Khofifah Minta Ibu-Ibu Muslimat Doa Bersama Untuk Timnas Indonesia, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?

0
376
Khofifah Minta Ibu-Ibu Muslimat Doa Bersama 1

Khofifah minta ibu-ibu – Ibu Khofifah yang merupakan Ketua Umum Muslimat Nahdatul Ulama meminta anggota muslimat di seluruh Indonesia untuk bisa mengadakan doa bersama. Ini dilakukan dalam rangka untuk mendoakan kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Doa ini bukan hanya untuk mewujudkan harapan kemenangan, namun juga menjadi semangat untuk kelompok Timnas di pertandingan nanti.

Khofifah Minta Ibu-Ibu Muslimat Doa Bersama 2

Doa bersama tentu saja menjadi kegiatan yang positif. Apalagi disini untuk mendoakan tim dari Indonesia yang akan bertanding. Sebagai kebanggaan negara, bukankah akan membanggakan jika bisa memenangkan pertandingan internasional? Namun sobat CahayaIslam, bagaimana sih hukumnya dalam islam menggelar doa bersama namun dalam rangka mendoakan suatu kelompok pertandingan?

Khofifah Minta Ibu-Ibu Muslimat Doa Bersama Untuk Timnas Indonesia, Ini Hukumnya Dalam Islam

Khofifah Minta Ibu-Ibu Muslimat Doa Bersama 1

Khofifah minta Ibu-ibu Muslimat untuk menggelar doa bersama demi kemenangan Timnas Indonesia. Tentu saja sebagaimana yang islam ajarkan, bahwa untuk meminta sesuatu alangkah lebih baik jika dengan doa. Terlebih Allah selalu memberikan dan mengabulkan apa yang memang terbaik bagi umatNya. Lalu bagaimana menurut pandangan islam tentang mendoakan Timnas Indonesia?

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Ayat ini menjelaskan bagaimana Allah meminta kaum muslimin untuk memohon dan berdoa kepada-Nya. Maka dengan begitu, Allah akan memenuhi apa yang kita minta namun tentu saja sesuai dengan ketetapan terbaik menurut Allah SWT. Dalam hal ini, lalu apakah mendoakan Timnas Indonesia dalam hukum islam diperbolehkan?

Ya, tentu saja diperbolehkan, Namun selama sesuai dengan syariat islam. Yang artinya tidak melanggar batasan-batasan yang ada. Seperti beberapa poin berikut ini misalnya yang perlu untuk diperhatikan.

Berlebihan Hingga Mengagungkan

Mengidolakan suatu kelompok atau memberikan dukungan tentu bukan kesalahan. Ini diperbolehkan dalam islam juga, namun tentu dengan batasan. Begitu pula ketika mendoakan kemana, jika itu hanya sebagai bentuk dukung tidak ada salahnya dilakukan. Namun ingat ya sobat CahayaIslam, jangan sampai berlebihan hingga mengagung-agungkan. Jadi cukup sewajarnya untuk memberikan dukungan dan semangat.

Tidak Menyebabkan Lalai Dengan Kewajiban

Kita berdoa kepada Allah itu adalah hal yang sangat disukai oleh Allah. Itulah kenapa dalam ayat Al Quran sendiri kita diminta untuk memohon dan berdoa. Namun tentu saja meskipun dalam rangka memberikan dukungan, menggelar doa bersama untuk kemenangan Timnas. Selama itu tidak menyebabkan lalai dengan kewajiban yang paling utama maka tidak menjadi masalah. Dan tidak ada larangan untuk itu.

Khofifah minta Ibu-ibu – untuk menggelar doa bersama demi mendoakan Timnas Indonesia agar bisa membawa kemenangan. Tentu saja ini adalah kegiatan yang positif, asalkan tetap dengan batasan-batasan yang seharusnya ya sobat CahayaIslam.Jangan sampai niat baik untuk mendukung justru membuat kita lalai dengan kewajiban sendiri. Atau bahkan justru mengagung-agungkan. Ini bisa menjadi sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 186

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY