yang harus diberikan dan menjalankan segala kewajiban.

  1. Mempunyai Keilmuan Tinggi

Pemimpin yang mempunyai ilmu tinggi, akan tidak mudah dibodohi dengan siasat-siasat licik orang yang tidak menyukai kepemimpinannya. Ilmu tinggi memberikan arah yang tepat terkait permasalahan yang terjadi.

  1. Mempunyai Wawasan Luas

Pengalaman itu perlu dimiliki seorang pemimpin, pengalaman dalam berpolitik yang terpenting. Sehingga roda kepemimpinannya berkembang ke arah yang lebih maju, karena memiliki jaringan yang luas.

  1. Jujur

Jujur dalam menyampaikan keadaan, ingat pemimpin selalu menjadi publik figur yang selalu akan disorot. Hati-hati dengan janji, janji bukan slogan yang berusaha menarik hati, tapi setumpuk target untuk diwujudkan.

Islam mempunyai figur pemimpin yang jujur yakni Khalifah Abu Bakar yang mana mendapatkan gelar “As-Sidiq” yang berarti benar.

  1. Komunikatif

Komunikatif dengan lembaga pemerintah, rakyatnya. Menerima semua sarana dan kritik dari segala pihak untuk dipilah diambil jalan yang terbaik. Intinya pemimpin harus merakyat.

  1. Telah Lama Tinggal di Tempat Kepemimpinan

Bagaimana sebuah kepemimpinan bila mengenali daerah ke pemimpinnya saja masih seumur jagung, perlu waktu untuk adaptasi. Sebaiknya pemimpin yang diangkat yang telah lama tinggal dan tahu persis keadaan wilayah kepemimpinan.

Itu tujuh kriteria pemimpin yang baik ditinjau dari sudut pandang agama Islam. Semoga Kim Jong Un sadar dari komanya serta perilakunya yang kurang baik dalam memimpin. Semoga Indonesia melahirkan pemimpin-pemimpin yang baik demi cita-cita bangsa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY